BeritaProduk

Impresi Mencicipi All New Honda BR-V di Pabrik Honda

Karawang – Pada hari Senin (29/11/2021) kemarin PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak sejumlah media untuk mencicipi impresi berkendara All New BR-V. Pengetesan tersebut dilakukan secara terbatas di test course milik pabrik Honda, Karawang, Jawa Barat.

Kebetulan Carmudi mendapatkan kesempatan untuk mencicipi LSUV andalan Honda tersebut. Pada saat pengetesan HPM menyediakan 2 unit mobil yang bisa digunakan.

all new br-v

Yang pertama adalah Honda BR-V generasi pertama dan kedua adalah All New BR-V tipe Prestige dengan Honda Sensing. Lantas, seperti apa impresi berkendaranya?

Impresi Berkendara All New BR-V

Performa Meningkat

Ada 3 hal yang bisa kami rasakan dari perbedaan Honda BR-V generasi lama dan baru. Yang pertama adalah soal performa mesin yang kini sedikit lebih ‘galak’ di putaran bawah.

Namun sayang seribu sayang, kami hanya diberikan waktu pengetesan yang amat sangat singkat. Saking singkatnya bahkan waktunya tak sampai 1 menit mencicipi mobil tersebut.

Namun setidaknya kami bisa mendapatkan gambaran rasa berkendaranya. Pihak Honda mengklaim jika performa mesinnya naik hingga 5%.

Hal tersebut membuat torsi mesin maksimum lebih mudah diraih sejak rpm rendah. Selain itu mesin di generasi ini juga diperkuat dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik hingga 3%.

Pada saat pengetesan, kami dihadapkan dengan tikungan pertama berbentuk ‘U’. Saya merasa jika handling dan suspensinya terasa jauh lebih baik.

Memasuki trek lurus saya menginjak pedal gas dalam-dalam dan hasilnya mesin terasa cukup responsif. Tanpa terasa kecepatan mobil sudah mencapai angka 120 km/jam dengan putaran mesin di posisi 5.500 rpm.

Kabin Lebih Kedap

Saat melaju kencang ini kami juga merasakan jika kekedapan kabinnya jauh lebih baik dari versi lama. Walaupun kecepatan tinggi dan putaran mesin tinggi tetapi road noise bisa diredam dengan sangat baik.

Menurut klaim Honda mereka memberikan sistem insulasi suara pada beberapa titik. Efeknya kebisingan bisa lebih diredam hingga 60% lebih baik.

all new br-v

Pemasangan insulasi udara tersebut dimulai dari firewall insulator, bawah dasbor, inner fender, sela-sela pintu, bawah fender depan, bawah kap mesin, hingga dek bawah mesin.

Tak hanya itu, Honda juga memberikan lapisan spray foaming untuk menutupi lubang yang ada di bagian bawah chasis. Efeknya spray foaming tersebut bisa mengurangi kebisingan suara, bau dari luar dan masuknya debu ke dalam kabin.

Selain itu ada juga penutup Uretan yang ditingkatkan guna mengurangi kebisingan suara yang dihasilkan dari radiasi mesin saat mobil sedang berjalan. Good job Honda!

Suspensi Lebih Stabil

Keluar dari trek lurus untuk menguji performa, kami dihadapkan dengan trek lurus yang disiapkan cone. Tujuannya untuk menguji keandalan handling dari All New BR-V.

Harus diakui jika Honda All New BR-V terbaru ini punya pengendalian yang luar biasa lebih baik. Di sinilah perbedaannya sangat terasa sekali.

Karakter suspensi BR-V baru ketika diajak menikung terasa lebih minim body roll. Dalam kecepatan lebih kurang 50 km/jam mobil terasa sigap dan enak untuk ‘meliuk’ di antara cone yang sudah disediakan.

all new br-v

Hal tersebut dikarenakan setting suspensi BR-V baru ini dibuat sangat berbeda. Di bagian depan memakai MacPherson Strut yang dibuat lebih kuat.

Sementara itu belakangnya memakai High-Torsional Rigidity serta Light Weight Torsion Beam dengan geometri yang dibuat lebih baik guna meredam guncangan.

Yang kami rasakan ketika berbelok adalah bagian belakang terasa lebih mantap untuk melahap tikungan tajam. Penyempurnaan ini kami rasa menjadi modal utama Honda untuk melawan kompetitornya.

Kesimpulan

Perbaikan yang dilakukan oleh Honda pada All New BR-V benar-benar sangat banyak. Rasa berkendaranya pun menurut kami sangat jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

all new br-v

Setidaknya modal yang dimiliki Honda cukup untuk melawan Mitsubishi Xpander Cross yang menjadi pesaingnya. Bagaimana dengan duo Terios-Rush?

Ah, rasanya masih cukup jauh duo Toyota-Daihatsu ini untuk membuat mobil yang hampir mirip BR-V dari rasa berkendaranya. Menurut kami All New BR-V ini sangat layak dipinang dan dijadikan mobil untuk berkendara jarak jauh.

Cek harga dan promo mobil All New BR-V di link ini.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Tutus Subronto

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts