Mobil

Mobil Baru Juli 2022: dari Toyota Calya hingga Hyundai Palisade

Jakarta – Mobil baru yang meluncur sepanjang Juli 2022 datang dari berbagai merek. Ada yang berstatus All New maupun facelift.

Berdasarkan Catatan Carmudi, setidaknya ada tujuh model mobil baru yang meluncur selama Juli 2022. Ketujuhnya berasal dari lima merek kendaraan seperti Toyota, Daihatsu, Mercedes-Benz, Hyundai, dan Mazda.

Mobil Baru Juli 2022

Toyota New Calya 2022 (Foto: Toyota)

Kehadiran model-model dari berbagai merek tersebut menambah panjang daftar mobil keluaran terbaru yang meluncur sepanjang tahun ini.

Nah, untuk lebih rinci lagi, berikut daftar model mobil baru yang resmi diniagakan ke konsumen sepanjang Juli 2022:

Toyota Calya Facelift

Mobil baru yang meluncur pada Juli 2022 dibuka oleh kehadiran Toyota Calya facelift. Peluncurannya terjadi pada 7 Juli tanpa seremoni.

Toyota Calya terbaru hanya mengalami sedikit pembaruan, tapi cukup untuk membuat tampilannya terlihat lebih sporty, modern, dan nyaman berkat penambahan beberapa fitur baru.

Pembaruan pada Calya facelift bisa dilihat pada bagian gril yang kini tampil dengan desain baru berlapis krom. Lalu ada New Smoked LED Headlamp yang membuat wajahnya tampak lebih atraktif, New Designed 14 Inch Alloy Two Tone Machining berlabur krom, New Shark Fin Antenna, dan Retractable Outer Mirror.

Interior Toyota Calya versi facelift terbaru

Masuk ke kabin, kesan nyaman dan tenang semakin terasa berkat penyematan warna baru Brown & Black with New Black Headlining.

Selain itu hadir juga head unit AVX dilengkapi Bluetooth Connection (varian E) atau Smartphone Mirroring Connection (varian G), yang memberikan kemudahan menghubungkan gadget ke head unit untuk mengakses fitur hiburan.

Seluruh varian Calya facelift dilengkapi dengan sabuk pengaman di seluruh bangku, Dual SRS Airbags di depan, ISOFIX di bangku tengah, Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), Rear Parking Sensor. Khusus varian G ditambahkan parking camera untuk memudahkan pengemudi ketika hendak memarkirkan kendaraan.

Harga Toyota Calya Facelift

Toyota Calya facelift tersedia dalam empat varian. Harga termurahnya berada di angka Rp158 jutaan.

Berikut ini rincian lengkap harga on the road (OTR) Jakarta untuk seluruh varian Calya facelift:

  • New Calya 1.2 E M/T STD Rp158,6 juta
  • New Carlya E M/T Rp161,5 juta
  • New Calya G M/T Rp167 juta
  • New Calya G A/T Rp181,1 juta.

Daihatsu Sigra Facelift

Saudara kembar Calya yang sama-sama bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC), yaitu Daihatsu Sigra ikut mengalami penyegaran.

Peluncurannya dilakukan di waktu yang bersamaan dengan saudaranya. Namun, bedanya Daihatsu mengadakan acara peluncurannya yang bertempat di salah satu mal ternama di Bekasi, Jawa Barat.

Daihatsu Sigra 2022 Harga

(Foto: Carmudi)

Daihatsu Sigra facelift hadir dengan sedikit ubahan baik itu di sektor eksterior maupun interior.

Di bagian terluar, Sigra facelift mendapatkan grill serta smoked LED berwarna gelap, kaca spion samping berwarna hitam, pelek berdiameter 14 inci, dan shark fin Antenna.

Sedangkan pada sektor interior, Sigra tampil dengan nuansa sporty berkat penyematan warna gelap pada area dasbor, headlining, sunvisor, assist grip, rear air circulator, dan frame lampu interior.

Selain itu, penyegaran juga terdapat pada area tempat duduk dengan warna gelap yang semakin menambah kesan sporty.

Harga Daihatsu Sigra Facelift

Daihatsu menawarkan 10 varian Sigra facelift yang bisa dipilih oleh konsumen. Masing-masing varian dibanderol bervariasi, termurah Rp129,5 juta dan termahal RpRp174,7 juta OTR Jakarta.

Detail perbedaan Daihatsu Sigra 2022

(Foto: Carmudi)

Berikut rincian lengkap harga Daihatsu Sigra Facelift:

  • New Sigra 1.0 D MT Rp129,5 juta
  • New Sigra 1.0 M MT Rp140 juta
  • New Sigra 1.2 X MT Rp149,6 juta
  • New Sigra 1.2 X AT Rp185,8 juta
  • New Sigra 1.2 X Deluxe MT Rp186,1 juta
  • New Sigra 1.2 X Deluxe AT Rp161,5 juta
  • New Sigra 1.2 R MT Rp179,5 juta
  • New Sigra 1.2 R AT Rp155 juta
  • New Sigra 1.2 R Deluxe MT Rp179,2 juta
  • New Sigra 1.2 R Deluxe AT Rp174,7 juta.

Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line & C300 AMG Line

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) kembali meramaikan pasar mobil premium di Indonesia dengan meluncurkan dua model All New C-Class pada 17 Juli 2022.

Adapun dua model C-Class terbaru adalah Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line dan C300 AMG Line.

Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line dan C300 AMG Line hadir dengan desain eksterior dan interior yang telah diperbarui. Dari segi eksterior C200 Avantgarde Line mendapat sentuhan krom pada gril dan front apron.

Peluncuran All New C-Class

(Foto: Carmudi)

Sementara C 300 AMG Line punya gril desain gril baru yang dipadukan dengan taburan bintang Mercedes-Benz berwarna krom.

Pada bagian interior, All New C-Class memiliki desain modern dan mewah dengan dasbor model bertingkat. Semakin mewah berkat penyematan layar LCD berukuran 12,3 inci di hadapan pengemudi dan layar sentuh berukuran 11,9 inci di konsol tengah.

Bicara soal dapur pacu, Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line menggendong mesin 1.496 cc bertenaga 204 hp dan torsi 300 Nm, sedangkan C300 AMG Line kepasitas mesinnya lebih besar, yakni 1.999 cc yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 258 hp dan torsi 400 Nm.

Harga Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line dan C300 AMG Line

  • Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line Rp970 juta
  • Mercedes-Benz C300 AMG Line Rp1,095 miliar (off the road Jakarta).
Interior C300 AMG Line

(Foto: Carmudi)

New Mazda2 Sedan & Mazda CX-8

Mobil baru Juli 2022 selanjutnya ada New Mazda2 Sedan dan New Mazda CX-8. Keduanya menawarkan desain serta fitur terbaru.

Sentuhan dan fitur baru yang ada di New Mazda2 Sedan antara lain pelek 16 inci, lampu depan LED projector dengan auto on/off, automatic wiper dengan sensor hujan, wireless charging (Qi) dan G-Vectoring Control.

Jantung pacunya menggunakan mesin berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, SKYACTIV, DOHC, 16 valve, S-VT bertenaga 109 hp pada 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis 6 percepatan.

target penjualan new mazda2 sedan cx-8

Sementara itu, New Mazda CX-8 mendapat ubahan yang tidak terlampau banyak.

Beberapa ubahannya bisa dilihat di bagian gril, bumper bawah dengan aksesn krom, sunroof, pelek desain baru, automatic tailgate di pintu belakang, dan di atap terdapat roof rail.

Harga New Mazda2 Sedan & Mazda CX-8

  • New Mazda2 Rp338,8 juta
  • New Mazda CX-8 Rp795,5 juta (OTR Jakarta).

new mazda2 sedan cx-8

New Hyundai Palisade

Menutup bulan ketujuh di tahun ini, atau tepatnya 29 Juli, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mendatangkan New Palisade.

Model mobil terbaru ini mendapat berbagai pembaruan dari segi interior, eksterior, fitur keselamatan hingga sistem bantuan pengemudi.

Menengok bagian eksterior, New Palisade punya bumper yang telah mengalami pembaruan desain sehingga terlihat menyatu dengan gril.

Terdapat juga fitur Parametric Shield dan Parametric Hidden-Type DRL yang mengintegrasikan gril dan lampu sehingga tampilan lampu tidak terlihat saat mobil dalam keadaan mati.

Tampilan gagah pada SUV bertubuh bongsor ini semakin kental berkat adanya skid plate depan serta nuansa pilar C yang berani dan panoramic view samping.

Mobil Baru Juli 2022

Tampilan Hyundai Palisade terbaru yang diluncurkan di Indonesia. (Foto: Nadya/Carmudi)

Hyundai menyediakan dua pilihan ukuran pelek, 18 inci dan 20 inci.

Suasana kabin New Palisade terasa mewah dengan sentuhan premium. Pada bagian jok terdapat Ventilated Seat yang memberikan rasa nyaman dan sejuk untuk pengemudi maupun penumpang yang duduk di bangku baris pertama dan kedua. Disematkan juga Heated Seat yang memberikan kehangatan saat dibutuhkan.

Sebagai pelengkap, interior New Hyundai Palisade dibekali TFT Color Touch Display Audio 12,3 inci, port USB-C Charging, Single dan Dual Sunroof, Infinity Premium Audio (12 speakers), dan Rear Seat Passenger Talk Mode.

New Palisade juga mendapat fitur tambahan dari Hyundai SmartSense dan Hyundai Bluelink sebagai teknologi konektivitas antara pengguna dan kendaraannya hanya melalui smartphone.

Harga New Hyundai Palisade

  • Palisade Prime Rp842 juta
  • Palisade Signature 2WD Rp977 juta
  • Palisade Signature AWD Rp1,11 miliar

Penulis: Santo Sirait
Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts