BeritaSumber informasi

Penuhi Unit Masih Inden, Mitsubishi Xpander Gagal Ekspor

Bekasi – Sejak awal peluncurannya, Mitsubishi Xpander memang sudah disiapkan untuk expansi keluar Indonesia. Namun, kenyataannya berkata lain. Proses penjualan yang mandek akibat inden yang dinilai lumayan lama cukup mengganggu niatan tersebut.

Padahal Xpander digadang siap melaut di awal tahun 2018 ini. Mitsubishi Xpander nantinya akan diekspor ke beberapa negara Asia Tenggara. Unit yang akan dibawa keluar tersebut pun tidak ada perbedaan dengan yang dirakit di Indonesia.

“Memang awalnya kami sebut di awal tahun ini, tapi ekspor belum bisa dilakukan karena permintaan Xpander yang tinggi,” ujar Irwan Kuncoro selaku Direktur Sales & Marketing Mitsubishi Motor di sela pembukaan diler Siliwangi, Bekasi pada Selasa ini (23/01).

Dirinya menegaskan kalau pihaknya akan memprioritaskan permintaan yang sudah ada dulu (lokal), baru proses ekspor. Irwan mengakui unit Xpander yang masih inden memang menghambat pihaknya untuk mengekspor MPV fenomenal ini ke negara tetangga.

Di balik “seretnya” proses produksi Xpander ini, pihak Mitsubishi tetap optimistis bahwa hal tersebut membuktikan bahwa Xpander telah berhasil menarik banyak minat konsumen dalam negeri. Sampai saat ini, meskipun tidak dapat memberikan keterangan rinci, Mitsubishi Motors telah mengantongi SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sekitar 50 ribuan hingga Januari ini.

“Memang tidak ada detailnya, tapi jika dibandingkan dengan bulan lalu yang 40 ribu SPK yang masuk estimasinya bertambah 10 ribu,” ujar Irwan Kuncoro.

Baca juga: Ini Sebab Mitsubishi Xpander Masih Terus Inden

Target Ekspor Mundur ke Pertengahan Tahun

Kembali ke persoalan ekspor, Mitsubishi Xpander tetap akan melakukan ekspansi ke luar Indonesia. Hanya saja waktu pelaksanaannya cukup terlambat.

“Paling lambat, sekitar pertengahan tahun ini kami siap ekspor Xpander,” Irwan Kuncoro menegaskan. Tujuan negaranya masih seperti rencana awal, Mitsubishi Xpander akan diekspor ke negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Malaysia dan Vietnam.

Tidak sampai di situ saja, Mitsubishi juga telah mempersiapkan satu negara Amerika Latin dan di Afrika sebagai target ekspor.

“Di benua Afrika kemungkinan terbesarnya adalah Mesir. Sedangkan prioritas pasar ekspor Xpander ada di Filipina. Filipina menjadi target pasar utama Xpander di luar Tanah Air karena karakter konsumen yang kurang lebih sama,” pungkasnya. (dol)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts