HomeBeritaKia Picanto Kini Bermesin Turbo, Harga Mulai Rp255 juta

Kia Picanto Kini Bermesin Turbo, Harga Mulai Rp255 juta

Kia Picanto Turbo (Foto: Carscoops)

London – Pabrikan mobil asal Korea Selatan (Korsel), Kia secara resmi meluncurkan Kia Picanto untuk pasar Inggris. Berbeda dari Picanto generasi sebelumnya, model baru ini sudah dibekali dengan mesin turbo.

Itu artinya tenaga yang dikeluarkan lebih besar dibanding mobil kecil Kia lainnya yang pernah perusahaan produksi. Dilaporkan Carscoops, Kia Picanto terbaru lebih bertenaga karena dibekali dengan mesin turbo 1.0 T-GDI terbaru. Mampu mengeluarkan daya maksimal 99 hp dan torsi puncak 176 Nm pada 1.500 rpm.

Hasil kinerja mesin disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Di atas kertas mobil perkotaan ini berakselerasi dari posisi diam hingga 96 kilometer per jam dalam 9,8 detik atau sekira 10,1 detik bila melaju hingga 100 km/jam, serta kecepatan maksimal 180 km/jam.

Mesin turbo tiga silinder terbaru ini juga dilengkapi direct injection dan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi standar emisi gas buang Euro6. Sedangkan konsumsi bahan bakar dari Kia Picanto bermesin turbo mencapai 5,1 liter per 100 kilometer.

Ban Kia Picanto Turbo (Foto: Carscoops)

Mesin turbo hanya tersedia secara eksklusif di tipe Picanto GT-Line dan GT-Line S. Menyempurnakan kehadirannya, Kia juga menyegarkan tampilan luarnya supaya lebih sporty dengan memasangkan bumper baru. Serta air intake besar dan sentuhan aksen merah pada bagian grille depan, air intake, serta samping mobil.

Bagian belakangnya terpasang diffuser sporty dan knalpot kembar, lampu proyektor bi-function dengan DRL LED dan lampu belakang LED, sedangkan dibagian kaki-kaki terdapat satu pasang empat velg berdiameter 16 inci.

Sementara itu bagian interiornya terpasang jok kulit imitasi warna hitam dan merah, pedal stainless steel, handel pintu satin chrome, sunroof elektrik, jok depan dengan fitur pemanas, dan automatic climate control. Menambah kenyamanan dikabin, Kia telah memasangkan sistem infotainment berupa head unit berukuran 7,0 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay dan wireless charging.

Kia memasarkan Picanto bermesin turbo dengan harga mulai dari 13,320 pound sterling atau sekitar Rp255 juta untuk tipe GT-Line dan 14,720 pound sterling atau Rp281 jutaan untuk tipe GT-Line S.

Kenalpot Kia Picanto Turbo (Foto: Carscoops)

Kia Picanto di Indonesia Belum Turbo

Interior Kia Picanto Turbo (Foto: Carscoops)

Kia Picanto juga dipasarkan di Indonesia, hanya saja PT Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku Agen Pemegang Merek mobil Kia belum menawarkan mesin turbo. Saat ini yang dipasarkan di Indonesia adalah Picanto dengan mesin 1.2 MPI. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 87 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 12.2 kg.m pada 4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke roda melalui pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percapatan. Sementara itu mobil ini memiliki panjang 3.595 milimeter, lebar 1.595 mm, tinggi 1.490 mm, serta wheelbase 2,385 mm.

Sementara di pasar Indonesia KMI hanya menawarkan dua varian saja yaitu Rp151,5 juta untuk Picanto bertransmisi manual. Sedangkan Picanto transmisi otomatis dianderol Rp165,5 juta .(dol)

Previous post
Pindah ke Juventus, Ronaldo Jadi Sasaran Kemarahan Karyawan Mobil Fiat
Mobil Listrik
Next post
Berbahaya Bagi Pejalan Kaki, Mobil Listrik Harus Bersuara