: Disarankan
Memperbaharui hasil

Persaingan MPV Semakin Sengit, Pasar Semakin Berkembang

harga mobil mpv di indonesia

SEGMEN mobil multi purpose vehicle (MPV) adalah kelas yang paling mendominasi kendaraan di Indonesia selama beberapa dekade terakhir. Karakter masyrakat Indonesia yang masih menganut sistem kekeluargaan ini memang membutuhkan alat transportasi yang bisa memuat banyak penumpang.

Dipelopori dengan mobil berbasis pikap yang akhirnya dimodifikasi menjadi mobil dengan kemampuan mengangkut banyak orang, membuat mobil jenis ini banyak diminati. Terlebih setelah peluncuran duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia diperkenalkan sebagai MPV kelas menengah ke bawah membuat popularitas pasar MPV semakin berkembang.

Pabrikan lain pun saling berlomba-lomba untuk mengeluarkan MPV yang sejenis sebut saja Suzuki APV dan Mitsubishi Kuda dilepas ke pasaran untuk menggoda konsumen yang sudah loyal dengan merek Toyota dan Daihatsu. Tapi hasilnya kurang memuaskan, hingga tiba saat banyak pabrikan kembali menyerang dominasi kedua merek tersebut.

Bersaing dengan Avanza-Xenia

Dimulai dengan Suzuki Ertiga yang menyasar segmen low MPV, berdesain benar-benar segar dan memiliki harga yang kompetitif, perlahan tapi pasti masyarakat yang sudah bosan dijejali dengan model Avanza dan Xenia selama satu dekade mulai bosan.

beli mobil mpv murah

Akhirnya menjatuhkan pilihan pada Suzuki Ertiga. Hal itu dilihat oleh pabrikan otomotif roda empat lainnya semisal Chevrolet dan Honda. Pabrikan asal Amerika Serikat, Chevrolet pun harus mendesain suatu MPV yang cocok dengan kondisi konsumen Indonesia dan karakteristik jalanan di sini.

Memberikan nama Chevrolet Spin, konsumen ditawari suatu MPV yang kaya dengan fitur dan bodi mobil yang sangat elegan. Pilihan mesin pun beragam mulai dari mesin bensin hingga mesin diesel. Sama halnya dengan Chevrolet, pabrikan Honda juga sebelum meluncurkan MPV mereka, riset terhadap pasar otomotif Indonesia pun dilakukan secara seksama.

Kehadiran Sang Fenomenal

Hingga akhirnya pada tahun 2014 Honda memperkenalkan Honda Mobilio sebagai MPV yang paling stylist dan memiliki karakter desain yang menjadi ciri khas mobil Honda. Alhasil respon positif diperoleh Honda Mobilio dari bulan ke bulan. Dominasi Daihatsu Xenia yang menempati peringkat kedua penjualan secara nasional berhasil digeser model MPV Honda ini.

Melihat perkembangan pasar MPV yang semakin kompetitif itu membuat pabrikan Toyota dan Daihatsu tidak berdiam diri. Secara langsung, Toyota Avanza meluncurkan versi terbaru dan termewah dari MPV legendaris pabrikan tersebut. Tujuannya satu mempertahankan pangsa pasar MPV masih di tangan mereka.

Sebenarnya persaingan kelas MPV juga tidak terjadi di kelas menengah ke bawah saja, tapi juga sudah menyentuh pangsa pasar MPV menengah ke atas hingga premium. Hampir semua merek yang berkompetisi di Indonesia, saat ini memiliki model kendaraan MPV. Baik itu Mercedes-Benz, Nissan, dan yang lainnya.