Reviews

Toyota Camry 3.5Q 2008, Perpaduan Kemewahan dan Tenaga Buas

Sejak era 1970-an, Toyota sudah mulai bermain di segmen sedan mewah. Beberapa produk mobil eksekutif buatan Toyota yang dikenal masyarakat luas antara lain Corona, Cressida, Crown, hingga kini dikenal dengan Camry. Dibandingkan dengan para pendahulunya, Toyota Camry 3.5Q 2008 memiliki tampilan yang sangat berbeda.

(Toyota Camry 3.5Q 2008)

(Toyota Camry 3.5Q 2008)

Peluncuran Camry secara global dimaksudkan untuk mendekati pencapaian dari saudaranya, Lexus yang mengeluarkan varian sedan LS. Model bodi Camry tampil lebih masif, maskulin, dan posisinya lebih rendah. Namun secara keseluruhan,dimensi bodinya berubah total karena dimanfaatkan untuk poros roda yang lebih panjang (longer wheelbase), sehingga ruang kabin menjadi lebih lapang.

Desain Eksterior

Wajah depan Camry menjadi awal dari tampilan terbaru Toyota untuk mengisi jajaran mobil-mobil eksekutif lansirannya. Emblem dengan logo Toyota diletakkan tepat di atas gril untuk menciptakan bentuk yang menyerupai sayap. Di bagian bodinya, bagian sisi sampingnya melebar hingga bagian belakang, sehingga menampilkan bentuk yang terlihat pada Chrysler 300C.

(Toyota Camry 3.5Q 2008)

(Toyota Camry 3.5Q 2008)

Desain Interior

Ketika memasuki area kabin, tema dengan model sayap kembali terlihat. Hampir seluruh bagian interior diselubungi dengan tema tersebut, mulai dari sistem hiburan sampai dengan di bagian dasbor. Dari seluruh bagian di area interior, kesan sedang berada di dalam kabin pesawat terbang sangat terasa ketika sedang duduk di kursi bagian belakang, seperti berada di kelas bisnis.

(Interior Toyota Camry 3.5Q 2008)

(Interior Toyota Camry 3.5Q 2008)

Meskipun lebih nyaman untuk dua orang, tapi kursi di bagian belakang tetap bisa menampung hingga tiga orang, karena terbantu dengan lantainya yang datar. Menilik ke sandaran tangan di bagian tengah, ruang yang tersedia dimanfaatkan agar bisa mengatur A/C dan juga untuk mengatur tempat duduk. Sementara itu, jendela buta seperti yang terdapat Camry versi sebelumnya masih tetap ada. Memang membutuhkan sedikit waktu agar terbiasa dan mendapatkan posisi yang tepat.

Performa Mesin Toyota Camry 3.5Q 2008

Di atas kertas, secara keseluruhan performa Camry tak ada masalah sama sekali. Untuk model ‘Q’ yang menjadi kasta tertinggi dari model ini, dibekali dengan mesin V6 berkapasitas 3.5 liter dan mampu menghantarkan tenaga yang cukup luar biasa sebesar 277 dk. Untuk transmisinya disematkan model transmisi otomatis 6-percepatan, yang mendistribusikan tenaga yang dihasilkan mesin secara merata.

(Kompartemen mesin Toyota Camry 3.5Q 2008)

(Kompartemen mesin Toyota Camry 3.5Q 2008)

Untuk suspensinya, disematkan model suspensi independent sehingga bodi yang berat bisa menjadi bantalan hanya dengan sedikit usaha. Sistem pengereman sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, BA, empat buah kantung udara (khusus model 3.5Q), dan pengontrol traksi agar membuat segala sesuatunya menjadi lebih aman.

Kesimpulan

Tentu saja jika memimpikan kalau setiap berkendara akan selalu sama, maka sepenuhnya akan sangat berbeda. Dibandingkan para pesaingnya di segmen yang sama, Camry unggul dalam hal suspensinya yang empuk, pengendaraan yang luar biasa, menggunakan teknologi pengereman terbaru, dan secara keseluruhan mampu memberikan pengalaman berkendara yang sangat menyenangkan.

Namun, Camry lebih enak dinikmati sebagai penumpang di kursi bagian belakang. Memang sangat disayangkan jika Anda tak bisa menikmati raungan tenaga dari mesin V6 3.5 liter, tapi begitu Anda bersandar di kursi belakang, maka Anda akan segera melupakan tenaga buas yang dimiliki Camry dan bertanya-tanya mengapa tak menikmati berkendara sebagai penumpang di kursi belakang sejak awal. (C! Magazine)

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts