Test Drive Daihatsu Rocky, 1.2L Istimewa dan Daya Tanjak Mumpuni
Karawang – Setelah tiga bulan muncul di pasaran, baru kali ini, awak media mendapat kesempatan test drive Daihatsu Rocky 1.2L di proving ground Research & Development (R&D) Center PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Karawang, Jawa Barat, Selasa (5/10/2021)
Daihatsu Rocky 1.2L sendiri mulai dijual pada Juni 2021 lalu, selang dua bulan pascapeluncuran perdana tipe 1.0L TC (Turbo) di April.
Audi Tarantini, R&D Testing Department Head PT ADM mengatakan bahwa pengembangan Daihatsu Rocky sudah dilakukan sejak 2017 oleh tim gabungan dari Indonesia, Malaysia, dan Jepang.
Tidak seperti proses pengembangan Avanza–Xenia yang dilakukan bersama Toyota, pengembangan segmen mobil seperti Raize-Rocky diklaim murni hasil Daihatsu.
Mesin 1.2L Sangat Istimewa
Kembali kepada persoalan dapur pacu, Rocky 1.2L menggunakan mesin terbaru tipe WA-VE 3-silinder dari Daihatsu sendiri.
Mesin tersebut diklaim sangat istimewa bagi ADM karena hanya tersedia untuk pasar nasional. Terlebih lagi, mesin WA-VE juga murni buah karya tim R&D Daihatsu Indonesia.
Jadi, anggapan awam bahwa mesin 1.2L milik Rocky sama dengan mesin Ayla dan Sigra adalah salah. Kedua pendahulunya itu menggunakan mesin 3NR-VE 4-silinder.
“Teknologi mesin ini baru dan berbeda dari mesin Sigra dan sudah kami buktikan,” kata Audi.
Konsumsi BBM Daihatsu Rocky
Adapun klaim lain dari PT ADM terkait mesin 1.2L WA-VE 3-silinder pada Rocky ialah lebih hemat BBM bahkan jika dibandingkan dengan mesin 1.0L Turbo.
Dihimpun dari hasil pengetesan tim R&D ADM menggunakan mesin Dyno Test, berikut ini adalah data konsumsi BBM mesin 1.2L dan 1.0L Turbo.
60 km/jam | 80 km/jam | 100 km/jam | |
1.0L Turbo | 29,6 km/liter | 26,9 km/liter | 19,8 km/liter |
1.2L | 30 km/liter | 28,2 km/liter | 20,6 km/liter |
Test Drive Menanjak
Test drive sendiri dilakukan di test course ADM dengan 24 kondisi jalan sebagai representasi jalanan pada umumnya di Indonesia.
Pada suatu kesempatan, kami pun mencoba daya tanjak Rocky 1.2L CVT dengan metode stop and go di tanjakan berkecuraman 14 derajat.
Mobil dibawa menanjak dan berhenti beberapa saat di tengah-tengah tanjakan sebelum digas lagi hingga mencapai puncak. Mobil pun melaju pada putaran mesin menyentuh angka 2.500 rpm.
Pengetesan ini tentunya bisa menangkis keraguan masyarakat akan kualitas mesin berkapasitas kecil dan 3-silinder.
Daftar Harga Daihatsu Rocky 2021
1.2 X CVT ADS | Rp223.100.000 |
1.2 X CVT | Rp215.100.000 |
1.2 X MT ADS | Rp206.700.000 |
1.2 X MT | Rp198.700.000 |
1.2 M CVT | Rp202.200.000 |
1.2 M MT | Rp185.800.000 |
1.0 R TC CVT ASA
|
Rp245.400.000 |
1.0 R TC CVT ADS
|
Rp244.400.000 |
1.0 R TC CVT | Rp236.400.000 |
1.0 R TC MT ADS
|
Rp230.600.000 |
1.0 R TC MT | Rp222.600.000 |
Baca Juga:
- Intip Sedikit Bocoran Daihatsu Rocky Hybrid, Meluncur November 2021
- Biaya Servis Daihatsu Rocky 2021, Ini Daftarnya
Penulis: Dimas Hadi