Berita Mobil

Suzuki Swift Bermesin 1.2L Meluncur, Ini Penampakannya

suzuki swift

Suzuki Swift (Foto: Paultan)

Bangkok – Memanfaatkan pameran otomotif Bangkok Motor Show 2018, Suzuki meluncurkan Swift model 2018. Kali ini dengan versi mesin lebih kecil dari saudaranya yaitu 1.2 liter.

Kehadiran Suzuki Swift dengan mesin kecil merupakan bentuk dukungan dari pabrikan Jepang yang bermarkas di Shizuoka, terhadap program Eco Car tahap dua yang dicetuskan pemerintah Thailand sejak 2014 lalu.

Sebagaimana dilansir dari Paultan, Suzuki Swift bermesin 1.2 liter lebih ramah lingkungan. Menariknya harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau ketimbang Swift yang menggunakan mesin diatas 1.2 liter.

Berdasarkan data spesifikasi mesin yang ditunjukkan Suzuki, hatchback laris itu dibekali mesin Dualjet K12M. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 83 PS dan torsi puncak 103 Nm pada 4.400 rpm.

Suzuki hanya menawarkan transmisi otomatis jenis Continuously Variable Transmission (CVT). Tidak ada pilihan transmisi manual dari versi Swift ini.

suzuki swift

Mesin 1,2 liter Suzuki Swift (Foto: Paultan)

Program Eco Car tahap dua memang sedikit lebih ketat dibanding tahap pertama, terutama soal konsumsi bahan bakar. Suzuki Swift terbaru ini sudah memenuhi syarat program Eco Car.

Konsumsi bahan bakarnya menembus 23 kilometer per liter dan emisi gas buang 100 gram per kilometer. Model Swift sebelumnya konsumsi bahan bakarnya tercatat 20 kilometer per liter dan emisi gas buang 120 gram per kilometer.

Harga Suzuki Swift Bermesin 1,2L

Di Thailand, Suzuki Swift bermesin 1.2 liter ditawarkan dalam empat varian seperti GA, GL, GLX dan GLX-Navi. Soal harga, Suzuki membanderolnya mulai dari 499.000 baht hingga 629.000 baht atau kira-kira setara Rp219-277 jutaan.

suzuki swift

Interior Suzuki Swift (Foto: Paultan)

Beda varian beda pula fitur yang ditawarkan oleh Suzuki. Untuk Swift varian terendah yakni GA, hanya dibekali dengan fitur dua speaker, dua airbag, ABS dan ESP.

Varian GA tidak dilengkapi dengan cermin vanity, tidak ada handel tangan belakang, turun dan naikkan kaca belakang hanya bisa dilakukan secara manual, tidak ada penguncian pintu sentral dan remote, lampu depan halogen reflektor dan velg kaleng.

Suzuki Swift varian GLX sedikit lebih mewah. Pada bagian interior Suzuki menyematkan material kulit untuk membungkus lingkar kemudi, tombol audio ada di lingkar kemudi, cruise control, keyless entry, meter LCD panel, auto air conditioning dan enam speaker sebagai sumber suara dari head unit.

Sedangkan di sisi eksterior Suzuki memasangkan lampu kabut, lampu senja LED, lampu depan LED proyektor sebagai standar dan masih banyak lagi.

suzuki swift

Interior Suzuki Swift (Foto: Paultan)

Untuk menghadirkan nuansa sporti, Suzuki juga menyematkan velg dengan desain khusus berdimensi 16 inci. Selain itu juga tampak aksen merah pada gril yang sudah mengalami perubahan desain.

Sementara itu khusus varian GLX-Navi, mendapatkan semua fitur yang ada di varian GLX. Hanya saja ada tambahan sedikit berupa head unit layar sentuh berukuran tujuh inci, lengkap dengan fitur navigasi, Apple CarPlay dan MirrorLink.

Selain Suzuki Swift ada juga beberapa model lainnya di Negeri Gajah Putih yang ikut dalam program Eco Car, diantaranya Mazda2, Mitsubishi Mirage, Nissan March dan Toyota Yaris. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts