Berita

Ini Alasan Pajero Sport Bekas Masih Banyak Diburu Konsumen

Promo Mitsubishi

MMKSI tawarkan promo menarik untuk pembelian New Pajero Sport (Foto: MMKSI)

JakartaTren otomotif di Indonesia memang unik. Hingga saat ini konsumen di Tanah Air masih suka dengan mobil berkapasitas 7 penumpang. Segmen yang ada untuk memenuhi pasar adalah MPV (multipurpose vehicle) dan SUV (sport utility vehicle).

Harus diakui kalau kedua segmen ini peluang pasarnya sangat besar di Indonesia. Dimana segmen MPV menjadi nomer satu andalan pabrikan semua merek. Sedangkan segmen SUV menempati urutan kedua di pasar otomotif Indonesia.

Mengerucut berbicara segmen SUV di antara model-model yang ada dan sering diburu adalah Mitsubishi Pajero Sport. Baik yang baru mapun bekas. Banyak alasan mengapa SUV ini dicari, di antaranya harga yang kompetitif dan memiliki banyak varian.

Seperti diketahui, Mitsubishi Pajero Sport masih banyak ditemui di pasar mobil bekas dan kebanyakan menjadi pilihan konsumen sebagai mobil SUV yang bertenaga. Bahkan harga jual kembalinya masih stabil didukung oleh nama besar Mitsubishi di Indonesia.

Jaminan Purna Jual dan Fitur

Memang, bahwa Mitsubishi dikenal sebagai salah satu merek yang memiliki layanan purnah jual terbaik di Indonesia. Di Tanah Air, Pajero Sport berkonfigurasi 7 tempat duduk berhadapan langsung dengan Toyota Fortuner, Isuzu MUX dan Nissan Terra.

Nissan Terra (Foto: NMI)

Mitsubishi memberikan berbagai pilihan varian bagi Pajero Sport, ada 4 tipe yang masih dipasarkan. Diantaranya ada Pajero Sport Exceed 4×2, Pajero Sport GLX 4×2, Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4 dan Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2.

Di kelas mobil SUV bekas, harga Mitsubishi Pajero Sport cukup bersaing dengan merek lainnya. Bicara masalah harga, bila dibandingkan dengan Toyota Fortuner memang tak beda jauh.

Misalnya Mitsubsihi Pajero Sport Exceed A/T 2009 di situs jual beli mobkas Carmudi hampir rata-rata dijual di harga Rp 190 juta hingga Rp 205 juta. Sedangkan untuk Toyota Fortuner tahun yang sama juga mempunyai harga jual yang hampir sama yakni Rp 190 juta hingga Rp 210 juta

Akan tetapi yang menjadi pembeda antara kedua merek tersebut adalah variannya. Pada Mitsubishi Pajero Sport memiliki banyak varian yang tentunya akan menawarkan banyak kelebihan yang memang dibutuhkan oleh pemburu mobil bekas.

Dengan harga yang sepadan, Mitsubishi Pajero Sport bekas memberikan nilai lebih dari segi kelengkapan. Banyaknya pilihan varian Mitsubishi Pajero Sport yang ada di setiap generasi jadi peluang bagi pemburu mobil bekas untuk memiliki SUV idaman.

Tidak bisa dipungkiri masih cukup tingginya harga baru Mitsubishi Pajero Sport, membuat beberapa orang akhirnya lebih memilih versi bekasnya. Varian bekas Pajero Sport generasi kedua, tidak dipungkiri memang banyak diminati.

Antar Generasi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama dirilis pada tahun 2009. Total ada empat varian Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama yakni GLX 4×4 M/T, Exceed 4×2 A/T, Exceed 4×4 A/T dan GLS M/T. Semua tipe tersebut menggunakan mesin yang sama, yakni unit 2.477 cc DI-D DOHC Common Rail Turbocharged Intercooled yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 136 dk pada 3.500 rpm.

Pajero Sport generasi pertama berkode K80

Pajero Sport generasi pertama berkode K80

Pada tahun 2011, Mitsubishi Pajero Sport menghadirkan mesin baru yang dipasang di varian termahal dan tertinggi, yakni Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Lalu pada tahun 2013, Mitsubishi melakukan facelift terhadap Pajero Sport.

Saat itu, varian GLS disuntik mati hanya saja varian lainnya seperti Exceed, GLX dan Dakar tetap eksis. Baru pada 2016, Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua yang hadir dengan wajah dan mesin baru hadir dengan lima varian Pajero Sport sekaligus yakni Exceed 4×2 M/T, Exceed 4×2 A/T, GLX 4×4 M/T, Dakar 4×2 A/T, dan Dakar 4×4.

Selain mempunyai desain Dynamic Shield, banyak fitur unggulan yang diberikan Pajero Sport untuk melumpuhkan merek lawan, diantaranya fitur Adaptive Cruise Control, Pengereman ABS, EBD, dan BA. Lalu AC Auto Dual Zone, 8-speed automatic transmission, Variable Geometry Turbo, Forward Collision Mitigation System.

Tak ketinggalan ada Active Stability & Traction Control serta Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System. Nah sekarang Anda punya gambaran sebelum memilih sebuah mobil SUV idaman.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts