: Disarankan

20 Juta Nego

Bandung

SM Suhud Bandung
  • 2 Km

Kondisi prima, body mulus, sangat istimewa. Anda akan kesulitan menemukan kendaraan yang lebih baik dari ini untuk harga yang sama di tempat lain. Kendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga yan...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Opel di Indonesia

harga mobil Opel

Di Indonesia nama Opel sempat melesat melalui satu model sport utility vehicle (SUV) Opel Blazer. Selain itu, belum ada lagi nama lain yang bisa menandingi keperkasaan Opel Blazer.

Sebenarnya yang berhak memakai nama Blazer itu adalah Chevrolet karena sejatinya pabrikan itu yang memiliki platform Blazer. Namun atas pertimbangan pemasaran, dan merek Opel lebih dikenal sebelumnya ketimbang Chevrolet, maka dipilihlah merek berlambang petir itu yang menyadang nama Blazer.

Untuk mengenal lebih lanjut mobil-mobil Opel di Indonesia, dalam tulisan ini Carmudi akan membahasnya.

Secara global, sejarah merek Opel dimulai saat Adam Opel sang pendiri pabrikan itu tinggal di Rüsselheim, Jerman dan didirikan pada tahun 1862. Pada awalnya, pabrikan itu hanya memproduksi mesin jahit berkualitas tinggi dalam volume besar.

Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1885, dimana perusahaan itu sudah mulai menjual sepeda. Hingga Adam Opel meninggal tahun 1895, mereka telah berhasil membuat 2.000 unit sepeda dalam setahun dan memimpin dalam penjualan mesin jahit di Eropa.

Kemudian pada tahun 1899, kelima anak dari Adam Opel’s dan ibu mereka bermitra dengan seorang ahli mesin bernama Friedrich Lutzmann untuk memproduksi kendaraan bermotor pertama yang dinamakan Opel motorwagen sistem Lutzmann. Perkembangan terakhir pada tahun 1929 Opel bergabung dengan General Motors corp sebagai pembuat mobil dan truk,dan sejak saat itu menjadi produsen otomotif berkualitas tinggi untuk pasar global

Saat ini permasalahan yang ditemui dalam mobil-mobil Opel adalah ketersediaan suku cadang asli. Karena beberapa waktu yang lalu pihak pabrikan GM Indonesia sudah menyatakan tidak lagi memproduksi suku cadang resmi untuk mobil Opel.

Dengan dihentikannya suku cadang Opel di Indonesia, maka para pemiliknya harus mencari akal untuk tetap membuat mobilnya berjalan dengan baik. Bisa dengan membeli suku cadang bajakan atau impor langsung dari Amerika Serikat yang dapat dipastikan akan sangat mahal.

Model Mobil Opel Terlaris di Indonesia

Sementara di Indonesia, kehadiran Opel dimulai pada tahun 1994. Melalui GM Indonesia, unit mobil bernama Opel Vectra kemudian diikuti oleh Opel Optima. Selanjutnya di tahun 1995 Opel Blazer diluncurkan hingga tahun 2005. Nama besar Opel pun harus berakhir di Indonesia pada tahun 2002, dimana GM Indonesia mulai memperkenalkan Chevrolet sebagai penganti merek Opel dan memfokuskan merek Chevrolet sebagai merek utama di Indonesia hingga saat ini.

Seperti diungkapkan di awal, produk kendaraan yang menjadi favorit untuk Opel di Indonesia adalah Opel Blazer. Sementara untuk model lain seperti Opel Vectra dan Opel Optima kurang mendaptkan sambutan yang baik di pasar otomotif nasional.

Opel Blazer (SUV)

Hanya ada 3 varian Opel Blazer yang sempat beredar di Indonesia, yakni Blazer DOHC lansiran 1996 yang memiliki ciri khas berupa lampu kotak dengan gaya American Style, dan Blazer DOHC LT (Luxury Touring) produksi 1997. Pada tahun yang sama, dikeluarkan juga tipe terbaru yang disebut dengan Blazer SLi.

Untuk Blazer generasi kedua, produksinya di mulai sejak 1999 hingga 2002. Blazer ini merupakan versi facelift dari generasi pertama. Generasi kedua ini biasa disebut dengan Blazer lampu sipit, karena lampu utamanya yang lebih sipit dibanding versi sebelumnya. Blazer generasi kedua ini mengeluarkan 3 varian, yaitu Blazer DOHC, yang memiliki interior sama persis dengan generasi awalnya, lalu Blazer 16V DOHC LT, dan Blazer Montera.

mobil opel dijual

Sebagai bagian dari strategi marketing, GM memutuskan untuk mengganti nama Opel Blazer menjadi Chevrolet Blazer pada September 2002. Di tahun ini juga dikeluarkan Blazer generasi ketiga yang diproduksi mulai dari 2002 hingga 2005. Generasi ketiga ini juga tersedia dalam tiga varian, yaitu Blazer DOHC, Blazer DOHC LT, dan Blazer Montera.

Blazer Montera menjadi varian yang diproduksi lebih awal, yaitu tahun 2002. Sedangkan versi DOHC baru diproduksi pada 2003 dan DOHC LT baru mulai diproduksi pada kisaran 2004. Blazer generasi ketiga ini biasa disebut dengan Brazillian Blazer, dengan produksi terakhirnya pada 2005. Pada 2004 lalu, GM Indonesia memproduksi Montera XR.

Perbedaan antara XR dengan Montera sebelumnya ada pada sektor interiornya, di mana XR sudah seperti LT 2004 atau Chevrolet Blazer CBU 4x4 4.300 cc lansiran 2000 dengan warna beige, hanya saja tipe XR tanpa jok kulit. Begitu juga dengan model dasbornya, yang terlihat sama persis dengan versi LT. Sedangkan untuk tipe DOHC, modelnya sama persis seperti generasi sebelumnya.

  • Tipe Mesin: DOHC dan SOHC
  • Isi Silinder: 2.200cc
  • Sistem Bahan Bakar: Bensin
  • Tenaga: 113 HP
  • Torsi: NA
  • Sistem Penggerak Roda: Front Wheel Drive bisa dikonversi ke 4x4
  • Transmisi: Manual 5-percepatan

Efisiensi Bahan Bakar Opel Blazer

Memiliki bobot lebih dari 2 ton dan kapasitas mesin yang tak terlalu besar, membuat konsumsi bahan bakar Opel Blazer termasuk boros. Konsumsi Bahan bakar Blazer Montera, atau yang berbasis mesin SOHC, konsumsinya berkisar 1:8 km/l untuk pengendaraan dalam kota dan 1:10 km/l untuk luar kota. Sementara untuk Blazer yang berbasis mesin DOHC, konsumsi bahan bakarnya di dalam kota berkisar 1:6-7 km/l dan 1:8 km/l untuk pengendaraan luar kota.

Kisaran Harga Opel Blazer

Untuk mendapatkan SUV berbadan bongsor ini, sebenarnya tak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu dalam. Bagi mereka yang mendambakan kendaraan berbasis SUV yang tangguh untuk melibas kondisi semi ekstrim, tapi bisa juga dipergunakan sebagai kendaraan harian, maka Opel Blazer bisa dijadikan salah satu rujukannya. Berikut ini merupakan kisaran harga mobil bekasnya dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Opel bekas dan baru

Lima Alasan Mengapa Membeli Mobil Opel di Indonesia

  1. Di awal kemunculannya merek Opel memberikan harga yang kompetitif dengan merek Jepang. Hal itu dilakukan agar merek ini lebih diterima dengan baik di pasaran. Meskipun berasal dari Amerika Serikat, teknologi dan gaya mobil ini, kecuali Opel Blazer, masih kental dengan gaya desain mobil-mobil asal Jerman.
  2. Secara performa, mobil-mobil keluaran Opel memiliki karakteristik ketangguhan suatu mobil asal Jerman. Dengan rangka bodi yang kuat, rata-rata mobil Opel sangat tahan lama dan kuat menahan benturan keras.
  3. Sementara urusan efisiensi bahan bakar, mobil Opel, khususnya Blazer sebenarnya memiliki bahan bakar yang tidak terlalu boros jika perawatan mobil dilakukan dengan baik.
  4. Mobil Opel ini merupakan mobil eropa juga kriteria mobil ini yaitu mobil yang nyaman disaat dikendarai, fitur keamanannya lebih baik dari mobil Jepang, LT bermesin DOHC yang perlu perawatan lebih dari Montera yang SOHC, namun mesin DOHC lebih bertenaga untuk dipakai berkendara jarak jauh.
  5. Ketangguhan mobil Opel sudah terbukti di Indonesia selama puluhan tahun.