Berita Event Mobil Sumber informasi

Tak Hanya CR-V, Mobil Pikap Tata Juga Pakai Turbo

Jakarta – Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan varian terbaru pikap terlarisnya, Tata Super Ace. Ini artinya TMDI menunjukkan komitmennya dalam membangun brand Tata Motors di Indonesia dengan terus melihat pasar.

Seperti diketahui Tata Super Ace telah berhasil menciptakan ceruk pasarnya sendiri melalui keunggulan teknologi mesin diesel, menawarkan biaya operasional terbaik di kelasnya.

Bahkan saat ini telah hadir varian Tata Super Ace High Torque (HT) DLS. Dilengkapi keunggulan performa menanjak dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Tata Ace

Tata ACE HT dengan penambahan Turbo. Foto/Carmudi Indonesia.

“Tata Super Ace HT kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen kami akan kendaraan yang tangguh untuk menghadapi tanjakan terjal. Kami sadar banyak jalanan di Indonesia memiliki kontur jalanan dengan tanjakan terjal dan kami mendengarkan saran dari mereka,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI.

Tata Super Ace HT (High Torque) dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 1.400 cc dengan transmisi manual 5-speed. Mesinnya ini bertenaga 70 HP pada 4.500 rpm dan menghasilkan torsi puncak 135 Nm pada 2.500 rpm.

Spesifikasi Super Ace HT DLS/ DLE / DLS Cab chassis
Mesin TATA 475 IDI TCIC  Turbocharged, Intercooled
4-Silinder
Kapasitas mesin 1.405 cc
Tenaga 70 Hp @ 4500 rpm
Torsi 135 Nm @ 2500 rpm
Rasio gigi 1st-5.07 / 2nd-2.4 / 3rd-1.41 / 4th-1 / 5th-0.79 / Rev-4.18
Rasio gigi akhir 4.88
Suspensi Depan : Independent, strut type, with coil springs
Belakang : Semi Elliptical Leaf Spring with Shock absorber-Hydraulic double acting telescopic type
Rem Depan: Cakram
Belakang : Tromol
Kemudi Power steering. Hydraulic power rack and pinion steering gear with collapsible column
Berat bersih 1.260 kg
Berat kotor 2.260 kg
Jarak sumbu roda 2.380 mm
Kapasitas BBM 38 Litres
Dimensi bodi 2.630 mm X 1.460 mm X 300 mm
Ban 165R14 LT 8PR Radial
Kemampuan menanjak 39 %
Kecepatan maksimum 125 Kpj

TMDI Juga Kenalkan Tata Xenon HD

Selain mengenalkan Tata Super Ace HT TMDI juga memperkenalkan Tata Xenon HD (Heavy Duty). Xenon HD adalah penerus dari pikap Tata Xenon RX yang memakai mesin diesel berkapasitas 3.000 cc.

Tata Xenon HD yang sudah dilengkapi dengan mesin turbo-intercooled dengan high gear ratio untuk menunjang kemampuan daya angkutnya ini, menawarkan kemampuan menanjak dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Karakter mesin dieselnya yang bekerja optimal pada putaran mesin rendah menjamin konsumsi bahan bakar yang ekonomis. Gesekan antar komponen yang rendah menjamin usia pakai komponen menjadi lebih panjang. Serta berkontribusi terhadap biaya perawatan yang rendah dan lebih baik daripada mesin bensin.

Tata Xenon

Tata Xenon HD. Foto/Carmudi Indonesia.

Kedua pikap ini sudah mulai bisa dipesan pada IIMS 2017. Dijual dengan harga yang hanya sedikit saja lebih tinggi dibanding varian sebelumnya. Varian terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan Tata Super Ace dan Tata Xenon RX lebih baik lagi.

Jika Tata Super Ace HT DLS akan tersedia pada Juli 2017, Tata Xenon HD tersedia di show room dealer TMDI pada Agustus 2017. (Dol)

Spesifikasi Xenon Heavy HD (Duty Pickup)
Mesin
TATA 497 SPTC79 Turbo Charged, Water cooled, Direct Injection,

Diesel Engine, Turbo Intercooler

Kapasitas mesin 2.956 cc
Tenaga 75 PS @ 3.050 rpm
Torsi
275 Nm @ 1.350-1.600 rpm
Rasio gigi 1st-4.1, 2nd-2.22, 3rd-1.37, 4th-1.00, 5th-0.82, Rev-3.75
Rasio gigi akhir 4.55
Suspensi Depan : Semi Elliptical Leaf Spring  with Hydraulic double acting telescopic type shock absorber.

Belakang : Semi Elliptical Leaf Spring with Hydraulic double acting telescopic type shock absorber.

Rem Depan:  Disc brake with Twin pot calliper.

Belakang: Drum brake with LCRV.

Vacuum assisted independent Hydraulic Brakes on Front and Rear through Tandem Master Cylinder.

Kemudi Power Steering. Tiltable collapsible type steering column.

 

Berat bersih 1.980 kg
Berat kotor 3.550 kg
Jarak sumbu roda 3150 mm
Kapasitas BBM 60 litres
Dimensi bodi 2440 X 1675 X 415
Ban 215/75 R 16 LT 113/111 S
Kemampuan menanjak 28%
Kecepatan maksimim 105 Kmph

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts