Home » Berita » Pilihan Warna Mobil Ternyata Bisa Menentukan Karakter Pemiliknya

Pilihan Warna Mobil Ternyata Bisa Menentukan Karakter Pemiliknya

Mobil Sedan
Warna mobil bisa menguak karakter pemiliknya

Jakarta – Proses membeli mobil tidak semata-mata hanya memilih kendaraan sesuai kebutuhan. Banyak faktor yang akhirnya membuat seseorang menjatuhkan pilihan pada suatu kendaraan. Mulai dari merek, model, jenis kendaraan, sampai dengan pilihan warna mobil itu.

Pilihan warna mobil juga menginterpretasikan karakter sang pemilik dari sisi psikologis. Ada pemilik yang menyukai warna netral seperti hitam, putih, silver, atau abu-abu. Selain itu masih banyak juga yang menyukai warna-warna cerah seperti kuning, merah, atau biru.

Pemilihan warna juga tergantung dari tren yang berkembang di suatu zaman. Selain itu, jenis mobil juga mempengaruhi selera orang dalam mencari warna yang cocok dengan karakternya.

Ambil contoh mobil sport, kesan lugas dan agresif namun dalam kondisi ceria membuat pabrikan menyediakannya dalam pilihan warna mobil cerah. Lain halnya dengan sedan saloon, dimana latar belakang pengguna yang mencari sisi eksklusivitas dan kemewahan membuat pabrikan cenderung menyediakan warna netral.

Penasaran seperti apa karakter seseorang di balik pilihan warna mobil yang dimilikinya? Berikut uraiannya:

Warna Mobil Hitam

Pejabat tinggi negara umumnya memakai mobil warna hitam (Foto: Blackcarforhire)

Ini jadi warna yang sangat jamak tersedia di seluruh jenis dan varian mobil. Warna hitam sejak lama menjadi simbol kemewahan dan suatu kemapanan. Pemilik mobil juga bisa memunculkan kesan misterius dari kesan gelap.

Pilihan warna mobil hitam masih jadi favorit banyak orang dan tak lekang oleh waktu. Pemilik mobil warna hitam menyukai sisi tegas dan kesan klasik. Di sisi lain, mereka biasanya juga gemar memakai pakaian hitam karena menunjukkan suatu ‘kuasa’. Tidak heran bila mobil kepresidenan umumnya memilih warna hitam.

Warna Mobil Putih

Mobil warna putih (Foto Hipposervicecentre)

Warna netral yang tak kalah ikonik adalah putih, menyimbolkan kejujuran dan kemurnian. Pemilik yang memilih warna ini pada mobil kesayangan memilliki karakter elegan, namun tetap sederhana.

Putih pun menjadi warna favorit abad 21 yang dipilih banyak merek untuk produk andalan, demi mencerminkan kesan segar dan modern. Khusus untuk kalangan perempuan, warna mobil yang satu ini sekaligus mencirikan sifat bersih.

Dari sisi teknis, pilihan warna mobil putih cocok untuk mobil yang berdomisili di wilayah dengan suhu panas tinggi di siang hari. Panas matahari bisa terpantul sehingga kabin tetap sejuk dan tidak perlu menyalakan pendingin ruangan dalam kondisi maksimal.

Warna Mobil Silver

Mobil warna silver (Foto Autoevolution)

Penyuka mobil warna silver langsung menyiratkan karakter mereka yang praktis, inovatif, orientasi bisnis, serta selera yang baik. Silver yang tergolong dalam warna netral bisa sedikit menyamarkan noda debu pada mobil. Pastinya ini sedikit menguntungkan bagi pemilik yang kerap disibukkan dengan pekerjaan mereka dan tidak sempat merawat mobilnya.

Berbeda halnya dengan warna abu-abu, silver menyimbolkan teknologi modern sebagaimana terdapat pada material bahan stainless steel. Ini sekaligus menunjukkan bahwa pemilik mobil merupakan orang yang menyukai sesuatu berbau teknologi.

Dari sisi strata sosial, silver juga melambangkan pemilik yang memiliki strata sosial tinggi. Pemilik kendaraan biasanya tidak sungkan menunjukkan kasta sosialnya di masyarakat.

Warna Mobil Abu-Abu

Pemilik mobil abu-abu memegang tradisi yang sudah ada

Warna ini memiliki karakter pengguna yang kontras dibanding silver, meskipun jenis warnanya hampir mirip. Pengguna mobil abu-abu malah tidak ingin terlihat menonjol sebagaimana pengguna mobil silver.

Kesan sederhana menjadi ciri khas pengguna mobil abu-abu. Mereka ingin menjaga hidupnya tetap bermartabat, matang dan memegang tradisi yang sudah ada. Dengan demikian, pengguna mobil abu-abu ingin hidupnya berjalan secara normal dan stabil tanpa adanya fluktuasi signifikan.

Demi menjaga kondisi tersebut, mereka akan sangat berhati-hati dan kompromistis terhadap keadaan yang kurang menyenangkan. Bahkan, mereka lebih baik menjalankan status quo demi menjaga segala sesuatunya tetap mengalir.

Warna Mobil Coklat/Champagne/Krem

Pemilik mobil warna kecoklatan karakternya bersahaja (Foto: Truthaboutcar)

Hampir sama dengan abu-abu, pengguna mobil dengan kelir coklat atau champagne juga ingin tetap membumi, tetap hemat dan berperilaku jujur. Biasanya, seseorang akan memilih kendaraan yang berkualitas baik dan durabilitas panjang ketimbang mobil yang dijejali beragam fitur canggih.

Uniknya, pengguna mobil warna coklat sebenarnya tidak benar-benar menginginkan membeli kendaraan dalam kondisi baru. Mengejar sisi fungsional, penggemar warna ini tidak peduli apabila mobilnya sudah tidak popular.

Warna Mobil Biru

Warna biru jadi simbol langit yang cerah (Foto: Carscoops)

Warna yang juga menjadi simbol langit cerah sehingga tak salah bila pemilik mobil warna biru memiliki karakter yang optimis. Bahkan, warna ini melambangkan ketenangan hidup dan sifat bijaksana dari pemiliknya.

Perilaku kurang baik dari pemilik mobil berkelir biru hanya pada gaya hidupnya yang cenderung flamboyan. Namun tenang saja, Anda yang kebetulan mempunyai mobil dengan warna ini juga tetap introspektif dan sensitif terhadap ketidakcocokan sekitar yang mungkin muncul dari diri sendiri. Anda pun tetap berusaha membumi demi menjaga keselarasan.

Warna Mobil Merah

Hyundai Santa Fe facelift
Warna merah biasanya memperkuat kesan sporty pada mobil (Foto: Ilustrasi)

Selain hitam, merah juga menyiratkan kesan sebagai sisi maskulinitas. Karakter pengguna kendaraan sedikit mirip dengan warna hitam di atas, yakni ‘berkuasa’ dan agresif. Bagi para pria, warna ini menunjukkan suatu status dominan dari sisi finansial.

Sebaliknya, perempuan yang memakai mobil berkelir merah menunjukkan sifat percaya diri dan keceriaan yang tinggi. Pabrikan kendaraan biasanya menyediakan warna merah untuk model-model sport atau performa tinggi.

Alasannya sederhana, warna ini bisa membuat orang terkesan atau menarik perhatian. Orang yang ambisius biasanya juga memilih merah untuk mobil andalan mereka.

Sisi negative dari pengguna warna merah yakni karakter mereka yang extrovert hingga over-confident karena semangat hidup yang tinggi. Gaya hidup glamour dan doyan pesta menjadi suatu kesenangan yang lazim dilakukan dari pengguna warna merah.

Warna Mobil Gold/Kuning

Ferrari 812 Superfast warna kuning (Foto: Carscoops)

Dua warna ini memang tidak banyak disediakan oleh pabrikan kendaraan. Hal ini bukan berarti tidak digemari atau bahkan karakteristik pengguna yang buruk. Justru sebaliknya, pengguna warna gold atau kuning biasanya memiliki karakteristik yang ceria dan penuh kebahagiaan.

Pemilik mobil biasanya bijaksana, imajinatif, punya rasa humor yang baik, sampai dengan gairah bisnis yang tinggi. Selain itu, dua warna ini biasanya digunakan oleh kalangan muda atau orang yang berjiwa muda.

Warna Mobil Oranye

Warna ini termasuk tidak banyak tersedia dan hanya ada pada beberapa jenis mobil. Agak aneh memang melihat mobil dengan warna oranya, namun bukan berarti berkonotasi negatif kepada pemiliknya. Pengguna mobil ini mengutamakan sisi kenyamanan, serta cukup hemat dalam pemakaian uang.

Sisi unik dari karakteristik pengguna mobil berkelir oranye yaitu gemar menginvestasikan uang, serta pastinya suka memanjakan diri sendiri. Di sisi lain, mereka bukan termasuk golongan mainstream. Mereka dengan jelas berani menentang tren melalui pilihan warna kendaraan yang kurang pasaran itu.

Warna Mobil Hijau

Warna dedaunan ini sempat booming pada dekade 1990-an ketika diaplikasikan pada kendaraan. Karakter yang terdapat pada diri pemilik mobil warna hijau yaitu memiliki kemauan diri yang kuat dan tidak peduli omongan miring dari sekitar tentang diri Anda.

Seiring waktu, tren warna hijau mulai menghilang dari pereedaran, namun masih ada orang yang mencarinya. Dari sini bisa terlihat bila orang yang mencari mobil warna hijau bersifat anti-mainstream namun tetap tampil bersahaja.

Ini terkait warna hijau yang sangat identik dengan alam, penggunanya memiliki sifat sabar dan lembut lalu cinta damai. Karakter diri yang kuat membuat Anda yang memilih warna ini enggan mempengaruhi orang lain untuk mengambil keuntungan pribadi. (dna)

Helm
Previous post
Beli Suzuki GSX-R150 Dapat Helm Limited Edition Keren dari KYT
br-v terbaru
Next post
Honda Ogah Terburu-buru Hadirkan BR-V Terbaru