BeritaSumber informasi

Operasi Lilin 2018, Polisi Tutup Beberapa Ruas Jalan Utama Jakarta untuk Perayaan Tahun Baru

Perayaan Tahun Baru 2017 dengan Car Free Night (Foto : Infocarfreeday)

Jakarta – Jelang perayaan tahun baru, Korlantas Polri akan menerapkan kebijakan penutupan beberapa ruas jalan utama di Jakarta. Melalui Operasi Lilin 2018, kepolisian telah mempersiapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas di beberapa titik lokasi keramaian pada saat malam pergantian tahun baru 31 Desember 2018 mendatang.

Terkait pengamanan arus lalu lintas di Jakarta saat pergantian tahun Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si., menjelaskan ada beberapa titik yang akan menjadi lokasi keramaian salah satunya MH. Thamrin.

“Dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) nanti sampai patung kuda Monas akan ada berkumpulnya massa saat malam tahun baru. Tentunya akan ada pengamanan yang ketat disana demi keamanan masyarakat,” ujar Refdi sebagaimana dikutip dari laman resmi NTMC Polri.

Seperti penyelenggaraan tahun baru sebelumnya, Korlantas Polri memberlakukan Car Free Night di titik tersebut. Kemudian, akan diberlakukan pengalihan arus kendaraan sehingga tidak melewati kawasan Monas.

“Dihimbau kepada masyarakat agar memaklumi bagaimana kita melakukan rekayasa lalu lintas tersebut. Nantinya personel Polantas pun akan disiagakan di lokasi,” jelas Kakorlantas.

Selain kawasan Monas, pihak kepolisian juga melakukan pengamanan di beberapa tempat wisata yang menjadi destinasi utama warga Jakarta dalam merayakan pergantian tahun. Perayaan tahun baru di wilayah Jakarta juga akan diselengarakan di Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah.

Operasi Lilin 2018 Melibatkan Unsur TNI

Dalam Operasi Lilin 2018, Polri melakukan pengamanan gabungan bersama dengan TNI. Operasi lalu lintas ini berlangsung sampai dengan 1 Januari 2019 mendatang. Para personel bertugas mengamankan beberapa titik dan juga mengatur lalu lintas dari para pengunjung yang datang.

Dari sisi keamanan dan pengamanan di beberapa kawasan itu, yakni HI-Thamrin dari tutup Monas hingga pagi kami siapkan pengamanan. Begitu juga Ancol dan TMII,” tambah Refdi.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts