HomeBeritaPenantang Calya-Sigra dari Suzuki Belum Juga Muncul, Ini Alasan Suzuki

Penantang Calya-Sigra dari Suzuki Belum Juga Muncul, Ini Alasan Suzuki

Suzuki Karimun Wagon 7 seater (Foto: Indianautosblog)

New Delhi – Maruti Suzuki selaku pabrikan mobil di India telah lama menunjukkan Wagon R 7 seater. Bahkan mobil jenis Multi Purpose Vehicles (MPV) itu pernah tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 dalam bentuk konsep.

Kala itu diprediksi mobil tersebut akan menjadi Suzuki Karimun Wagon R 7 seater untuk menemani versi hatchback yang sudah lebih dulu meluncur.

Lima tahun sudah berlalu, tapi tidak ada kejelasan kapan pesaing Toyota Calya dan Daihatsu Sigra itu akan mulai dipasarkan.

Maruti Suzuki selaku pihak yang mengembangkan Wagon R 7 seater beralasan jika pihaknya masih ragu untuk menghadirkannya.

Pasalnya saat ini di India saja permintaan untuk mobil MPV 7 seater mengalami kemerosotan.

“Kami mempelajari segmen MPV, dan pasar di segmen itu sedang menyusut, volume terlalu rendah. Dan jika masyarakat membutuhkan mobil 7 kursi, kami akan menawarkan Suzuki Omni dan Eeco. Selain itu kami juga memiliki Ertiga,” ujar CV Raman, Senior Executive Director Engineering Maruti Suzuki, seperti dukutip dari Indianautosblog.

Berbeda dengan pasar India, di Indonesia sendiri justru segmen Low Cost Green Car (LCGC) MPV sangat subur. Namun dari beberapa pabrikan yang bermain di segmen LCGC hanya Honda dan Suzuki saja yang belum memiliki MPV.

“Masih wait and see. Jadi kami masih lihat dulu komposisi pasar gimana dengan LCGC atau LCEV,” ujar 4W Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, belum lama ini di arena GIIAS 2018.

Suzuki Karimun Wagon 7 seater (Foto: Indianautosblog)

Dirinya menambahkan belum adanya LCGC MPV di Suzuki karena memang ini merupakan bagian dari strategi yang diciptakan oleh perusahaan. Namun dirinya tidak menampik bahwa segmen LCGC MPV di dalam negeri begitu mengiurkan.

Generasi Penerus Wagon R Hatchback Segera Meluncur

Berbeda dari Wagon R 7 seater, Wagon R versi hatchback dengan tampilan serba baru tidak lama lagi akan hadir. Diperkirakan paling cepat meluncur di India akhir tahun ini.

Menurut laporan, nantinya Wagon R versi hatchback akan menjalani proses pengembangan lebih lanjut supaya bisa digerakkan oleh motor listrik.

Diprediksi Wagon R hatchback bertenaga listrik bakal keluar setelah 2020.

Seorang sumber yang dekat dengan perusahaan mengatakan, “WagonR EV akan menjadi mobil listrik pertama yang diluncurkan oleh perusahaan, pada tahun 2020. Kemungkinan besar mobil akan diproduksi di pabrik Suzuki di Gujarat, India. Sebab pabrik tersebut memiliki fasilitas yang dapat memproduksi baterai berkat kemitraan antara Suzuki, Toshiba dan Denso (Perusahaan Toyota), ” kata salah seorang sumber dekat perusahaan.

Sumber juga mengatakan bahwa selain di Gujarat pihaknya juga punya pilihan lain untuk memproduksi Wagon R EV seperti di pabrik Suzuki Manesar atau Gurugram.

Suzuki Wagon R (Foto: Indianautosblog)

“Ada banyak pilihan. Banyak yang berpikir produksinya akan akan dilakukan di pabrik Gujarat karena pabrik baterai ada di sana, tetapi tidak menutup kemungkinan produksinya juga bakal dilakukan di Manesar atau Gurugram (di Haryana),” katanya.

Untuk diketahui, saat ini Wagon R diproduksi di pabrik Gurugram. Kemungkinan akan tetap berlanjut di sana meskipun produksi baterai dan komponen terpusat di Gujarat. (Z)

Honda Bekjul
Previous post
Kreatif, Modifikasi Honda Bekjul Tua Jadi Motor Listrik
mobil terbakar
Next post
Berita Sepekan Carmudi: Mobil BMW Dilarang Beredar hingga Wuling Motors Geser Nissan dan Datsun