Tips dan Trik

Trik Lolos Uji Emisi Ternyata Semudah Ini

Jakarta — Trik lolos uji emisi gas buang mobil sebetulnya mudah dilakukan agar tidak terkena sanksi denda atas peraturan yang sudah ditetapkan untuk wilayah DKI Jakarta.

Uji emisi gas buang mobil

Uji emisi gas buang mobil. (Foto: istimewa)

Seperti kita ketahui, per 14 November 2021 lalu telah ditetapkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Adapun pemilik mobil yang kedapatan tidak melakukan uji emisi gas buang kendaraannya akan didenda sebesar Rp500 ribu.

Guna lolos uji emisi gas buang, para pemilik mobil di Jakarta bisa melakukan beberapa trik mudah, salah satunya adalah perawatan mesin seperti mengganti oli secara rutin.

Dengan mengganti oli mesin secara rutin maka kinerja dapur pacu mobil akan selalu optimal sehingga kadar emisi gas buang pun rendah.

Hal senada pun disampaikan oleh Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana.

Dirinya menyampaikan jika interval penggantian pelumas lebih lama dari yang disarankan buku panduan servis, maka fungsinya pun akan menurun.

“Dalam kondisi demikian, gesekan antar komponen semakin besar, mesin pun cepat panas dan akhirnya bereaksi terhadap oli itu sendiri hingga fungsi oli yang salah satunya untuk membersihkan ruang bakar jadi tidak maksimal,” ujarnya seperti yang dikutip dari siaran resmi, Rabu (31/8/2022).

Penggantian oli mesin secara rutin membantu mobil lolos emisi gas buang

Penggantian oli mesin secara rutin membantu mobil lolos emisi gas buang. (Foto: Istimewa)

Selanjutnya, masih menurut Brahma, kondisi ruang bakar pun akan menjadi kotor yang umumnya kotoran tersebut berupa karbon.

Selain menggantinya secara rutin, spesifikasi oli mesin yang dipakai pun hendaknya sesuai rekomendasi pabrikan.

“Oli mesin itu juga dapat ditemui pada produk kami yakni Fastron Series yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan mesin mobil. Bukan saja memenuhi standardisasi API SN, produk PTPL juga dilengkapi teknologi NanoGuard,” lanjut Brahma

Trik Lolos Uji Emisi Lainnya

Proses pengujian emisi gas buang mobil

Proses pengujian emisi gas buang mobil. (Foto: Istimewa)

Selain mengganti oli secara rutin, trik mudah lainnya agar mobil kesayangan dapat lolos uji emisi, para pemilik bisa melakukan beberapa saran ini:

  • Perhatikan kondisi knalpot mobil karena komponen ini sejatinya berfungsi untuk mengubah gas buang beracun menjadi udara bersih.
  • Ganti busi mobil dengan yang baru sebelum uji emisi dan pastikan juga koil dalam keadaan baik.
  • Gunakan bahan bakar yang sesuai anjuran pabrikan dan berkualitas agar membantu pembakaran dalam mesin jadi lebih baik dan sempurna sehingga emisi pun rendah kadar karbon.

Trik lolos uji emisi ternyata sangat mudah kita lakukan, bukan?

Perawatan berkala dan menyesuaikan perawatan mobil dengan buku panduan servis adalah hal wajib.

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts