Reviews

Test Drive Wuling Alvez: Harga Memang Nggak Bohong

Jakarta — Carmudi berkesempatan melakukan test drive Wuling Alvez singkat sekitar 15—25 menit di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Sebelum mengomentari impresi berkendaranya, menurut kami tampilan luar Alvez terlihat stylish dan modern secara keseluruhan.

Mengingatkan pada Wuling Almaz, Alvez nyatanya punya dimensi lebih kecil.

Test drive Wuling Alvez

Test drive Wuling Alvez. (Foto: Nadya/Carmudi)

Di atas kertas, Alvez punya ukuran panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 mm.

Sementara itu, Almaz memiliki panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, serta tinggi 1.760 mm.

Salah satu bagian paling menarik dari eksterior Alvez adalah gril depannya di mana dihiasi piksel tiga dimensi. Di bagian tengah, disematkan logo Wuling berwarna silver.

Interior Wuling Alvez

Interior Wuling Alvez. (Foto: Nadya/Carmudi)

Hal pertama yang Carmudi rasakan saat duduk di kursi pengemudi adalah ruang kabinnya cukup luas. Headroom dan legroom-nya juga cukup luas bagi Carmudi yang punya tinggi 165 cm.

Joknya sendiri terasa cukup nyaman saat diduduki di mana dibalut dengan bahan kulit sintetis. Saat dibawa berkendara, Carmudi merasakan setir kemudi Alvez terasa ringan dan pas digenggam.

Carmudi sempat mencicipi salah satu fitur dari ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang disematkan pada Alvez, yaitu Lane Keeping Assistance (LKA).

Saat mendeteksi garis lajur yang ada, fitur tersebut membantu Carmudi tetap di lajur seharusnya.

Carmudi juga mencoba fitur lain berupa Voice Command berbahasa Indonesia yang disebut WIND (Wuling Indonesian Command).

Saat Carmudi mengatakan “Halo Wuling” dan “Buka Sunroof”, fitur tersebut langsung membuka sunroof Alvez. Begitu juga saat menyebut “Halo Wuling” dan “Tutup Sunroof”, fitur ini segera menutup sunroof mobil tersebut.

Di sisi lain, Alvez memiliki akselerasi yang cukup halus, tapi agak kurang responsif.

SUV ini dibenamkan mesin berkapasitas 1.485 cc, 4 silinder, DOHC yang dapat mengeluarkan tenaga 105 hp pada 5.800 rpm dan torsi puncak 143 Nm pada 4.000-4.600 rpm.

Impresi Jadi Penumpang Belakang Wuling Alvez

Setelah jadi pengemudi, Carmudi mendapat kesempatan menjadi penumpang Wuling Alvez yang duduk di belakang.

Impresi pertama yang dirasakan mirip seperti saat menjadi pengemudi. Kabin mobil ini terasa luas sekali.

Namun, sayangnya menurut Carmudi, jok penumpang belakang agak keras diduduki dan terlalu tegak.

USB Port Alvez

Tersedia USB power outlet di Alvez. (Foto: Carmudi)

Hal yang Carmudi sukai saat duduk di kursi penumpang belakang adalah tersedia USB power outlet di mana dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel.

Wuling Alvez punya keunggulan lain yang bisa dibilang belum diketahui banyak orang, yakni bagasinya bisa dibuat rata lantai sehingga dapat membuat kapasitas bagasi jadi lebih besar.

Bagasi SUV Alvez

Bagasi SUV Alvez. (Foto: Nadya/Carmudi)

Carmudi sempat mencoba membuat bagasi mobil ini menjadi rata lantai. Caranya cukup mudah.

Pertama, lipat bagian bawah jok penumpang belakang dengan mengangkat jok tersebut lalu menaruhnya di bagian leg room secara vertikal.

Kemudian, sandaran jok dilipat sehingga tercipta lantai bagasi mobil yang rata. Saat ingin mengembalikan joknya ke posisi semula, Carmudian bisa tegakkan sandaran joknya, lalu angkat bagian bawah jok ke posisi awal.

Harga Wuling Alvez

  • Alvez SE Rp209 juta
  • Alvez CE Rp255 juta
  • Alvez EX Rp295 juta

Simak juga video ulasan (review) Wuling Alvez dari Carmudi berikut ini:

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts