: Disarankan
Premium

75 Juta Nego

Kabupaten Sukoharjo

Carsentro Solo
  • 45,009 Km

Daihatsu Ayla D Plus 2015 bekas warna putih ini dijual oleh Carsentro Solo. Dealer ini berlokasi di Jl. Ir. Soekarno, Madegondo, Sukoharjo Regency, Central Java, Indonesia. Di dalamnya terdapat ...

Premium

82 Juta Nego

Semarang

Carsentro Semarang
  • 51,637 Km

Daihatsu Ayla X Elegant Mt 2014 bekas warna putih ini dijual oleh Carsentro Semarang. Dealer ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Karangkidul, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat fitur ...

Premium

85 Juta Nego

Semarang

Carsentro Semarang
  • 24,098 Km

Daihatsu Ayla M 2017 bekas warna merah ini dijual oleh Carsentro Semarang. Dealer ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Karangkidul, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat fitur interior Ai...

Premium

87 Juta Nego

Semarang

Carsentro Semarang
  • 36,111 Km

Daihatsu Ayla X 2016 bekas warna putih ini dijual oleh Carsentro Semarang. Dealer ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Karangkidul, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat fitur interior Ai...

Premium

89 Juta Kredit tersedia

Tangerang

OTOTRAC
  • 10,000 Km

Daihatsu Ayla X airbags th 2016 manual hitam,tgn 1 dr baru,kondisi body interior mesin kaki2 ban full orisinil,siap pakai,harga kredit rp.89jt,bursa mbl palem semi C1 no 1+51 "OtotraC" karawaci T...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Daihatsu Ayla di Indonesia

harga daihatsu ayla

Adanya kebijakan pemerintah tentang mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) di Indonesia dipelopri dengan keberadaan Daihatsu Ayla. Bersamaan masuk dengan sang saudaranya Toyota Agya, membuat kedua mobil kecil ini menjadi tonggak sejarah baru di dunia otomotif Indonesia.

Pada awalnya masyrakat yang penasaran dan ingin mobil yang murah sangat tertarik untuk memiliki variasi mobil kecil ini di rumahnya. Seiring perjalanan waktu, munculnya banyak mobil murah membuat keberadaan Daihatsu Ayla semakin terancam. Bentuknya yang mungil, irit, murah, dan ramah lingkungan menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli kendaraan jenis ini.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Pemerintah yang mencanangkan program mobil murah atau mobil dengan harga di bawah Rp 150 juta karena ingin menyasar konsumen sepeda motor yang ingin beralih untuk memiliki kendaraan roda empat dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kalangan menengah ke bawah yang ingin memiliki kendaraan roda empat juga menjadi targetnya.

Pada dasarnya, mobil ini memang di desain dan ditawarkan khusus untuk konsumen di Indonesia. Untuk Daihatsu Ayla ada beberapa tipe yang disodorkan, seperti tipe D, M, X, dan Elegant. Bagi mereka yang gemar tampil dinamis, kini Ayla juga tersedia dalam model sporti.

Review Daihatsu Ayla di Indonesia

Daihatsu Ayla diperkenalkan untuk kali pertamanya di ajang IIMS 2012 lalu, tapi baru pada tahun 2013 Daihatsu Ayla mulai dijual. Tapi, jika kembali menelisik sebelumnya mobil kecil ini sudah dikenalkan jauh hari sebelum kebijakan mobil murah dari pemerintah diterbitkan. Ayla dihadirkan sebagai mobil kompak terbaru di Indonesia, dengan konsep mobil murah dan ramah lingkungan serta mampu menampung hingga lima orang penumpang. Dalam hal ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berperan dalam hal perencanaan, pengembangan, serta produksi Ayla.

Daihatsu Ayla merupakan tonggak dalam sejarah otomotif di Tanah Air. Tak hanya sebagai jawaban untuk pemerintah yang menyarankan tentang adanya mobil berjenis LCGC (Low Cost Green Car), tapi juga karena Ayla merupakan produk otomotif yang untuk kali pertamanya di desain oleh orang Indonesia. Kini sudah banyak unit Daihatsu Ayla yang dijual di Indonesia, karena sebagai pelopor mobil murah tentu keunggulan dalam sisi penjualan juga masih didominasi merek tersebut.

SKOR PENILAIAN CARMUDI untuk Daihatsu Ayla

 

DESAIN INTERIOR

3 bintang

SPESIFIKASI MESIN

2.5 bintang

DESAIN EKSTERIOR

3 bintang

KONSUMSI BAHAN BAKAR

5 bintang

FITUR KENDARAAN

2.7 bintang

HARGA UNTUK KUALITAS

4.5 bintang

Daihatsu Alya total skor keseluruhan oleh pengulas Carmudi:
3.5 bintang

 

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla

Dimulai dari kelebihan Daihatsu Ayla, selain harganya yang murah, mobil ini juga memiliki kabin yang cukup lega di dalam. Kemudian suku cadang juga mudah dicari dan murah. Selain kabin yang cukup lega, kapasitas penyimpanan bagasi juga termasuk luas untuk jenis mobil mungil.

Sedangkan untuk efisiensi bahan bakar sudah tak perlu dipertanyakan lagi, karena Ayla mengusung mesin yang kecil. Karena bentuknya yang mungil dan kompak, Ayla sangat enak untuk bermanuver di tengah kepadatan lalu lintas. Begitu juga ketika melintas di jalanan yang sempit, Ayla sangat enak dan nyaman dikemudikan.

Sementara untuk kekurangan Daihatsu Ayla, tenaga yang dihasilkan sangat kecil sama dengan ukurannya. Lalu, fitur-fitur yang disematkan juga tak banyak dan tak terlalu lengkap, karena Ayla memang diposisikan sebagai mobil murah. Dengan bobot bodinya juga ringan, membuat stabilitas Ayla terasa kurang baik. Hasilnya, faktor kenyamanan menjadi sedikit terganggu. Konsumsi bahan bakar yang irit karena kapasitas mesin yang kecil juga berimbas pada performa Ayla yang tak bisa responsif.

Spesifikasi dan Performa Daihatsu Ayla

Daihatsu membekali Ayla dengan mesin berkapasitas 1.0 liter (998 cc), DOHC, 3-silinder, 12-katup. Alhasil, tenaga maksimal yang mampu dihasilkan hanya berkisar 65 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 8.7 kg-m pada 3.600 rpm. Total tenaga yang dihasilkan tersebut, terbilang hanya setengah dari tenaga maksimal yang dihasilkan oleh Honda Jazz, yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 120 PS. Sistem bahan bakar yang dipergunakan EFI, dengan kapasitas tangkinya 33 liter. Untuk transmisinya disodorkan dalam dua pilihan, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

jual daihatsu ayla

Konsumsi BBM Daihatsu Ayla

Untuk pemakaian mobil di dalam kota, pemakaian BBM Daihatsu Ayla berkisar di angka 10 km/liter sementara untuk pemakaian mobil di luar kota berkisar di angka 19 km/liter.

Fitur Daihatsu Ayla

Fitur-fitur terbaru terus ditambahkan Daihatsu pada Ayla, termasuk varian Ayla Airbag.

Fitur Hiburan dan Kenyamanan

  • Sistem Audio 2 DIN Integration
  • Meter Combination
  • Multi Information Display
  • ECO Indicator
  • Rear Wiper
  • Air Ventilator
  • Air Intake Resonator
  • Speaker belakang

Fitur Keamanan

  • Dual SRS Airbag
  • Pretensioner
  • Force Limiter
  • Body Reinforcement
  • Brake Pedal Assist
  • Side Impact beam

Desain Daihatsu Ayla

Desain Interior

Daihatsu Ayla terkenal mungil diluar, tapi di dalam justru berbeda. Kesan yang luas langsung timbul jika melihat sisi interiornya. Dengan ukuran 3.600 x 1.600 x 1.520 (mm), Daihatsu Ayla mampu menampung 5 orang dan masih muat dengan barang bawaan lainnya. Area dasbor juga mendapatkan sentuhan yang sangat menarik, di mana untuk sistem audio sudah digunakan model 2 DIN Integration Audio System. Selain itu, tampilan sistem informasinya sudah digital.

Desain Eksterior

Sisi desain ekterior yang modern juga muncul dari pertama kali melihat mobil imut ini. Berbeda dengan model mobil murah lainnya yang sejenis sebut saja Suzuki Wagon R yang lebih kotak-kotak. Daihatsu Ayla justru lebih dinamis dengan desain yang membulat. Pilihan warna yang ditawarkan juga sangat bervariatif, sehingga kalangan muda tertarik untuk memiliki Ayla.

Tak hanya tampil dengan model standar dan elegan, karena Daihatsu Ayla kini juga memiliki varian sporti. Model terbaru ini diperkenalkan untuk mereka yang gemar tampil dinamis, selain dari kelengkapan tambahan yang diberikan, seperti Front Pretensioner Seatbelt, Dual SRS airbags, side impact beam, dan juga pedal kopling yang tak akan membalik secara tiba-tiba.

Pilihan Warna

Pilihan warna yang bisa dipilih untuk Daihatsu Ayla diantaranya adalah Ed Solid, Light Blue Metallic, Dark Grey Metallic, Classic Silver Metallic, Ultra Black Solid dan Icy White Solid.

Kompetitor Daihatsu Ayla

Berada di segmen kendaraan murah dan ramah lingkungan (LCGC), selain bersaing dengan saudara kembarnya Toyota Agya, Daihatsu Ayla juga berhadapan dengan Suzuki Wagon R, Datsun Go Panca dan Honda Brio. Persaingan di segmen ini dipastikan akan semakin sengit, karena para kompetitor Ayla sudah menyiapkan beragam fitur dan kelengkapan untuk bisa menggeser dari posisi puncak sebagai kendaraan perkotaan yang murah.

Harga Daihatsu Ayla dan Ketersediaan

Sebagai mobil perkotaan yang murah, ketetapan harga yang diberikan pemerintah adalah membanderol mobil-mobil jenis ini di bawah Rp 150 juta. Oleh karena itu pabrikan Daihatsu Indonesia mematok harga mobil baru Daihatsu Ayla mulai dari Rp 87.050.000. Sementara untuk mencari harga mobil bekasnya, sila menilik ke laman Carmudi Indonesia, yang sudah menyediakan beragam informasi terkait dengann mobil tersebut dan model-model mobil lainnya lansiran Daihatsu.

jual beli daihatsu ayla

Kesimpulan

Daihatsu Ayla tampil sebagai mobil murah dan ramah lingkungan. Dengan desain bodi yang mungil dan kapasitas mesin yang kecil, kemungkinan konsumsi bahan bakar yang diperoleh lebih irit. Hal ini pun berimbas pada performa mobil, yang tak bisa melaju dengan impresif. Namun, bagi kalangan anak muda dan mereka yang menginginkan sebuah city car harian, Ayla bisa diandalkan dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Meskipun dihadirkan sebagai mobil murah, tapi karena kebijakan pemerintah yang menetapkan kalau mobil-mobil berjenis LCGC tak boleh menenggak bahan bakar bersubsidi, banyak konsumen yang berpikir ulang untuk membeli mobil jenis ini. Hal ini tak lain karena masih banyak mobil sejenis lain yang lebih baik dari Ayla dan banderolnya lebih murah.


Mau tahu jika Daihatsu Ayla adalah mobil yang tepat untukmu? Atau kamu punya pertanyaan seputar pendanaan, asuransi atau perawatan? Carmudi punya beberapa artikel menarik yang dapat menuntun kamu ke mobil impian.