Home » Berita » Toyota Avanza Bakal Dijejali Cruise Control?

Toyota Avanza Bakal Dijejali Cruise Control?

Semarang – Pada 15 Januari lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Avanza generasi terbaru. Model yang diluncurkan pada awal tahun ini mengalami beberapa ubahan di bagian eksterior, interior hingga beberapa bagian komponen.

Di bagian depan, mobil ini sudah menggunakan lampu projector pada lampu utamanya. Sedangkan di bagian interior, head unitnya sudah menggunakan model touch screen dan peredaman kabin dibuat lebih baik. Namun, banyak masyarakat yang masih menganggap jika ubahan tersebut kurang.

Masyarakat kerap membandingkan Toyota New Avanza ini dengan LMPV buatan Mitsubishi, Xpander. Mengapa? Selain desain yang lebih segar, Mitsubishi Xpander ini dinilai lebih kaya akan fitur yang disematkannya. Salah satu fitur yang ada pada Xpander tipe termahal adalah adanya cruise control.

Cruise Control Toyota

Fitur cruise control ini akan membuat mobil dapat melaju dengan kecepatan konstan. Pengemudi hanya tinggal menentukan kecepatan konstan yang akan dilalui oleh mobil lewat tombol yang tersedia. Mitsubishi Xpander tipe termahal, yakni Ultimate sudah terdapat cruise control.

Cruise Control Avanza Dinilai Belum Dibutuhkan Oleh Konsumen

Lantas, apakah Toyota New Avanza akan dijejali fitur cruise control juga kedepannya? Andri Widianto, Deputy Division Head Marketing PT TAM menjelaskan hal tersebut. Ia mengatakan jika pihak Toyota sebenarnya sudah memikirkan hal tersebut, hanya saja untuk saat ini konsumen dinilai belum membutuhkan.

“Ada dua hal yang menjadi pertimbangan kami untuk menambahkan fitur (cruise control avanza) tersebut. Yang pertama adalah dilihat lagi apakah konsumen benar-benar membutuhkan fitur tersebut. Yang kedua kita juga harus memastikan kalau nantinya akan ada overspec pada model Toyota New Avanza,” saat dihubungi langsung oleh Carmudi Indonesia, Senin (11/3).

Toyota New Avanza

Lalu, apakah konsumen setia Toyota sudah mulai mempertanyakan fitur tersebut? Ia menambahkan jika konsumen setianya mayoritas belum menanyakan fitur cruise control Avanza tersebut. “Para konsumen ini sejauh ini belum ada yang memberikan masukan mengenai fitur tersebut,” tambahnya.

Namun, kedepannya ia menambahkan jika bisa saja Toyota Avanza akan dilengkapi dengan cruise control. “Kembali lagi kepada kebutuhan konsumen. Jika memang banyak yang menginginkan hal tersebut, tentu saja Toyota akan menambahkan fitur tersebut jika memang dibutuhkan oleh konsumen. Jangan sampai ada fitur-fitur yang nantinya tidak terpakai dan bisa sampai overspec,” pungkas Andri.

Andri mengatakan jika pengguna Toyota Avanza saat ini masih didominasi first buyer dan kalangan refreshment. Sedangkan pengguna lain-lainnya biasanya masih didominasi oleh pengguna yang lebih mementingkan durabilitas pekerjaan. Cruise control Avanza, penting atau sekadar gengsi belaka?

Mitsubishi Fuso
Previous post
Ini Jurus Mitsubishi Fuso Kuasai Segmen Truk di Indonesia
Daihatsu Ayla Turbo
Next post
Mencicipi Daihatsu Ayla Turbo di Kursi Penumpang, Akselerasinya Nggak Nendang