Berita Mobil Sumber informasi

Toyota Agya Dominan di Kelasnya, Pangsa Pasar Lebih dari 61 Persen

Maret Meriah

New Toyota Agya (Carmudi)

Jakarta – Penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) PT Toyota Astra Motor (TAM) periode September 2018 tercatat sebesar 29.821 unit.

Pencapaian Toyota di bulan lalu mengalami penurunan dibanding periode Agustus 2018 sebesar 30.273 unit. Meski mengalami penurunan, namun pangsa pasar Toyota naik dari bulan sebelumnya 30,5 persen menjadi 32 persen di September.

“Dalam dua bulan terakhir, konsumen terlihat lebih memperketat pengeluarannya, termasuk untuk pembelian kendaraan. Kami bersyukur, market share Toyota di bulan September ini meningkat menjadi 32 persen,” kata Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, dalam keterangan resminya.

Penyumbang terbesar penjualan wholesales bulan lalu masih berasal dari tiga segmen yaitu Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV) dan hatchback. Dari segmen MPV, Toyota mencatat penjualan wholesales mobil keluarga selama satu bulan di September sebanyak 17.767 unit.

Penyumbang terbesar masih dipegang oleh Avanza dengan perolehan sebanyak 6.151 unit. Kemudian di posisi berikutnya ada Kijang Innova yang berkontribusi sebanyak 5.177 unit.

Untuk segmen SUV, penjualan September tercatat 7.929 unit. Dua andalan Toyota di segmen ini yaitu Rush dan Fortuner meraih kinerja penjualan mengesankan. Penjualan Rush pada September mencapai 5.797 unit, sedangkan Fortuner meraih angka penjualan 2.093 unit.

Sementara pada segmen hatchback, total penjualan pada September mencapai 2.789 unit. Kontribusi terbesar adalah dari penjualan Agya yang mencapai 2.437 unit. Agya dominan dengan kontribusi sekitar 87,4 persen dari total penjualan hatchback Toyota.

“Di segmen entry-hatchback kelas 1.200cc, market share Agya mencapai lebih dari 61%. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200cc,” kata Soeryo.

Review Singkat Toyota Agya

Toyota Agya terakhir kali mendapatkan penyegaran pada April 2017. Mobil yang tersedia dalam lima varian itu dibanderol Rp135,15 juta untuk Agya 1.0 G M/T, sedangkan Agya 1.2 G M/T dibanderol Rp138,25 juta, Agya 1.2 M/T TRD Rp142,45 juta, Agya 1.2 G A/T Rp151,25 juta dan Agya 1.2 A/T TRD Rp155,55 juta.

Toyota Agya hadir sebagai kendaraan dengan kualitas global dan didukung jariangan layanan purna jual yang tersebar luas, membuat Agya banyak diminati masyarakat. Durabilitas mobil yang mengadopsi mesin 1.200cc ini juga sudah teruji di berbagai lomba motorsport.

Agya diposisikan untuk generasi atau yang berjiwa muda. Tersedianya opsi mesin 1.000 cc VVT-i tidak hanya membuat mobil ini lebih irit bahan bakar, tapi juga cukup bertenaga dengan tenaga maksimal 67 PS. Sedangkan Agya dengan mesin 1.200cc dual VVT-i bertenaga 88 PS.

Agya 1.000 cc dan 1.200 cc hadir dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis empat percepatan.

Eksterior Agya telah dibekali dengan lampu utama projector dengan LED light guide serta desain radiator grille berbentuk trapezoid memberi kesan modern.

Desain ‘reverse L-shape’ pada lampu bagian belakang mampu memberikan kesan mewah, modern dan stylish. Penggunaan velg 14 inch dual tone dan kit TRD yang baru menjadikan tampilan Agya makin sporti dan stylish.

Interior Agya dipermanis oleh kombinasi warna hitam dan darker silver yang memberikan kesan elegan. Fitur baru lain yang ditambahkan pada interior Agya di antaranya adalah jok Semi Bucket yang membuat bangku lebih tebal dan makin nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang depan.

Untuk menambah kenyamanan, bangku baris kedua Agya juga sudah dilengkapi head rest untuk seluruh penumpang kabin belakang. (dna)

https://www.carmudi.co.id/journal/toyota-slalom/

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts