Berita

Tak Lolos Standar Emisi, Suzuki Jimny Jadi Kendaraan Komersial

Suzuki Jimny jadi kendaraan komersial (Foto: Autocar)

London – Kurang lebih dua bulan lalu, Suzuki Jimny terpaksa dihentikan penjualannya di Eropa. Mobil mini berpenggarak empat roda itu tidak lolos standar emisi gas buang yang berlaku di Eropa. Kendati demikian Suzuki tidak kehilangan akal.

Pabrikan memutuskan untuk tetap menjual Jimny di sana. Tetapi statusnya berbeda, bukan sebagai kendaraan penumpang melainkan kendaraan komersial ringan.

Diberitakan Autocar, Kamis (10/9/2020), perubahan status Jimny menjadi kendaraan komersial dapat menolong Suzuki terhindar dari denda karena sesuai dengan emisi yang ditetapkan. Standar emisi yang ditentukan di Eropa bagi kendaraan komersial lebih longgar ketimbang kendaraan penumpang.

Ambang batas emisi gas buang kendaraan komersial yaitu 147 g/km. Sedangkan kendaraan penumpang lebih rendah rendah lagi sekira 95 g/km. Meski statusnya sebagai kendaraan komersial, Suzuki tidak melakukan banyak perubahan.

Dari aspek performa, Jimny masih mengendong mesin VVT K15B 1.5 liter empat silinder bertenaga 102 hp dan torsi puncak 130 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan. Masih dilengkapi juga dengan suspensi three-link rigid axle dan sistem penggerak semua roda dengan gigi transfer jarak rendah.

Suzuki juga menyematkan fitur keselamatan yang sama dengan versi penumpang. Termasuk Dual Sensor Brake Support dengan automatic emergency braking, hill hold dan descent control, serta eCall emergency assist function.

Sebaliknya, pada bagian interior Suzuki memangkas jok belakang sehingga tersisa dua jok saja di kabin depan. Hilangnya jok belakang membuat kapasitas penyimpanan barang atau bagasi belakang bertambah luas menjadi 863 liter atau 33 liter lebih banyak dari versi mobil penumpang. Disematkan pula partisi pengaman untuk mencegah barang bawaan masuk ke kabin depan.

Desain baru Suzuki Jimny makin memancing konsumen untuk memiliki. Foto/Carmudi.

Harga Suzuki Jimny

Harga Jimny versi kendaraan komersial belum dirilis secara resmi. Kemungkinan harganya bisa dibawah versi kendaraan penumpang. Sebagai gambaran, Jimny versi kendaraan penumpang di Inggris dibanderol 15.370 Pounsdterling atau sekira Rp293 juta.

Di Indonesia sendiri Suzuki Jimny hadir dalam empat varian yaitu Jimny MT (Single Tone) Rp382,5 juta, AT (Single Tone) Rp395 juta, MT (Two Tone) Rp385,5 juta, dan Jimny AT (Two Tone) dijual Rp398 juta.

Jimny yang dipasarkan di Eropa tidak menggunakan turbo tiga silinder seperti di Jepang. Tetapi juru bicara perusahaan di Inggris mengatakan bahwa pelanggan profesional dan penggemar offroad senang dengan penawaran mesin yang ada.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts