Tips dan Trik

Tips Memilih Mobil Mana Sesuai Kebutuhan

Tipe mobil untuk konsumen Indonesia sangat beragam, sesuaikan kebutuhan baru tentukan pilihan.

Tips memilih mobil untuk konsumen Indonesia sangat beragam, tapi yang terpenting sesuaikan kebutuhan baru tentukan pilihan.

TIPS membeli mobil di Indonesia mungkin terbilang sangat banyak, hal itu berdasarkan kebutuhan konsumen di sini. Dari beberapa dekade silam model mobil keluarga atau dikenal juga multi purpose vehicle (MPV), selalu menjadi pilihan utama bagi konsumen otomotif Indonesia.

Alasannya, pemilik kendaraan di Indonesia suka berpergian bersama-sama anggota keluarga lain. Sebagai bagian dari budaya dimana satu keluarga bisa dikaitan dengan keluarga besar, dimana selain keluarga inti, anggota lainnya seperti saudara juga dianggap sebagai bagian keluarga.

Untuk itu suatu mobil dengan kapasitas besar atau muat banyak penumpang paling banyak dicari. Kemudian selain tipe mobil yang dicari, pilihan harga yang murah juga menjadi alasan untuk membeli suatu mobil.

Carmudi Indonesia memiliki tips membeli mobil bagi Anda yang ingin membeli mobil yang cocok dengan kebutuhan Anda. Pertama, tentukan tujuan penggunaan mobil tersebut. Jika Anda ingin membeli mobil untuk penunjang rutinitas seperti ke kantor, ada baiknya Anda memilih mobil yang kompak, seperti hatchback atau city car.

Mobil Kompak untuk Perkotaan

(Toyota Etios Valco)

(Toyota Etios Valco)

Sebagai negara berkembang, ciri khas infrastruktur jalan raya di Indonesia pada umumnya masih kurang memadai. Luas ruas jalan dengan kepadatan mobil yang lalu lalang berbanding terbalik. Akibatnya kemacetan masih sering ditemui di beberapa ruas jalan, khususnya jalan yang banyak terdapat gedung perkantoran.

Pilihan mobil kompak, tentu akan memudahkan Anda dalam bermanuver di tengah kemacetan. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan tempat parkir pun semakin mudah jika Anda memilih mobil yang kompak. Coba lihat saja mungilnya mobil-mobil kompak ini, Toyota Yaris, Honda Jazz, Brio hingga Kia Picanto bisa dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai alat transportasi harian.

Urusan bahan bakar, mobil kompak tersebut sudah terkenal sangat efisien. Namun ada beberapa kelemahan yang mendasar dari jenis mobil kompak ini, seperti tidak mampu muat banyak penumpang dan agak tidak nyaman untuk menghadapi perjalanan jauh.

Kemudian jika tujuan Anda membeli mobil untuk penunjang aktivitas keluarga, seperti antar-jemput anak sekolah hingga beli kebutuhan harian, maka tipe mobil yang cocok adalah MPV. Dalam penjelasan di awal, kemampuan MPV untuk membawa banyak penumpang hingga barang bawaan menjadi solusi terbaik untuk penuhi kebutuhan itu.

MPV Cocok bagi Keluarga

shutterstock_71717143

Nama-nama merek mobil segmen MPV yang menjadi favorit di Indonesia, sudah tentu didominasi merek Jepang, contoh saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan masih banyak lagi. Semua merek itu menawarkan kemampuan dalam menampung banyak penumpang dan muatan.

Terakhir mengenai tipe mobil yang dikenal di Indonesia ada sport utility vehicle (SUV) dan Sedan. Kedua jenis mobil ini merupakan pemain kecil dalam pasar otomotif nasional. Mengapa? Kedua tipe mobil ini disukai oleh para pengendara yang memiliki minat khusus, hobi atau ingin tampil beda dengan lainnya.

Jika Anda suka berpetualang baik ringan maupun sekaligus berat, ada banyak pilihan SUV yang bisa Anda temukan di pasar otomotif nasional. Untuk SUV yang bisa melahap medan off road ringan, di Indonesia ada Toyota Fortuner, Honda CR-V, Mitsubishi Pajero, Chevrolet Captiva dan lain-lain. Di negara lain sebutan mobil-mobil itu dikenal dengan istilah crossover. Alasanya, mobil tersebut memiliki kemampuan di medan off road tapi juga menawarkan kenyamanan dan tampilan elegan seperti tipe mobil sedan.

SUV dan Pecinta Petualangan

trailblazer-5

Kemudian bagi yang benar-benar maniak untuk berpetualang di medan ekstrem maka SUV seperti Jeep, Land Rover ataupun merek lain yang memiliki sistem penggerak 4 roda bisa dijadikan andalan Anda dalam melakukan perjalanan.

Untuk tipe mobil sedan, biasanya yang menyukai mobil ini adalah mereka yang tidak terbiasa dengan mengendarai mobil sendirian dan perlu didampingi sopir. Sehingga tingkat kenyamanan menjadi hal yang utama dalam memilih mobil sedan. Selain disukai dengan kalangan itu, tipe sedan juga menjadi pilihan kendaraan bagi mereka pecandu kecepatan.

Akselerasi yang lebih responsif dibandingkan dengan tipe mobil lainnya membuat sedan menjadi favorit di kalangan itu. Tapi perlu diingat, tipe sedan itu memiliki kelemahan dalam urusan harganya yang mahal. Ketentuan pajak tinggi yang diterapkan pemerintah membuat harga sedan-sedan yang beredar di Indonesia di atas harga rata-rata mobil lainnya.

Berikut nama-nama sedan yang paling laris di Indonesia, Toyota Vios, Honda City dan Mercedes-Benz C Class. Dari beberapa nama itu, Anda tinggal memilih sesuai dengan kemampuan kantung Anda untuk membawanya masuk ke dalam garasi rumah Anda.

LCGC jadi Pilihan Baru

LCGC

Di luar semua tipe mobil yang beredar di Indonesia, ada satu lagi tipe mobil yang sekarang ini sedang naik daun. Tipe mobil itu adalah low cost green car (LCGC) atau biasa disebut mobil murah. Mobil yang berasal dari kebijakan pemerintah dalam dunia transportasi, selain harganya yang murah kemampuan dan pilihannya sangat beragam.

Tentu hal itu membuat perkembangan populasi mobil murah semakin banyak di Indonesia. Dengan rentang harga mulai dari Rp90 jutaan hingga Rp150 jutaan membuat konsumen yang membutuhkan mobil bisa tercapai dengan mudah.

Sama dengan tipe mobil lainnya, di kategori mobil murah juga tersedia pilihan mobil dari city car hingga MPV. Sebut saja, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go+ Panca, Honda Brio Satya dan Suzuki Wagon R. Hanya satu segmen saja yang belum dimasuki mobil murah adalah sedan.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts