Berita Mobil Sumber informasi Tips dan Trik

Memilih Transmisi Matic atau Manual

Jakarta – Pastinya sudah banyak orang mengetahuinya, namun Carmudian masih ada yang bingung tentang kejelasan dari Matic dan Manual.

Dari segi akselerasi, mobil matic memiliki transmisi lebih rumit dan lebih berat dibandingkan dengan yang manual. Ini yang membuat mobil manual lebih terlihat responsif.

Apakah perbedaan antara mobil matic dan mobil manual? Berdasarkan sistem transmisi yang dimilikinya, mobil matic dilengkapi dengan sistem transmisi yang otomatis, proses perpindahan gigi dilakukan oleh gear box.

Sementara mobil non matic dikendalikan secara manual dengan perpindahan gigi yang dilakukan memakai pedal kopling dan tuas kopling. Nah, Carmudian silahkan memilih jenis tranasmisi sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Transmisi Matic dan Manual

Beberapa perbedaan antara mobil matic dengan mobil non matic sebagai berikut:

  • Mobil matic lebih mudah dikendarai daripada mobil non matic, terutama untuk para pemula.
  • Tingkat akselerasi yang dimiliki oleh mobil matic terbilang rendah, sedangkan mobil non matic dapat berakselerasi dengan baik.
  • Mobil matic juga terkenal boros bahan bakar, sementara mobil non matic dapat menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan.
  • Mobil matic dapat membuat pengemudi tetap merasa nyaman dalam waktu lama, berbeda halnya dengan mobil non matic yang cepat menimbulkan rasa lelah.
  • Biaya perawatan dan perbaikan yang harus dikeluarkan untuk mobil matic jauh lebih banyak ketimbang mobil non matic.
  • Kadang-kadang mobil matic bisa kehilangan daya cengkeram rem yang ideal saat melewati jalur yang menurun sehingga wajib ekstra hati-hati.
  • Kendati demikian, rata-rata harga jual kembali mobil matic selalu lebih mahal dibandingkan dengan mobil non matic. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts