Berita

10 Tahun Honda Brio, Lebih dari 450 Ribu Unit Terjual

GIIAS, Tangerang — Pertama kali mengaspal di Indonesia tahun 2012, Honda Brio telah memasuki usia 10 tahun.

Mobil tersebut mengantongi berbagai pencapaian sepanjang masa penjualannya, baik dalam hal penjualan ataupun produksinya.

Diketahui, Honda Brio secara total sudah terjual sebanyak 453.253 unit selama 10 tahun.

Hal itu menjadikannya sebagai model city car dengan penjualan tertinggi di Indonesia.

10 Tahun Honda Brio

Pertama kali mengaspal di Indonesia tahun 2012, Honda Brio telah memasuki usia 10 tahun. (Foto: Honda)

Untuk merayakan pencapaian tersebut, PT HPM menggelar seremoni khusus memanfaatkan pameran GIIAS 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (17/8/2022).

“Honda Brio menjadi model terpenting bagi Honda karena merupakan mobil nasionalis kebanggaan Indonesia, dan banyak memberikan kontribusi untuk mendukung industri otomotif dan ekonomi secara umum di Indonesia melalui investasi dan aktivitas ekspor,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

10 Tahun, Local Purchase Honda Brio Tembus 95 Persen

Dari segi produk, Honda Brio yang saat ini dipasarkan ialah model generasi kedua yang pertama kali diluncurkan tahun 2018.

PT HPM pun memastikan langkah jangka panjang untuk Honda Brio dengan terus menambah jumlah investasinya.

10 Tahun Honda Brio di Indonesia

Honda Brio juga telah diekspor ke luar negeri. PT HPM memulai ekspor perdana Honda Brio ke Filipina dan Vietnam pada bulan April 2019. (Foto: Honda)

Sejak pertama kali dijual hingga tahun 2016, PT HPM telah menggelontorkan investasi sebesar Rp1,2 triliun. Angka tersebut kemudian bertambah di tahun 2019 dengan suntikan Rp5,1 triliun.

Sehingga total investasi PT HPM untuk mobil ini mencapai Rp6,3 triliun.

Di samping itu, produksi Honda Brio di Indonesia juga melibatkan banyak supplier lokal Indonesia yang jumlahnya juga meningkat dari tahun ke tahun.

Hingga saat ini, Honda Brio merupakan model Honda dengan local purchase tertinggi, mencapai 95 persen.

Honda Brio juga telah diekspor ke luar negeri. PT HPM memulai ekspor perdana Honda Brio ke Filipina dan Vietnam pada bulan April 2019. Hingga saat ini total ekspor mencapai 22.260 unit.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/