Produk

Catat! Ini 4 Jenis Oli Motor yang Biasa Dipakai Matic Honda

Penggantian oli mesin sepeda motor matic Honda beragam, tergantung kapasitas mesin.

Umumnya penggantian tersebut dilakukan dengan interval setiap 3.000 kilometer sampai 5.000 kilometer tergantung pemakaian.

Semakin tinggi jarak tempuhnya, semakin cepat juga interval penggantian oli mesinnya. Umumnya, ketika melakukan penggantian oli mesin diimbangi dengan penggantian oli gardan belakang.

Banyak pemilik motor matic Honda yang masih bingung menentukan oli apa yang cocok untuk sepeda motor kesayangannya.

Dilansir dari laman resmi Honda, ada beberapa jenis oli motor matic yang bisa digunakan oleh pemilik.

oli motor matic honda

(Foto: Energy Technologies)

Masing-masin oli diklaim punya manfaat yang berbeda-beda tergantung kebutuhan mesin. Kira-kira apa saja pilihan oli untuk sepeda motor matic Honda yang bisa jadi pilihan Carmudian?

Jenis Oli Motor Matic Honda

AHM Oil SPX2

Pertama ada oli mesin AHM oil SPX2 dengan spesifikasi 10W-30 API-SL JASO MB yang diformulasikan oleh Honda Jepang.

oli motor matic honda

Material pada oli tersebut terbuat dari bahan fully syntheticextra superior yang bisa dipakai untuk seluruh motor matic Honda yang dijual secara resmi.

Harga yang ditawarkan per botolnya pun cukup murah, seharga Rp67 ribu untuk kemasan 0,8 liter.

AHM Oil MPX2

Lalu ada oli AHM oil MPX2 yang punya kemasan warna putih. Oli ini punya spesifikasi 10W-30 API-SL JASO-MB.

Honda mengeklaim jika pelumas tersebut bisa membuat sepeda motor menjadi lebih irit dan bertenaga. Daya tahan olinya pun diklaim cukup lama sekaligus bisa mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Pelumas ini direkomendasikan untuk mesin berkopling kering, atau jenis motor matic. Harga yang ditawarkan lebih murah, mencapai Rp54 ribu untuk kemasan 0,8 liter.

Transmission Gear

Sementara oli ketiga yakni transmission gear atau oli gardan. Oli gardan jenis ini punya kemasan berwarna putih yang dijual dengan harga cukup murah, Rp16 ribuan untuk kemasan 120 ml.

oli motor matic honda

Oli gardan ini diklaim mampu menahan tekanan dan temperatur tinggi terhadap daya pelumasan. Perpindahan gigi pada diklaim akan lebih lembut dan lancar serta membuat masa pakai CVT lebih lama.

Transmission Gear (fully synthetic)

Sedangkan oli motor yang terakhir ada transmission gear yang terbuat dari bahan fully synthetic. Oli tersebut diklaim menggunakan tambahan aditif teknologi terbaru untuk Honda yang memiliki stabilitas oksidasi yang baik.

Stabilitas oksidasi tersebut diklaim minim penguapan dan bisa menjaga performa gir agar tetap maksimal pada suhu dingin ataupun panas. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yakni Rp19 ribu untuk ukuran 120 ml.

Kapasitas Oli Mesin

Beberapa jenis motor matic Honda yang populasinya cukup banyak di antaranya seperti BeAT, Genio, Scoopy, Vario 125, Vario 160, PCX 160, dan ADV 160.

Seluruh sepeda motor tersebut membutuhkan kapasitas oli baru yang berbeda-beda ketika melakukan penggantian oli. Berikut daftar lengkapnya.

  • BeAT – 0,65 liter penggantian periodik
  • BeAT Street – 0,65 liter penggantian periodik
  • Genio – 0,65 liter penggantian periodik
  • Scoopy – 0,65 liter penggantian periodik
  • Vario 125 – 0,8 liter penggantian periodik
  • Vario 160 – 0,8 liter penggantian periodik
  • ADV 160 – 0,8 liter penggantian periodik
  • Forza – 1,3 liter penggantian periodik

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts