Berita

Pentingnya Membuka Kaca dan Bersihkan Kabin Mobil Sebelum Berkendara

Penerapan protokol kesehatan di diler Mitsubishi (Foto: MMKSI)

Jakarta – Di masa new normal sekarang ini, sebagian besar masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil dalam melakukan aktivitas harian. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi sentuhan dengan orang lain ditempat umum dan demi mencegah terinfeksi virus corona.

Walaupun menggunakan kendaraan pribadi harus tetap selalu mematuhi protokol kesehatan. Adapun protokol kesehatan yang wajib dilakukan sebelum berkendara yaitu membuka kaca mobil. Sebaiknya lakukan di pagi hari agar terjadi pertukaran udara di kabin. Pastikan pula kabin dalam keadaan bersih.

Pemilik juga dituntut supaya rutin membersihkan kabin dan eksterior, terutama bagian yang sering disentuh dan juga barang-barang yang akan dibawa ke kabin. Jangan lupa selalu siapkan masker cadangan di laci dasbor dan hand sanitizer di panel pintu sebelum berkendara. Saat menggunakan mobil, pemilik mobil harus tetap memperhatikan jumlah penumpang dalam mobil.

“Jangan terlalu penuh dan tetap terapkan physical distancing walaupun sesama anggota keluarga. Pastikan seluruh penumpang mobil selalu menggunakan masker,” ungkap Donni Gandamana, Direktur PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), dalam keterangan resminya, Selasa (25/8/2020).

Selesai berkendara, sebaiknya pengemudi maupun penumpang segera mengganti seluruh pakaian setelah beraktivitas dan mandi. Setelah itu, lakukan penyemprotan cairan disinfektan ke benda-benda yang telah digunakan.

“Kami terus mengingatkan pelanggan agar tetap menjaga kesehatan dan jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi ini,” sambung Donni.

Klaim Asuransi Mobil (Foto: Adira)

Asuransi Mobil Penting di Era Pandemi

Menggunakan mobil pribadi untuk menajalankan aktivitas di era pandemi menjadi pilihan utama. Pada saat berkendara ada saja kemungkinan hal yang tidak terduga menimpa mobil saat diperjalanan maupun di area parkir. Oleh karena itu mengasuransikan mobil kesayangan sangatlah penting.

“Pandemi ini juga mengubah kebiasaan banyak orang. Contohnya, dengan himbauan jaga jarak fisik (physical distancing), banyak masyarakat kini memilih untuk berkendara pribadi. Selain itu, masyarakat juga semakin menyadari pentingnya proteksi. Menurut riset dari Universitas Temple di Amerika Serikat, sekitar 58 persen warga AS berpikir bahwa asuransi jadi penting di era pandemi ini,” terang Donni.

Dengan asuransi pelanggan dapat memperoleh beragam perlindungan. Seperti jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas berbagai macam kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, kecelakaan lalu lintas dan lainnya.

Asuransi mobil juga menjamin ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga dan jaminan terhadap kematian atau cedera badan yang mengkibatkan cacat tetap. Biaya pengobatan terhadap pengemudi dan atau penumpang di dalam kendaraan yang dipertanggungkan apabila terjadi kecelakaan juga dapat dijamin.

“Produk kami didukung pula dengan fitur-fitur pelayanan terbaik antara lain layanan towing car, emergency road assistance, ambulans, Autociilin Garage seluruh Indonesia, hingga fasilitas gratis biaya perpanjangan STNK. Di masa pandemi ini, kami ingin terus memberikan yang terbaik untuk pelanggan,” pungkas Donni.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts