2 Hasil ditemukan
  • 208,538 Km
  • Indonesia
  • 250,000 Km
  • Indonesia
Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Timor 2018 Bekas di Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan merek mobil yang dimaksudkan untuk menjadi mobil nasional di Indonesia, Timor. Keinginan Indonesia untuk membuat mobil nasional, setelah melihat Malaysia yang sukses menggarap Proton. Timor, yang merupakan kependekan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat, resmi diluncurkan pada 8 Juli 1996, dengan PT Timor Putra Nasional (TPN) yang ditunjuk untuk menggarap program ini dan menggandeng produsen mobil asal Korea Selatan, Kia Motors, untuk menggarap Timor generasi pertama yang mirip dengan Kia Sephia.

Sejarah Timor 

Sejarah mobil Timor berawal dari dikeluarkannya Inpres Nomor 2 Tahun 1996, yang intinya menginstruksikan agar industri mobil nasional segera terwujud. Untuk menggarap proyek ini, Pemerintah pusat menunjuk PT Timor Putra Nasional (TPN), di mana pemilik perusahaan ini adalah putra mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau biasa dipanggil Tommy Soeharto.

Bekerja sama dengan Kia Motors, rencananya PT TPN akan membuat model mobil Kia Sephia versi Indonesia, yang diberi nama Timor S515. Di tahun-tahun awal, mobil Timor dibuat sepenuhnya completely build up (CBU) di Korea Selatan, lalu diimpor secara utuh ke Indonesia karena fasilitas perakitan di Tanah Air yang belum siap.

Untuk mendongkrak penjualan, mobil Timor mendapatkan hak istimewa berupa pembebasan pajak barang mewah yang membuat harganya lebih murah dari mobil lainnya. Inilah awal kejatuhan proyek Timor, selain krisis ekonomi yang menimpa Asia yang membuat Kia Motors bangkrut dan akhirnya dibeli oleh Hyundai pada 1998. Sementara itu, mundurnya Presiden Soeharto juga ikut mengakhiri proyek mobil nasional Timor.

Model Terpopuler, Kisaran Harga, Performa, dan Keselamatan

Ada beberapa model mobil Timor yang dihadirkan, mulai dari tipe sedan hingga limosin. Tapi, model sedan saja yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

  • Timor S 515 SOHC

Generasi pertama dari sedan Timor ini memiliki model yang sama dengan Kia Sephia. Mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc SOHC, tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 82 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 12.2 kgm pada 2.500 rpm. Fitur tambahan yang terdapat pada Timor S 515 SOHC adalah Door Side Impact Bar, plat baja untuk melindungi benturan dari samping.

  • Timor S 515i DOHC

Memiliki bentuk yang mirip dengan varian Timor S 515, perbedaannya tak terlalu banyak dan lebih pada fitur penunjangnya saja. Untuk versi S 515i dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, 16 katup, DOHC, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk. Sistem bahan bakarnya juga sudah menggunakan injeksi, sehingga lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

Adanya fail safe function pada ECU (Electronic Control Unit), membuat para pengendara tak perlu kuatir bila terjadi kerusakan pada salah satu sensornya, karena bisa mengambil alih sensor yang mengalami kerusakan. Sedangkan HLA (Hydraulic Last Adjuster) berfungsi mengendalikan kinerja mesin, sehingga perawatannya lebih mudah dan tak perlu dilakukan penyetelan klep.

Karakteristik Timor

Banyak yang menduga kalau mobil Timor yang dipasarkan dengan harga yang murah, dianggap sebagai mobil murahan. Namun, pada kenyataannya Timor memiliki segudang kelebihan seperti halnya mobil-mobil sedan lainnya. Sedan keluaran 1996 ini terbilang cukup nyaman untuk dikendarai dan aman, karena sudah memiliki fitur side impact beam pada kedua sisi mobil. Walaupun mengusung mesin berkapasitas sedang (1.500 cc), tapi Timor masih cukup irit dalam konsumsi bahan bakarnya. Kekurangan Timor lebih banyak pada ketersediaan suku cadangnya, karena banyak yang palsu.

Kompetitor Timor

Berada di segmen mobil sedan entry level, Timor bersaing ketat dengan pabrikan asal Jepang dan Korea yang menggelontorkan produk-produknya seperti Suzuki Baleno, Suzuki Esteem, Honda City, Toyota Corolla, dan Hyundai Accent.

Kesimpulan

Meskipun banyak yang meragukan Timor sebagai kendaraan layak pakai, tapi mobil yang sempat digadang-gadang sebagai pionir dari mobil nasional ini sanggup membuktikan kapasitasnya. Mengusung teknologi dan fitur-fitur yang hampir sama dengan para kompetitornya, Timor layak dijadikan salah satu referensi bagi Anda yang tengah mencari mobil sedan entry level. Selain harga yang murah, irit bahan bakar, performa yang mantap, dan sudah disertai fitur double side impact beam, Timor juga gampang perawatannya. Namun yang patut diperhatikan adalah suku cadangnya yang banyak dipalsukan komponennya.

 

Detail Kontak Penjual

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Berikut tips-tips dari kami Carmudi
Sebutkan Anda melihat kendaraan yang akan dijual di Carmudi, agar penjual cepat merespon.
Selalu bertemu dengan penjual sebelum melakukan pembayaran uang muka.
Telepon SEKARANG! Mobil bagus terjual dengan cepat!
Detail Kontak Penjual
Untuk melihat detail kontak Penjual, silakan isi detail di bawah ini
Butuh pinjaman untuk kendaraan ini
Dengan klik tombol di atas, Anda menyetujui Persyaratan kami
Kirim pesan ke Penjual

One-Time Password (OTP) terkirim via SMS

Untuk verifikasi permintaan kredit Anda, masukan OTP di bawah ini

Oops! Sepertinya kami sulit melakukan verifikasi OTP yang anda masukan. Coba sekali lagi

Maaf, sepertinya ada sedikit kendala pada permintaan OTP Anda. Silakan verifikasi nomor Anda lagi pada kunjungan selanjutnya ke www.carmudi.co.id setelah 24 jam.

Belum mendapatkan kode OTP? Tunggu detik Permintaan OTP baru


Kami sudah menerima permintaan anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Verifying ...