Mobil

Spesifikasi dan Performa Honda e: “Two Thumbs Up”!

PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan kesempatan kepada awak media untuk mengeksplor spesifikasi dan mencoba mobil listrik perkotaan ikoniknya; Honda e.

Honda e

Dua unit Honda e yang di-test oleh awak media. (Foto: Carmudi)

HPM sendiri menghadirkan kesempatan ini guna memberikan pengalaman berkendara atas produk berteknologi elektrifikasi Honda e:Technology.

Visi elektrifikasi Honda global ini sendiri terdiri dari 3 pilar produk utama; Honda Automobile, Honda Motorcycle, dan Honda Power Product.

Kembali ke Honda e. Mobil listrik ini sejatinya bukan barang baru di industri lantaran sudah beredar di pasar Jepang dan Eropa sejak 2019.

interior mobil listrik honda e

Desain interior bermaterialkan fabric serta sentuhan aksen kayu menghadirkan kesan ‘homie’ ala rumah Jepang. (Foto: Carmudi)

Honda e memiliki desain retro dan interior yang kami nilai ‘homie’ karena kenyamanannya ala rumah Jepang bermaterial fabric dan kayu imitasi di beberapa bagian.

Spesifikasi Baterai Honda e

Dalam kesempatan pada Senin (10/4/2023) kemarin, Carmudi mencoba Honda e dan mengamati spesifikasi serta keunikannya di area test drive pabrik Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat.

Honda e dilengkapi dengan baterai berkapasitas 35,5 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 220 km dalam sekali pengecasan.

port atau colokan casan Honda e

Port atau colokan casan Honda e. (Foto: Carmudi)

Port atau colokan daya baterainya berada di bagian depan mobil serta sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang mampu mengisi 80% baterai dalam waktu 30-36 menit.

Untuk semakin meningkatkan efisiensi baterai, Honda e juga dibekali teknologi Single Pedal Control System sebagai teknologi standar dari e:Technology.

Teknologi ini memanfaatkan perlambatan untuk meregenerasi tenaga listrik untuk mengisi baterai saat pengemudi melepaskan pedal akselerasi.

Tenaga Kuat di Kelasnya

Dari lansiran resmi data spesifikasi di laman Honda UK, tenaga Honda e mencapai 154 Ps dengan torsi puncak 315 Nm.

Ini cukup bertenaga untuk ukuran mobil listrik sekelasnya.

Dalam uji coba di trek lurus dengan mode Sport Drive, Honda e mampu mencapai kecepatan 0—100 km/jam dalam waktu 8,3 detik.

Sangat Stabil Berkat Rasio Distribusi Bobot Merata

Melewati jalanan menikung serta bermanuver di trek slalom, Honda e terbilang stabil dan sangat fun to drive.

Kestabilan Honda e didapat dari desain 50:50 Weight Ratio Distribution, di mana bobot kendaraan terbagi rata di bagian depan tengah dan belakang.

Salah satu keunikan Honda e lainnya perihal manuvering adalah radius putarnya yang sangat kecil, hanya 3,4 meter.

Keunikan tersebut membuat mobil ini sangat cocok untuk digunakan di perkotaan yang jalannya cenderung sempit dan berliku.

Selain itu, dimensinya yang mirip dengan Honda Brio membuatnya mudah untuk bermanuver di lingkungan urban.

Kekurangan Honda e dan Butuh Adaptasi

Namun, perlu disebutkan juga bahwa jok belakangnya memberi legroom yang tergolong sempit.

Ini menjadi salah satu kekurangan dalam hal kenyamanan bagi penumpang bertinggi badan 170 cm ke atas.

spion kamera Honda e

Spion kamera (kiri), monitor spion (kanan). (Foto: Carmudi)

Kekurangan lainnya menurut kami adalah spionnya.

Kedua spion Honda e tidak menggunakan cermin seperti pada umumnya, melainkan kamera.

Alhasil, butuh adaptasi beberapa kali hingga terbiasa melihat kondisi di kiri-kanan mobil melalui monitor.

Honda e dapat digunakan sebagai genset atau stationary battery yang dapat menghasilkan listrik untuk keperluan lain di luar mobil. (Foto: HPM)

Honda e dapat digunakan sebagai genset atau stationary battery yang dapat menghasilkan listrik untuk keperluan lain di luar mobil. (Foto: HPM)

Fungsi dan Fitur Menarik Honda e Sebagai Mobil Listrik

Sebagai mobil listrik, Honda e juga menawarkan fitur unik lainnya.

Mobil ini dapat digunakan sebagai genset atau stationary battery yang dapat menghasilkan listrik untuk keperluan lain di luar mobil, seperti saat berkemah atau dalam situasi darurat.

Kami pun memiliki pengalaman unik lainnya dari mobil listrik ini.

Layar dasbor Honda e yang terkenal memanjang dapat digunakan untuk bermain video game, seperti PlayStation.

Ini jelas dapat memberikan pengalaman berkendara yang sangat berbeda terutama bagi penumpang.

Layar dasbor Honda e yang terkenal memanjang dapat digunakan untuk bermain video game, seperti PlayStation.

Layar dasbor Honda e yang terkenal memanjang dapat digunakan untuk bermain video game, seperti PlayStation. (Foto: Carmudi)

Jangan Tanya Harga

Namun, jangan tanya soal harga Honda e di Indonesia.

Honda e tidak dijual di Indonesia, melainkan hanya diperkenalkan sebagai studi elektrifikasi Honda di Tanah Air.

Honda e yang kami coba ini memiliki spesifikasi yang sama dengan versi yang dijual di Eropa, khususnya Inggris (setir kanan).

Honda e warna merah test drive

HPM belum berencana untuk menjual mobil listrik murni seperti Honda e ini, melainkan ingin fokus menghadirkan mobil-mobil hybrid. (Foto: HPM)

Dengan desain retro yang menarik, performa yang bertenaga, radius putar yang kecil, dan fitur unik yang ditawarkan, Honda e menjadi sebuah mobil listrik yang menarik perhatian.

Namun, masih menjadi harapan untuk melihatnya hadir di pasar Indonesia sebagai pilihan ramah lingkungan untuk mobilitas perkotaan di masa depan.

Penulis: Dimas Hadi

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: dimas.hadi@icarasia.com

Related Posts