Berita

Toyota Vios Facelift 2020 Mendekat ke Indonesia

Vios Facelift 2020

Toyota Vios Facelift 2020 (Foto: Paultan)

Kuala LumpurToyota Vios facelift 2020 sudah mendekat ke Indonesia. Namun sebelumnya sedan kompak satu ini tak lama lagi akan meluncur di Malaysia lebih dulu. Sayangnya, belum diketahui kapan diluncurkan, tapi baru-baru ini UMW Toyota Motor secara resmi mengumumkan dimulainya pemesanan Toyota Vios facelift.

Sebelumnya Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Malaysia itu melakukan hal serupa ketika akan mendatangkan New Yaris.

Sebagaimana diberitakan Paultan, Senin (16/11/2020) perkiraan harga Toyota Vios facelift 2020 mulai dari 75.701 ringgit atau sekira Rp260 juta untuk varian J, lalu 85.674 ringgit atau Rp294 juta untuk varian menengah E. Sedangkan varian tertinggi Vios G dibanderol 89.232 ringgit atau setara Rp306 jutaan.

Perubahan Eksterior Toyota Vios Versi Facelift 2020

Dari segi desain eksterior, Vios 2020 mendapatkan ubahan sama seperti saudara terdekatnya, Yaris hatchback. Gril dan intake di depan disatukan dengan warna hitam.

Ada juga bumper baru dengan bagian fog lamp yang didesain ulang. Sedangkan lampu depan dan DRL-nya kini mengadopsi LED.

Khusus varian G, Toyota menawarkan aksesori tambahan berupa bibir bumper depan dan belakang, side skirt, dan spoiler sehingga membuat tampilannya beda dari yang lain dan lebih sporty.

Vios Facelift 2020

Kamera 360 derajat di Vios facelift (Foto: Pultan)

Toyota Vios facelift 2020 tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Dark Blue Metallic, Red Mica Metallic, Silver Metallic, dan satu warna unggulan Orange Metallic.

Perubahan Interior

Masuk ke bagian interior, Vios 2020 mendapatkan automatic air conditioning (AC), Optitron meter panel dengan multi-info display, electrochromic rear-view mirror, paddle shifters, drive mode switch.

Sedangkan untuk hiburan di kabin, Toyota menyematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci, dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay.

Mirip seperti New Yaris, Vios versi facelift 2020 juga mendapatkan rangkaian sistem keselamatan dan bantuan pengemudi, Toyota Safety Sense.

Paket ini mencakup pre-collision system (PCS) yang bekerja otomatis ketika kecepatan mobil mencapai 15 km/jam. Sistem ini bekerja dibantu oleh kamera dan radar untuk memperingatkan pengemudi dan membantu pengereman darurat.

Ada juga fitur lane departure alert (LDA), fungsinya memperingatkan pengemudi ketika mobil berjalan tidak sesuai lajur atau keluar dari lajur seharusnya tanpa disengaja. Sistem ini mulai bekerja dari kecepatan 50 km/jam.

Vios Facelift 2020

Tampak samping Toyota Vios Facelift 2020 (Foto: Pautan)

Fitur penunjang keselamatan berkendara lainnya yang juga disematkan adalah kamera 360 derajat, VSC, hill-start assist control, blind spot monitor, serta tujuh airbag.

Mesin

Di bawah kap, Vios terbaru menggunakan mesin 2NR-FE 1.5 liter Dual VVT-i empat silinder. Tenaga yang dihasilkan sebesar 105 hp dan torsi puncak 140 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis jenis CVT dengan mode Shiftmatic 7 kecepatan yang menggerakkan roda depan.

Belum Akan Masuk Indonesia

Toyota Vios facelift 2020 memang mendekat ke Indonesia. Namun PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota belum memilki rencana untuk meluncurkannya. Pihaknya lebih memilih untuk meluncurkan New Yaris terlebih dahulu.

“Pabriknya sama dan produknya (Yaris dan Vios) juga satu platform. Kebetulan saat ini di Indonesia kami fokusnya dengan produk yang paling banyak peminatnya yaitu Yaris,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy belum lama ini.

Vios

Toyota Vios Facelift 2020 belum akan masuk ke Indonesia (Foto: Paultan)

Di samping itu, Anton juga membeberkan asalannya tak mau terburu-buru membawa Vios terbaru, karena mobil jenis sedan kurang diminati di pasar Indonesia.

Sebagai informasi, di Indonesia Toyota Vios terakhir kali mendapatkan penyegaran pada 2018. Beda dari generasi sebelumnya, Vios model 2018 tampil lebih segar dan elagan serta menawarkan kepuasan berkendara yang lebih menyenangkan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Wajah Toyota Vios Terbaru Resmi Diperlihatkan, Termurah Rp198 Jutaan

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts