Home » Carmudi Jurnal » 5 hal yang harus dicek sebelum membeli mobil bekas

5 hal yang harus dicek sebelum membeli mobil bekas

Ketika Anda telah mendapatkan mobil yang Anda inginkan melalui internet, dan saatnya untuk melihat langsung mobil tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal yang jamak dilakukan adalah melihat goresan atau penyok di bodi mobil, dan tentu saja melakukan test drive. Tapi ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memastikan mobil tersebut layak dibeli.

Bagian bawah mobil

Underbody
Bagian bawah mobil 

Jika memungkinkan, lakukan di bengkel yang mempunyai alat untuk mengangkat mobil. Melihat bagian bawah mobil bisa membantu Anda menentukan kondisi mobil. Bagian bawah mobil biasanya berkarat, jika Anda menemukan tambalan, Anda perlu curiga bisa jadi itu untuk menutupi bekas kerusakan tertentu.

 

Karpet kaki

@n0comment @ Flickr
@n0comment @ Flickr 

Alas kaki di dalam kabin mobil mungkin bisa dibersihkan dengan mudah, tapi ada baiknya Anda melihat bagian bawahnya, apakah lembap atau mungkin basah? Hal itu perlu dilakukan karena biasanya alas/karpet mobil yang basah dapat menyebabkan lubang pada bodi mobil. Jika hal tersebut terjadi maka akan fatal nantinya. Cek juga bagian bawah karpet lain seperti di bagasi.

 

Pedal kaki

Pedals
Pedal 

Jika Anda rasa kilometer bisa diakali – dan sudah sering dilakukan – coba lihat bagian pedal. Jika karetnya sudah sangat aus, kecurigaan Anda mungkin bisa jadi benar. Tanda pemakaian pada kursi dan stir mobil biasanya seiring dengan umur pemakaian mobil.

 

Bagian Mesin

©martins_sitcs @ Flickr
©martins_sitcs @ Flickr 

Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengkilap. Pencucian mesin biasanya untuk menutupi kebocoran pada mesin. Namun, cipratan air dan oli bisa menunjukkan bahwa mesin bekerja tidak sempurna. Setelah melakukan test drive, lihat lagi pada sil-sil karet. Selain itu, kerusakan atau goresan pada mur sambungan menjadi tanda kalau mesin itu pernah adanya reparasi besar pada waktu yang lalu.

 

Surat-surat

©Joel Penner @ Flickr
©Joel Penner @ Flickr 

Jangan lewatkan surat-surat kelengkapan kendaraan. Pastikan semua dokumen ada ketika melihat mobil tersebut. Idealnya, Anda bisa melihat catatan servis kendaraan dengan tulisan tangan yang berbeda, memastikan itu bukan catatan yang dibuat-buat. Perhatikan juga jumlah pemilik sebelumnya, Anda perlu waspada jika ada lebih dari 2 pemilik mobil itu dalam waktu 5 tahun.

Previous post
Altis Terbaru Ikut Dongkrak Penjualan Toyota di Februari
Next post
5 Langkah Mengamankan Mobil