Sebenarnya Indonesia Punya Kancil, Kenapa Pilih Qute dari India
Jakarta – Seperti diberitakan Carmudi sebelumnya Pemerintah sedang melakukan uji coba Bajaj Qute sebagai pengganti alat transportasi bemo. Qute merupakan kendaraan roda 4 yang menyerupai mobil namun dimensinya sangat mini.
Bajaj tak mengatakan Qute sebagai sebuah mobil, namun mereka menyebutnya Quadri-cycle atau moda transportasi 4 roda. Kalau disamakan dengan mobil sudah pasti timpang bila dilihat dari spesifikasi yang diberkan. Paling tidak, bisa disetarakan dengan saudara tuanya yang roda tiga.
Bajaj Qute secara dimensi dan bentuknya, tak lebih seperti sebuah Bajaj konvensional diberikan tambahan roda. Dipermanis dengan tampilan yang bisa diterima banyak konsumen.
Alat moda transportasi ini bahkan sudah dilirik Pemerintah di Tanah Air untuk menggantikan Bemo yang sudah tak layak beroperasi. Nah, memang dari segi harga sangat murah hanya dibanderol sekitar Rp68-75 juta.
Yang menjadi pertanyaan kenapa harus Bajaj Qute yang merupakan produk impor dari India? Kalau alat moda seperti ini, Indonesia juga pernah membuat dan sempat dipasarkan yaitu Kancil.
Sebenarnya Kancil pun Tak Kalah dengan Bajaj Qute
Kancil dulu merupakan moda pengganti Bajaj roda 3 bermesin 2 tak yang terkenal “bandel”. Sebagai kendaraan angkutan lingkungan jenis IV, sayangnya Kancil (2011) tidak bisa berkembang pasarnya.
Karena terbentur aturan yang ada pada saat itu. Yaitu hanya bisa menggantikan Bajaj yang ada.
Satu unit Kancil baru hanya bisa masuk jalan bila menggantikan satu buah Bajaj. Artinya pembeli Kancil harus membeli juga 1 buah Bajaj untuk dimatikan izin operasinya. Karena aturan ini Kancil tidak bisa berkembang dengan cepat.
Bila dibandingkan dengan Bajaj Qute, kendaraan Kancil memang lebih unggul dalam kapasitas mesin bahkan dari segi harga mungkin masih tergolong murah. Apalagi Kancil merupakan produk lokal yang dirancang dan dikembangkan sendiri oleh putra-putra bangsa.
Ya memang bila, dibandingkan sekarang Kancil harus lebih dulu melakukan penyegaran baik dari teknologi maupun tampilan. Bila tidak, tak salah bila nantinya produk India yang akan ditunjuk sebagai pengganti bemo.
Sebagai informasi, Kancil direncanakan, dirancang, didisain, dan dikembangkan oleh PT. KANCIL. Dengan beberapa komponen yang dikembangkan bersama berbagai industri komponen dalam dan luar negeri.
Berbicara kelayakan, kendaraan inimemenuhi syarat layak jalan dari Departemen Perhubungan setelah memenuhi dan melalui beberapa syarat pengujian.
Spesifikasi Umum
Bajaj Qute | Kancil | |
Panjang | 2.752 mm | 2.800 mm |
Lebar | 1312 mm | 1.385 mm |
Tinggi | 1652 mm | 1.720 mm |
Bobot | 450 kg | 850 kg |
Kapasitas Tempat Duduk | 4 | 4 |
Mesin | 200 cc, feul injection | 1 silinder, 404 cc |
Bahan Bakar | Bensin | Bensin, |
Transmisi | Manual | Manual |