0 Hasil ditemukan

Maaf, kami tidak menemukan mobil yang cocok.

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Datsun 160J di Indonesia

Jual Beli Datsun 160

Era 1970-an menjadi era emas bagi salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Datsun. Merek yang berafiliasi dengan Nissan ini dikenal karena ketangguhan serta performanya begitu kuat, sehingga banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Beberapa model Datsun yang sering terlihat berseliweran di era 1970 hingga awal 1990-an antara lain Datsun 120Y, 160J, 160J SSS (Triple S), 180B, 260C (Gloria), 620 Pick Up/Station Wagon, B510, hingga B310. Salah satu model yang terbilang cukup populer di kalangan anak muda pada saat itu adalah Datsun 160J.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Datsun 160J merupakan sejenis mobil sedan empat pintu yang dihadirkan untuk mengisi segmen kendaraan penumpang. Mobil yang dikenal sebagai Nissan Violet di negara asalnya ini, hadir ke pasar otomotif nasional dengan dua model, yakni Datsun 160J dan Datsun 160J SSS (Super Sport Sedan). Performa yang handal dan mesin yang tangguh, membuat 160J terbilang cukup populer di kalangan anak-anak muda, khususnya mereka yang gemar dengan olah raga balap. Tak hanya itu saja, karena varian 160J SSS, yang sanggup membuat harum nama Datsun di berbagai ajang balap reli.

Review Datsun 160J

Datsun 160J atau di luar negeri dikenal sebagai Datsun Violet atau Datsun 710 adalah sejenis sedan berukuran sedang, berpenggerak roda belakang, dan mengusung mesin berkapasitas 1.600 cc. Di Indonesia, masa produksi 160J berkisar antara kurun waktu 1973 – 1977 dan memiliki populasi yang lumayan banyak. Karena bentuk bagasinya yang sedikit membungkuk, di beberapa daerah Datsun 160J dijuluki dengan nama Datsun Bongkok.

Datsun 160J muncul dalam beberapa model, yakni 160J Sedan, 160J SSS, dan 160J Coupe. Sementara yang dipasarkan di Indonesia hanya yang model 160J Sedan dan 160J SSS. 160J SSS merupakan tipe tertinggi dari varian datsun yang mengusung tema sporti dengan berbagai fitur penunjang yang lebih unggul dibandingkan versi standarnya.

Perbedaan antara Datsun 160J standar dan Datsun 160J SSS di sektor interior bisa terlihat dari instrumen dasbor lengkap yang terdapat pada 160J SSS, seperti indikator RPM, tekanan oli, dan jam analog. Di bagian eksteriornya, tampilan belakang Datsun SSS lebih ramping dibandingkan 160J.

Sementara untuk bagian kaki-kaki, perbedaan terletak pada suspensi belakang. Pada Datsun 160J SSS sudah menggunakan suspensi independen dengan coil spring dan gardan multi link, sedangkan Datsun 160J masih memakai gardan rigid dengan suspensi belakang leaf spring. Sedangkan pada sektor mesin terdapat sedikit perbedaan, terutama pada karburatornya, dengan 160J SSS mengusung karburator ganda.

Kelebihan dan Kekurangan Datsun 160J

Beberapa kelebihan diusung oleh Datsun 160J. Mobil sedan ini dikenal memiliki performa yang handal dan akselerasi yang menawan. Tak hanya itu saja, desainnya juga terbilang cukup menarik pada masanya. 160J juga dimunculkan untuk menyaingi dua pabrikan asal Jepang yang sudah terlebih dulu bercokol di pasar otomotif Tanah Air, yakni Honda dan Toyota.

Spesifikasi dan Performa Datsun 160J

Sebagai salah satu mobil sedan dengan performa yang mumpuni pada eranya, Datsun membekali 160J dengan spesifikasi teknis sebagai berikut. Tipe mesinnya naturally aspirated berbahan bakar bensin, kode mesin L16, 4-silinder segaris, berkapasitas 1.6 Liter (1.595 cc), SOHC, berpendingin air, dan memiliki 2 katup per silinder (totalnya 8 katup). Sistem asupan bahan bakarnya karburator tunggal.

Tenaga maksimal yang mampu dimuntahkan sebesar82 PS (60 kW) pada 5.600 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 120 Nm (89 ft·lb/12.2 kg-m) pada 3.600 rpm. Sistem transmisi yang disematkan manual 4-percepatan. Sementara untuk 160J SSS, perbedaan hanya terletak pada tenaga yang sanggup dihantarkan sebesar 88 PS (65 kW) pada 5.800 rpm, dengan torsi puncaknya 123 Nm (91 ft·lb/12.5 kg-m) pada 3.800 rpm. Selain itu, 160J SSS menggunakan karburator ganda (2 barell).

Konsumsi Bahan Bakar

Untuk urusan efisiensi bahan bakar, sedan berperforma tinggi ini konsumsi bahan bakarnya terbilang masih cukup efisien. Apabila dikalkulasikan secara rata-rata, konsumsi bahan bakar Datsun 160J mencapai 28 mpg atau 11.9 km/l.

Fitur Datsun 160J

Datsun 160J pada awalnya dimunculkan sebagai kendaraan sedan untuk keluarga. Namun, karena performa yang dihasilkan oleh 160J sangat menawan untuk mobil sedan berkapasitas 1.600 cc, maka banyak anak-anak muda yang melirik mobil ini untuk dijadikan mobil balap atau reli, khususnya untuk varian 160J SSS yang sudah mengadopsi karburator twin barell.

Mengenai fitur-fitur yang terdapat pada Datsun 160J, seperti halnya mobil-mobil pada era 1970-an, masih belum dibekali teknologi yang canggih. Para pabrikan biasanya hanya membekali kendaraan-kendaraan lansiran mereka sesuai dengan kondisi yang ada pada saat itu.

harga datsun 160j

Fitur Hiburan dan Kenyamanan pada Datsun 160J

  • AC
  • Radio/Kaset
  • Jok Bahan Kain
  • Spidometer analog
  • Pengapian CDI
  • Supensi belakang per daun/leaf spring

Fitur Keamanan pada Datsun 160J

  • Gardan rigid
  • Sabuk pengaman 2 titik
  • Sistem pengereman depan menggunakan cakram
  • Sistem pengereman belakang menggunakan tromol

Desain Datsun 160J

Desain Interior Datsun 160J

Mobil-mobil pada era 1970-an, masih belum dibekali dengan tampilan interior yang memerlihatkan kenyamanan dalam mengemudi. Pada era itu, termasuk Datsun 160J, hanya dibekali desain yang sesuai dengan fungsionalitasnya. Hal itu bisa terlihat dari desain dasbor yang masih menunjukkan panel-panel analog, lalu kursinya yang masih dibalut dengan material berbahan kain.

Desain Eksterior Datsun 160J

Untuk desain eksteriornya, Datsun dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu produsen mobil yang mampu membuat desain futuristik dan aerodinamis. Tampilan mobil yang sangat menarik, nampak mulai dari bagian fascia dan membujur ke arah buritan. Tak heran, bodi mobil yang terlihat kompak ini begitu digemari oleh kalangan anak-anak muda penyuka kecepatan. Hal inilah yang sempat membuat Nissan kalang kabut dan menghentikan merek Datsun pada kisaran 1980-an.

Pilihan Warna pada Datsun 160J

Ada beragam pilihan warna standar yang membalut Datsun 160J. Warna-warna tersebut di antaranya putih, perak, oranye, merah marun, kuning, hingga biru. Akan tetapi, masih banyak warna-warna bodi lainnya yang disodorkan, tapi rata-rata sudah mengalami pencampuran warna dari si pemilik.

Kompetitor Datsun 160J

Muncul di segmen kendaraan sedan empat pintu berbadan kompak, Datsun 160J mencoba menghadang kepopuleran dari dua merek asal Negeri Sakura, Honda dan Toyota. Kedua pabrikan otomotif raksasa itu masing-masing memunculkan Honda Accord dan Toyota Corona. Persaingan yang terjadi di antara ketiganya berhasil dimenangkan oleh Datsun, sebelum akhirnya Nissan sebagai pemilik merek berlogo D tersebut menutupnya.

Harga Datsun 160J dan Ketersediaan Mobil

Datsun 160j dijual

Datsun 160J mengakhiri kiprahnya di pentas otomotif nasional pada kisaran 1977 silam. Meski begitu, sedan berperforma tinggi dan sudah masuk ke dalam kategori mobil retro ini, masih tetap diburu mobil bekasnya. Perawatan yang mudah dan performa yang handal, serta unggul dari segi teknologi dibandingkan dengan para kompetitornya, membuat harga jual Datsun di pasar mobil bekas cukup gelap. Berikut ini adalah kisaran harga Datsun 160J dalam tempo beberapa tahun belakangan.

Kesimpulan

Sampai dengan saat ini, Datsun 160J berhasil menancapkan namanya dengan cukup harum di ranah otomotif nasional. Performa handal, desain yang futuristik dan aerodinamis, serta sudah dilengkapi teknologi terbaru untuk ukuran sedan berbadan kompak, membuat 160J begitu digemari oleh kalangan anak-anak muda. Meski begitu, untuk menebus mobil retro ini bukanlah perkara mudah, karena banyak yang menjualnya dengan harga yang cukup membelalakan mata.

Detail Kontak Penjual

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Berikut tips-tips dari kami Carmudi
Sebutkan Anda melihat kendaraan yang akan dijual di Carmudi, agar penjual cepat merespon.
Selalu bertemu dengan penjual sebelum melakukan pembayaran uang muka.
Telepon SEKARANG! Mobil bagus terjual dengan cepat!
Detail Kontak Penjual
Untuk melihat detail kontak Penjual, silakan isi detail di bawah ini
Butuh pinjaman untuk kendaraan ini
Dengan klik tombol di atas, Anda menyetujui Persyaratan kami
Kirim pesan ke Penjual

One-Time Password (OTP) terkirim via SMS

Untuk verifikasi permintaan kredit Anda, masukan OTP di bawah ini

Oops! Sepertinya kami sulit melakukan verifikasi OTP yang anda masukan. Coba sekali lagi

Maaf, sepertinya ada sedikit kendala pada permintaan OTP Anda. Silakan verifikasi nomor Anda lagi pada kunjungan selanjutnya ke www.carmudi.co.id setelah 24 jam.

Belum mendapatkan kode OTP? Tunggu detik Permintaan OTP baru


Kami sudah menerima permintaan anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Verifying ...