Berita Mobil Sumber informasi Tips dan Trik

Agar Tak Terganggu Visibilitas Pandangan Saat Hujan, Perhatikan Hal Ini

Penulis: Dony Lsmana

Jakarta – Memasuki musim penghujan pastinya butuh ekstra hati-hati bagi pengguna jalan baik roda empat maupun roda dua. Kondisi jalanan yang basah saat hujan memicu timbulnya kecelakaan.

Bagi Anda yang dalam aktivitas keseharian menggunakan mobil, harus mempersiapkan hal paling vital saat musim hujan, yaitu wiper. Karena keberadaan wiper di musim hujan sangatlah diperlukan untuk membuat mengetahui jarak pandang aman.

Visibilitas pengemudi mobil akan lebih sangat terbatas ketika berjalan di saat hujan. Jika tidak dilakukan persiapan maka bahaya didepan akan menghampiri. Hal sederhana yang dapat dilakukan pertama kali dalam mempersiapkan vision kemudi adalah memeriksa wiper kaca depan mobil Anda.

Jika perlu lakukan penggantian wiper atau karet penyeka kaca maka haruslah di ganti. Penggantian ini untuk mengantisipasi kemungkinan wiper yang telah mengeras. Selain tergores kaca mobil akan mengganggu pandangan karena air di kaca tidak terseka dengan bersih.

Jangan lupa perhatikan pula cairan pembersih kaca. Sangat disarankan untuk tidak hanya menggunakan aquades saja untuk wiper fluid-nya, namun campurkan aquades dengan pembersih seperti shampoo atau screen wash.

Campuran ini sangat terbukti untuk bisa membersihkan kotoran dengan sempurna di permukaan kaca. Selain itu perhatikan juga perhatikan kacanya, gunakan rain repellant pada permukaan kaca. Produk ini bisa didapat dengan mudah di toko-toko perawatan mobil.

Produk ini bisa membuat efek daun talas di permukaan kaca mobil anda dengan cara kerja menutup pori-pori permukaan kacanya. Membuat air dengan mudah melucur ke bawah. Sebelum anda menggunakan rain repellant, pastikan permukaan kaca dalam keadaan bersih.

Penunjang Visibilitas

Selain hal diatas yang juga penting adalah lampu mobil, karena saat hujan di pagi atau siang kondisi jalan terasa gelap terutama ketika hujan lebat. Lampu mobil dapat membantu visibilitas Anda dari kondisi tersebut.

Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik, agar lebih optimal, tambahkan lampu lainnya seperti tail lamp dan city lamp. Lampu mobil ini tidak hanya mendukung visibilitas si pengendara tapi juga untuk menunjang keselamatan orang lain. (Editor: Dony Lesmana)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts