Tips dan Trik

Tidak Lolos Uji Emisi? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Dulu

Jakarta – Bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya akan diberikan tenggat waktu untuk diperbaiki.

Pemberlakuan tilang emisi akan dilakukan mulai 13 November 2021 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Nantinya selama 30 hari ke depan pihak Pemprov bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan akan mensosialisasikan hal tersebut.

Hal pertama yang bisa dilakukan jika tidak lolos uji emisi adalah melakukan servis pada kendaraan. Servis dalam hal ini bisa melakukan penggantian oli mesin, pembersihan filter udara mesin, dan pembersihan busi.

Lokasi Uji Emisi Sepeda Motor

Servis Mesin Mobil Sendiri tak lolos uji emisi

Tujuannya adalah agar menghasilkan pembakaran mesin yang lebih optimal. Ketiganya merupakan elemen penting yang harus dimiliki oleh kendaraan yang ingin memiliki gas buang yang baik.

Oli mesin yang baik dan sesuai spesifikasi akan membuat kinerja mesin menjadi lebih ringan. Tak hanya itu, komponen di dalam mesin tentunya akan mendapatkan pelumasan sempurna dari oli yang dijaga kualitasnya.

Sedangkan filter udara yang bersih akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna. Jika filter udara kotor maka setelan campuran bahan bakar dan udara juga tidak akan maksimal, dan ini bisa berpengaruh kepada emisi yang kurang baik.

Piercikan api yang dihasilkan oleh busi juga bisa membuat pembakaran mesin jadi tidak sempurna. Seiring pemakaian biasanya busi akan menjadi hitam akibat kotoran yang diakibatkan dari ruang bakar yang tidak terbakar sempurna.

Jika ketiga hal di atas sudah dibersihkan tetapi hasil uji emisinya belum maksimal, Anda bisa melakukan beberapa cara lagi. Yakni dengan membersihkan jalur filter bensin, injetktor atau karburator, dan pompa bensin.

modifikasi motor beat tak lolos uji emisi

Lakukan servis agar terhindar dari tilang emisi..

Filter bensin umumnya jarang dibersihkan oleh para pemilik mobil lantaran posisinya yang sulit terlihat. Cobalah dengan membersihkan filter bensin sembari membersihkan jalur bahan bakar di sekitarnya.

Selain itu bisa juga melakukan kalibrasi injektor agar semburan bahan bakar yang disemprotkan bisa lebih maksimal. Untuk karburator, bisa dibersihkan secara berkala dari kotoran yang tersedot saat mesin sedang bekerja.

Beberapa cara ini bisa menjadi tips yang bisa Carmudian lakukan ketika mobil kesayangan belum lulus uji emisi. Ingat, uji emisi sebenarnya memiliki manfaat agar kualitas udara menjadi lebih bersih dan lebih baik.

Mobil yang sehat umumnya akan menghasilkan emisi yang rendah. Jangan lupa, pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, karena hal tersebut cukup berpengaruh kepada emisi yang dihasilkan.

Cek Biaya Servis Kendaraan Bermotor

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts