Berita

Ultah ke-60, Aston Martin Keluarkan Vanquish Edisi Terbatas

Siapa yang tak mengenal salah satu pabrikan mobil sport mewah dan grand tourer asal Inggris, Aston Martin. Menjelang ulang tahun ke-60, Aston Martin dikabarkan akan segera mengeluarkan mobil sport grand tourer yang hanya diproduksi sebanyak enam buah, yaitu Aston Martin Vanquish edisi terbatas (limited edition).

Model dari Aston Martin Vanquish edisi terbatas ini, rencananya akan merefleksikan salah satu dari enam dekade yang akan dirayakan. Salah satu model Vanquish yang sudah diperkenalkan ini mengusung fitur eksterior yang dibalut dengan warna putih, dan disematkan pelek alloy berwarna kuning emas two-tone.

(Aston Martin Vanquish Edisi Terbatas/Aston Martin)

(Aston Martin Vanquish Edisi Terbatas/Aston Martin)

Keunikan model Aston Martin Vanquish edisi terbatas ini kembali terlihat dari fitur kabin yang hanya menggunakan dua kursi dan dibalut dengan warna gelap, sehingga terlihat sangat kontras dengan warna kuning di bagian eksteriornya. Selain itu, di bagian trim-nya digunakan material berbahan serat karbon dan terlihat bergelombang.

Lempengan sill spesial juga dibenamkan pada Aston Martin edisi terbatas ini, dengan tombol putar bespoke yang dibuat dari material berbahan metal seperti yang dipergunakan pada mesin-mesin Aston Martin sebelumnya.

Mesin dan Performa

Seperti halnya dengan model Aston Martin Vanquish edisi standar,maka untuk model Aston Martin 60th Anniversary Limited Edition juga dibekali dengan mesin V12 berkapasitas 6.0 liter, yang mampu menghantarkan tenaga sebesar 568 dk (423 kW) dan torsi maksimalnya mencapai 630 Nm. Mengusung transmisi otomatis delapan percepatan, Vanquish edisi terbatas ini sanggup melakukan akselerasi dari 0-60 mph dalam tempo 3.6 detik, sebelum mencapai kecepatan maksimal mencapai 321 km/jam.

(Aston Martin Vanquish Edisi Terbatas/Aston Martin)

(Aston Martin Vanquish Edisi Terbatas/Aston Martin)

Aston Martin sudah lama dikenal oleh publik luas, ketika pabrikan asal Inggris ini menyertakan salah satu mobil sport grand tourer mereka dalam sebuah film fiksi James Bond di era 1950 dan 1960-an, Aston Martin DB5, yang berjudul Goldfinger. Sementara di era modern, merek ini juga tetap dijadikan salah satu kendaraan yang digunakan oleh James Bond, di mana kali ini adalah Aston Martin DBS V12.

Kerja Sama dengan Mercedes-AMG

Pada 2013 lalu, Aston Martin meneken kontrak kerja sama dengan Daimler AG untuk menyuplai pembangkit tenaga Mercedes-AMG terbaru, di mana pabrikan raksasa asal Jerman tersebut kini menguasai sekitar 5% kepemilikan saham Aston Martin.

Sementara itu, Mercedes-AMG juga bertindak sebagai penyuplai untuk sistem kelistrikan Aston Martin. Kerja sama teknis ini secara tak langsung akan mendukung peluncuran model terbaru Aston Martin, baik dalam hal pengembangan teknologi terbaru dan juga mesin-mesin V8.

(Aston Martin Vanquish Edisi Terbatas/Aston Martin)

(Aston Martin Vanquish Edisi Terbatas/Aston Martin)

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts