Mobil

Setelah Rocky, Daihatsu Taft Reborn Resmi Meluncur

Daihatsu Taft Reborn JDM (Foto: Daihatsu)

Tokyo – Daihatsu Motor Corporation akhirnya resmi memasarkan Dahatsu Taft untuk pasar domestik Jepang dalam pre order. Namun demikian, reinkarnasi Daihatsu Taft ini wujudnya jauh berbeda dari sebelumnya. Daihatsu Taft Reborn ini berwujud Kei Car yang mungil, mengikuti jejak Daihatsu Rocky yang sudah muncul sebelumnya.

Sosok Daihatsu Taft ini sudah diperkenalkan dalam wujud konsep di ajang Tokyo Auto Salon pada pertengahan Januari 2020. Taft reborn menjadi model ketiga Daihatsu yang mengadopsi platform generasi baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Sebelum Taft, platform DNGA ini sudah dipakai pada New Tanto dan New Rocky atau Toyota Raize.

Kita mesti melupakan sosok Taft jadul yang macho dan gagah, sebab Daihatsu Taft Reborn ini wujudnya mungil sebagaimana Kei Car Daihatsu lainnya. Namun, jangan remehkan sosok Taft ini karena menggabungkan sisi kepraktisan kabin dan karakteristik off-road.

Desain Samping Daihatsu Taft (Foto: Topgear)

Sebagai gambaran, Daihatsu Taft akan menjadi penantang dari Suzuki Hustler. Ini sesuai dengan akronim Taft yaitu Tough & Almighty Fun Tool. Untuk pasar domestik Jepang, Daihatsu Motor Corporation menyediakan Taft dengan pilihan yang lengkap, ada penggerak 2WD dan 4WD.

Daihatsu Taft memiliki dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Ukurannya yang mungil ini sesuai kondisi jalanan di Jepang, sehingga memberikan handling yang stabil dalam bermanuver di jalan perkotaan atau jalan sempit.

Dikutip dari laman resmi Daihatsu Jepang, untuk tipe dari Taft ini tersedia dalam tiga opsi yaitu X, G, dan G turbo. Semua tipe tadi memiliki varian 2WD dan 4WD, namun seluruhnya hanya memakai transmisi otomatis CVT. Di Jepang, Daihatsu Motor Corporation menjual Taft reborn ini dengan kisaran harga antara Rp 188,3 juta sampai dengan Rp 241,1 juta untuk G Turbo.

Desain Boxy di Daihatsu Taft Reborn

Kabin Daihatsu Taft multifungsi (Foto: Daihatsu)

Daihatsu Taft versi Kei Car mengusung gaya boxy khas Kei Car untuk mengakomodir kabin yang lapang. Kian modern, Taft reborn di bagian atapnya memakai panoramic glass yang dinamai Sky Feel Top, sehingga membuat kabin terkesan lebih luas dan pengguna bisa menikmati pemandangan terbuka.

Tidak cuma itu, kaca panoramic ini juga telah dilengkapi UV and IR cutfunction yang bisa mengurangi efek dari sinar ultaviolet dan infrared yang bisa merusak kulit. Masuk ke kabin, interior Taft ini begitu kuat kesan Kei Car yang fungsional.

Mobil ini memang hanya memiliki dua baris kursi, dimana kursi belakang dilipat dan digunakan sebagai bagasi untuk menaruh barang. Namun demikian, ruang untuk penyimpanan secara keseluruhan juga cukup luas, setara Suzuki Jimny. Pengguna pun bisa membawa sepeda lipat dan perlengkapan lain untuk aktivitas outdoor.

Spesifikasi Mesin Taft, Ada Versi Turbo

Hal yang cukup menarik pada Taft reborn yaitu hadirnya versi turbo mendampingi tipe standar. Taft versi standar dibekali mesin 660 cc tiga silinder dengan output 52 ps/6.900 rpm dan torsi 60 Nm.3.600 rpm. Sementara untuk tipe G turbo sudah didukung turbo untuk meningkatkan tenaga jadi 64 ps/6.400 rpm dan torsi 100 Nm/3.600 rpm.

Dengan turbo tadi, output Daihatsu Taft membuatnya hampir setara dengan mesin LCGC 1.000 cc milik Daihatsu Ayla. Sebagai informasi, Ayla 1.0 liter menghasilkan tenaga 65 ps. Angka segitu sudah cukup untuk mendukung aktivitas harian dan sesekali pergi ke luar kota.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts