Sumber informasi

Spesifikasi dan Harga Suzuki Ertiga Bekas, Mulai Harga Rp90 Jutaan

Suzuki Ertiga

Suzuki telah lakukan penyegaran pada 2018 di bagian eksterior dan interiornya. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Di tengah pamor SUV yang meranjak naik, segmen MPV justru belum bisa hilang dari hati masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, MPV bekas yang memiliki harga cukup menggoda pun jadi pilihan terbaik, salah satunya Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga sendiri mengalami penyegaran pada 2018 lalu. Mobil ini pun mendapat beberapa pembaruan di bagian eksterior serta interiornya.

Selain itu, Ertiga terbaru turut dibenamkan mesin baru K15B yang diklaim dapat mengeluarkan tenaga lebih kuat dibandingkan mesin sebelumnya, serta memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit dan efisien.

Namun, di tengah pandemi corona (covid-19) sekarang ini, banyak orang lebih memilih membeli mobil bekas dibandingkan versi barunya karena harga mobil bekas yang lebih murah dan terjangkau.

Selain itu, kondisi mobil bekas kebanyakan masih terlihat seperti baru pada bagian eksterior dan interiornya. Suzuki Ertiga bekas pun menjadi salah satu mobil yang banyak dilirik calon konsumen. Namun, alangkah baiknya jika mengetahui spesifikasi Ertiga bekas terlebih dahulu.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Bekas

Spesifikasi dan harga Suzuki Ertiga bekas. (Foto: Carmudi)

Sebagai informasi, Suzuki Ertiga pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2012 silam. Ertiga generasi pertama ini hanya didukung dengan single blower Air Conditioner (AC) dan transmisi manual.

Meskipun demikian, mobil tersebut menjadi pesaing kuat Toyota Avanza di segmen mobil MPV. Carmudi telah rangkum spesifikasi Suzuki Ertiga keluaran tahun 2014 yang ada di situs mobil bekas Carmudi sebagai berikut.

Mesin

Suzuki Ertiga tahun 2014 ini dibenamkan mesin jenis VVT K14B berkapasitas 1.400 cc, 4 silinder. Mesin mobil tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 93,7 Hp pada 6.000 Rpm, serta torsi maksimal 130 Nm pada 4.000 Rpm.

Untuk membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan efisien, pihak Suzuki telah menyematkan teknologi Multi Point Injection pada mobilnya ini.

Disematkan juga suspensi-suspensi yang handal dan mumpuni, yaitu suspensi MacPherson Strut with Coil Sping pada bagian depan dan Torsion Beam with Coil Spring di bagian belakang.

Di sisi lain, Ertiga ini ditawarkan dalam dua transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan matik 4 percepatan.

Eksterior

Jika melihat tampilan mobil ini, terlihat elegan dan modern dengan memiliki desain eksterior yang cukup ramping. Pada bagian depan, terdapat gril dilapisi krom dengan garis horizontal yang menambah kesan elegan pada tampilan mobil.

Jika dilihat secara sekilas, bagian depan Ertiga ini terlihat mirip seperti depannya Suzuki Swift. Di sisi lain, Ertiga 2014 dilengkapi headlamp bergaya modern dengan multi reflektor serta lampu halogen.

Pada bagian bumper, mobil tersebut disematkan fog lamp atau lampu kabut dan stoplamp atau lampu rem yang didesain futuristik.

Turut disematkan gril tambahan sebagai pendingin alami mesin mobil ini. Pada bagian samping mobil ini, terlihat memiliki ground clearance atau jarak bodi bawah ke tanah yang cukup tinggi khas mobil MPV pada umumnya.

Selain itu, terdapat spion yang sudah disematkan teknologi elektrik baru, yakni New Electric Folding Outside Mirror, serta ban dengan velg atau pelek berukuran 15 inci.

Di bagian belakang, Ertiga 2014 ini memiliki rear lamp yang didesain simpel sehingga terkesan sederhana. Turut disematkan gril dengan tambahan rear under guard di bagian bawah.

Interior

Interior Suzuki Ertiga bekas. (Foto: Carmudi)

Interior Suzuki Ertiga keluaran 2014 ini tidak kalah menarik dengan eksteriornya. Terdapat perpaduan warna beige pada layout kabin dan jok kursi.

Mobil tersebut menggunakan bahan plastik yang terkesan sederhana dan simpel di setiap sudut interiornya. Di sisi lain, desain dasbor Ertiga 2014 terlihat modern dengan adanya paduan warna coklat dan beige.

Selain itu, turut disematkan panel instrumen serta fitur radio, audio, AUX, CD, dan USB. Terdapat juga MID (Multi Instrument Display) yang dilengkapi dengan layar informasi digital dan spidometer.

Di bagian setir kemudi, terdapat kontrol audio agar pengemudi mobil ini bisa mengatur audio mobilnya tanpa harus kehilangan konsentrasi selama berkendara.

Untuk kapasitas penumpang, Ertiga ini memiliki tiga baris kursi yang dapat menampung sebanyak 7 orang penumpang. Jika membutuhkan ruang bagasi yang lebih luas untuk menaruh barang, pengguna mobil dapat melipat kursi baris ketiga.

Fitur

Mobil Suzuki ini sudah disematkan berbagai fitur yang cukup lengkap dan canggih, termasuk fitur keselamatannya.

Ertiga 2014 ini dilengkapi dual SRS Airbag (khusus tipe tertinggi), serta side impact beam di bagian samping untuk melindungi pengemudi serta para penumpang jika terjadi tabrakan atau benturan keras.

Khusus tipe tertinggi Ertiga tersebut, dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System) serta EBD (Electronic Brake-Force Distribution).

Terdapat juga fitur keamanan pada semua tipe Ertiga 2014 seperti keyless entry with Immobilizer. Namun pada tipe terendah mobil tersebut, belum disematkan fitur kenyamanan seat adjuster.

Harga Suzuki Ertiga Bekas

Berikut ini adalah hasil rangkuman harga Suzuki Ertiga bekas dari listing Carmudi:

  • Suzuki Ertiga tahun 2012 seharga Rp90-120 jutaan
  • Suzuki Ertiga tahun 2013 seharga Rp95-130 jutaan
  • Suzuki Ertiga tahun 2014 seharga Rp95-140 jutaan
  • Suzuki Ertiga tahun 2015 seharga Rp90-145 jutaan
  • Suzuki Ertiga 2016 seharga Rp90-150 jutaan
  • Suzuki Ertiga 2017 seharga Rp120-160 jutaan

Spesifikasi dan Harga Suzuki Ertiga Baru 2020

Spesifikasi dan harga All New Suzuki Ertiga. (Foto: Istimewa)

Seperti diketahui sebelumnya, Suzuki Ertiga telah mendapatkan pembaruan pada bagian eksterior dan interiornya. Mesinnya turut mendapatkan pembaruan. Ertiga terbaru dibenamkan mesin baru tipe K15B berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC VVT.

Mesin tersebut nantinya ‘dikawinkan’ dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan CVT. Mesin Ertiga terbaru ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 102 Hp pada 6.000 Rpm, serta torsi maksimal 138 Np pada 4.400 Rpm.

Di sisi lain, pada bagian eksterior, Ertiga terbaru telah disematkan headlamp yang memiliki desain lebih pipih dan terkesan sporty serta kekinian.

Tidak hanya itu, Ertiga terbaru ini juga sudah disematkan gril berdesain elegan dengan dilapisi krom dan logo S khas mobil Suzuki. Namun, ini hanya ada pada tipe GL dan GX.

Selain itu, bagian belakang Ertiga terbaru sudah disematkan New Alloy Wheels Two Tone Black Polished yang memberikan kesan premium pada mobil ini.

Interior Suzuki Ertiga. (Foto: Istimewa)

Turut mendapatkan penyegaran, interior Ertiga terbaru telah disematkan dasbor baru dengan wooden pattern atau motif kayu dan head unit touch screen audio.

Khusus varian GX, head unit-nya sudah dilengkapi dengan colokan USB dan panel UX agar pengemudi serta para penumpang bisa mendengarkan musik kesukaan dan tidak merasa bosan selama perjalanan.

Berikut ini harga Suzuki Ertiga terbaru 2020 yang dirangkum dari web resmi Suzuki.

  • ALL NEW ERTIGA GA – MT Rp207 juta
  • ALL NEW ERTIGA GL – MT Rp226,5 juta
  • ALL NEW ERTIGA GL – AT Rp237 juta
  • ALL NEW ERTIGA GX – MT Rp240,5 juta
  • ALL NEW ERTIGA GX – AT Rp251 juta

 

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts