Berita Sumber informasi

Setelah Transjakarta, Volvo B11R-370 6×2 Akan Jadi Basis Bus AKAP

Sasis Bus Volvo B11R -370 6×2 Foto: Kurnia Lesani Adnan – Ketua IPOMI

Jakarta – Hadirnya kembali Volvo bus di Indonesia cukup membuat decak kagum. Pasalnya bus yang memiliki tiga as sumbu roda ini tengah dilengkapi segudang fitur pendukung baik pada sisi keselamatan maupun kenyamanan.

Digunakan sebagai bus Transjakarta sejak 2017, B11R-370 6×2 memiliki spesifikasi hampir mirip dengan Scania K310IB 6×2 yang telah hadir lebih dulu digunakan sebagai bus Transjakarta 2016 silam.

Sedikit mengulas keberadaan Volvo bus di Indonesia, volvo pernah menghadirkan bus dengan seri B7R, B8R dan B12M yang digunakan sebagai bus Antar kota Antar Provinsi (AKAP). Tampaknya pada saat itu Volvo belum berhasil menguasai pasar kendaraan bus berpenumpang AKAP.

Bisa diketahui hanya beberapa Perusahaan Otobus saja yang menggunakannya. Beberapa kekecewaan dialami pemilik bus perihal susahnya suku cadang yang didapat. Sehingga banyak bus harus berdiam diri di garasi bertahun-tahun.

Bus Volvo B7R milik PO. Purwo Widodo foto: Instagram @dhimas.fer22

Beda dengan B11R-370 6×2 pada saat pertama kali digunakan untuk Transjakarta. Eka Lovyan selaku Chief Operation Officer (COO) PT Indotruck Utama, memastikan ketersediaan suku cadang B11R akan lebih mudah.

“Ketersediaan suku cadang B11R kita pastikan akan mudah. Mengingat kita dekat dengan Singapore, sehingga bisa dengan mudah mengambil suku cadang dari sana. Selain itu karena jumlah B11R-370 6×2 yang digunakan Transjakarta cukup banyak, sehingga kami pastikan konsumen dengan mudah mendapatkan suku cadang,” ujar Eka kepada Carmudi (12/10).

Volvo B11R-370 6×2 tahun ini untuk AKAP

Bermunculnya bus AKAP yang menggunakan jumlah tiga as sumbu roda, membuat Volvo berencana menghadirkan B11R untuk bus AKAP. Spesifikasi yang ada pada Transjakarta akan berbeda dengan yang digunakan bus AKAP.

Mengingat bus AKAP memiliki jam terbang dan jarak perjalanan yang cukup panjang. Sehingga Volvo berencana memperbaharui teknologi yang ada pada B11R sekarang ini.

“Tahun ini B11R versi AKAP akan diproduksi, kita sedang melakukan tahap proses. Mesin yang digunakan sama, hanya saja tenaga (Horse Power) akan kita naikan. Selain itu transmisi pun berbeda dengan apa yang ada di Transjakarta,” ungkapnya.

Sedikit mengulas data spesifikasi bus Transjakarta Volvo B11R-370 6×2, bus ini telah dilengkapi dengan mesin diesel D11K 10.8L 6-silinder Euro3. Mesin yang dilengkapi Turbocharged dan Aftercooler ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 370Hp dengan torsi maksimal 1.770Nm.

Didukung transmisi otomatis ZF, 6AP2000B, 6 percepatan otomatis yang tengah dilengkapi teknologi Automatic Idle Shift (AIS) dengan Torque Converter. Tidak hanya itu, 6AP2000B terintegrasi dengan retarder dan Electronic Control System (ECS). Sehingga pengemudi akan lebih mudah dalam melakukan pengereman.

Pada sistem pengereman sendiri sudah menggunakan disc brake yang dikontrol secara elektronik dengan sistem EBS. Selain itu  juga terpasang Electronic Stability program (ESP), sehingga disc brake dapat mengunci secara bersamaan. Ini mencegah bus melintir pada saat pengereman mendadak saat berada pada kecepatan tinggi.

Kenyamanan lain pada B11R yakni suspensi udara yang dikontrol menggunakan sistem Electronically Controlled Suspension (ECS). Teknologi ini mampu mengontrol suspensi udara dengan sistem teleskopik double acting. Dengan cara ini kekerasan suspensi dan kelembutan suspensi dapat diatur dari tombol yang berada didekat pengemudi.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts