: Disarankan

17.8 Juta Nego

Bekasi

Fahmi Fathir
  • 30,000 Km

Suzuki Forsa forsa 1988 gl ini sangat murah dengan hanya seharga Rp 17800000. Kilometernya masih cukup rendah yaitu 30000 KM dan sistem transimisinya menggunakan Manual serta beberapa fitur menar...

25 Juta

Malang

Yuliawindi10 Yuliawindi10
  • 486,686 Km

Kota malang STNK 2020 Pajak Bulan Oktober  Kendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga yang bersaing dan kondisi yang berkualitas. Hubungi langsung penjual melalui detail konta k di sisi kanan ...

22 Juta Siap pakai

Bogor

Entis Sutisna
  • n/a

Suzuki Forsa GL 1987 warna Kuning ini merupakan tawaran menarik dengan harga hanya Rp 22000000. Kendaraan ini datang dilengkapi dengan sistem transmisi Manual dan juga mempertimbangkan kilometern...

20 Juta Nego

Indonesia

Berly Andrean
  • 2 Km

Suzuki Forsa GX 1990 bekas warna merah ini dijual oleh Agen Tele Berly Andrean. Dealer ini berlokasi di Jalan Soekarno - Hatta, Delima, Kota Pekanbaru, Riau. Di dalamnya terdapat fitur interior ...

25 Juta Nego

Banjarmasin

Fauzan
  • n/a

Suzuki Forsa GA 1990 bekas warna silver ini dijual oleh Fauzan. Dealer ini berlokasi di Banjarmasin Kota. Di dalamnya terdapat fitur interior Air Condition,AM/FM Stereo. Terdapat perlengkapan s...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Suzuki Forsa di Indonesia

harga Suzuki Forsa

Suzuki Forsa banyak dikenal sebagai Suzuki Swift generasi lawas di pasar internasional. Nama lain dari Forsa di pasar internasional adalah Suzuki Cultus. Generasi pertama dari Forsa salah satunya diproduksi di Bekasi, Indonesia, oleh Suzuki Indomobil Motor. Forsa merupakan produk hasil kolaborasi antara Suzuki dan General Motors (GM) pada desain, sasis, dan tipe mesin. Selain Suzuki, beberapa pabrikan dibawah GM juga melakukan penamaan ulang pada mobil-mobil lansirannya, antara lain Holden yang menamainya Barina dan Chevrolet dengan nama Sprint.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Suzuki Forsa masuk di kelas city car, yang mengusung konsep mobil dengan pengggerak roda depan dan memiliki model bodi hatchback. Kehadiran Forsa di pasar otomotif nasional untuk menyasar kalangan konsumen pemula, yang menginginkan mobil kecil untuk area perkotaan dan bisa menampung keluarga kecil. Dengan fitur cukup lengkap, mesin yang bandel, dan harga yang terbilang cukup terjangkau membuat Forsa menjadi salah satu mobil yang paling diminati.

Review Suzuki Forsa

Suzuki Forsa pertama dipamerkan di Jepang dengan nama Suzuki Cultus pada gelaran Tokyo Motor Show ke-25 dan dipasarkan secara global pada 1983. Ada dua dari tiga generasi Forsa yang masuk ke pasar Indonesia. Generasi kedua dari Forsa di Indonesia banyak dikenal sebagai Suzuki Amenity untuk versi hatchback dan Suzuki Esteem untuk versi sedan. Generasi kedua ini sekaligus mengakhiri siklus produksinya di Tanah Air.

Generasi pertama Suzuki Forsa dibekali mesin berkode SA-310 dengan pilihan mesin 1.0L 3-silinder dan 1.3L 4-silinder dengan model bodi hatchback. Sementara di Jepang, karena terdapat regulasi mengenai emisi gas buang, tersedia opsi mesin yang sudah dijejali dengan turbo dan sanggup meningkatkan performa. Generasi kedua dibekali dengan jenis mesin yang sama, tapi untuk mesin 1.3L sudah mengadopsi SOHC 16 katup. Untuk model sedan, yang dikenal sebagai Suzuki Esteem, dijejali mesin 1.5L yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 91 PS (67 kW).  

Pangsa pasar mobil mungil berbentuk hatchback yang kembali marak, membuat Suzuki kepincut untuk kembali menghadirkan mobil jenis hatchback yang dulu sempat populer di Tanah Air. Pada kisaran 2005, Suzuki mendatangkan Swift secara utuh (CBU) dari Jepang untuk bertarung di segmen kendaraan hatchback. Setahun berselang, Swift akhirnya dirakit di Indonesia dan sampai dengan saat ini sudah memasuki generasi ketiga.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Forsa

Kelebihan utama Suzuki Forsa adalah pada bentuk bodi dengan konsep hatchback yang disematkan mesin bandel, dan dikenal sangat irit bahan bakar. Ketersediaan suku cadang juga melimpah dengan opsi kanibal bersama Suzuki Carry, Katana atau Karimun generasi pertama. Fitur mobil juga terhitung lebih baik dengan kompetitor.

Kekurangan Forsa diantaranya adalah pada pemakaian AC yang disebut bakal membuat mesin terasa berat. Mesin juga terhitung mudah panas ketika macet dan belum dibekali dengan power steering. Kapasitas bagasi juga tak terlalu besar, layaknya mobil-mobil berjenis hatchback lainnya.

Spesifikasi dan Performa Suzuki Forsa

Suzuki Forsa disodorkan dalam dua tipe, yakni GL dan GLX. Dijejali mesin SA-310 1.0L (993 cc) 4-silinder yang juga digunakan pada Suzuki Carry, Katana dan Karimun generasi awal. Tenaga yang sanggup dihasilkan sebesar 60 PS (44 kW), dengan transmisi yang disodorkan model manual 5-percepatan dan menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Konsumsi Bahan Bakar

Dibekali mesin yang berkapasitas kecil, sudah bisa dipastikan kalau konsumsi bahan bakar Suzuki Forsa sangat irit. Untuk penggunaan di dalam kota, Suzuki Forsa mampu mencatatkan 12 km/liter. Sementara untuk area luar kota, konsumsi bahan bakarnya berkisar 16 – 18 km/liter.

Fitur Suzuki Forsa

Suzuki Forsa dihadirkan untuk bertarung dengan sesama mobil mungil berjenis city car dengan tipe hatchback. Selain dari sisi harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan para kompetitornya, Suzuki Forsa juga terbilang cukup lengkap fitur-fiturnya.

jual Suzuki Forsa

Fitur Hiburan dan Kenyamanan pada Suzuki Forsa

  • AC
  • Pemutar Radio AM/FM/Kaset
  • Power Window
  • Jok bahan beludru
  • Central lock

Fitur Keamanan pada Suzuki Forsa

  • Sabuk pengaman
  • Rem depan cakram
  • Rem belakang tromol

Desain Suzuki Forsa

Desain Interior Suzuki Forsa

Meskipun terbilang mobil mungil, tapi ketika memasuki area interior Suzuki Forsa, suasana nyaman langsung terasa. Selain itu, kabinnya juga lebih lapang dibandingkan dengan para kompetitornya. Fitur-fitur penunjang kenyamanan dalam berkendara juga sudah tersedia, sehingga membuat Forsa menjadi mobil dengan harga terjangkau tapi memiliki fitur yang lengkap.

Desain Eksterior Suzuki Forsa

Generasi pertama Forsa mengadopsi desain mengotak yang cukup menarik di zamannya. Generasi kedua desainnya lebih membulat dan terlihat lebih menarik, di mana hal itu terlihat cukup jelas pada versi sedan yang dikenal sebagai Suzuki Esteem.

Forsa mengadopsi desain yang kompak dan mesin Suzuki yang dikenal bandel dan memiliki daya tahan baik. Karakter asli Forsa adalah sebagai hatchback lincah dan irit yang dapat diandalkan untuk mobilitas di perkotaan.

Pilihan Warna pada Suzuki Forsa

Tak banyak pilihan warna yang tersedia pada mobil mungil lansiran Suzuki ini. Warna-warna yang tersedia antara lain merah, hitam, abu-abu metalik, biru metalik, dan putih.

Kompetitor Suzuki Forsa

Berada di segmen kendaraan mungil berbasis hatchback, Suzuki menghadirkan Forsa untuk bersaing dengan sesama pabrikan asal Jepang yang sudah terlebih dulu berkiprah di pentas otomotif nasional, yakni Daihatsu Charade dan Toyota Starlet.

Harga Suzuki Forsa dan Ketersediaan Mobil

beli Suzuki Forsa

Suzuki Forsa memang sudah tak lagi diproduksi dan hanya tersedia mobil bekasnya saja. Meski begitu, bukan berarti peminatnya sudah tak ada lagi. Semakin maraknya kendaraan mungil yang muncul dalam beberapa tahun terakhir, membuat banyak orang kembali mengincar keberadaan Suzuki Forsa. Terlebih, Forsa pada masa jayanya merupakan salah satu mobil teririt dan sangat digemari oleh kalangan muda. Selain itu, modelnya yang tak lekang oleh waktu, menjadi daya tarik utamanya. Berikut ini merupakan harga Suzuki Forsa dalam tempo beberapa tahun terakhir.

Kesimpulan

Bagi Anda yang menginginkan mobil bekas bertipe city car dengan model hatchback, maka Suzuki Forsa bisa dijadikan bahan pertimbangan. Harga yang relatif cukup terjangkau, minim perawatan, dan sangat irit, membuat Forsa cocok untuk pengendaraan di area perkotaan. Tak hanya itu saja, selain modelnya yang cukup menarik, mobil lansiran Suzuki ini masih memiliki stok ketersediaan suku cadang yang cukup banyak dan bisa menyomot dari model lain. Oleh karena itu, tak perlu merasa ragu memilih Forsa sebagai tunggangan Anda, meskipun mobil ini terbilang produk lawas.