Mobil

Komparasi Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Mana yang Lebih Jumawa?

komparasi hyundai palisade dan mazda cx-9

Jakarta – Di Indonesia, wajar jika kita melakukan komparasi Hyundai Palisade vs Mazda CX-9. Karena keduanya merupakan SUV besar yang menggunakan basis monokok. 

Kalau dibandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner, jelas bukan lawan sepadan. Dari segi harga saja sudah cukup jauh selisihnya. 

Lalu penggunaan rangkanya juga berbeda. Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner memakai rangka ladder frame, sedangkan Hyundai Palisade monokok.

Bahkan fiturnya pun jauh meninggalkan Fortuner dan Pajero Sport. Kalau dijejerin sebelahan, saya setuju jika Fortuner dan Pajero ini langsung kelihatan murah dibanding Palisade dan Mazda CX-9.

Rasanya enggak bisa tuh pengguna Pajero atau Fortuner mau arogan di depan CX-9 dan Palisade. Dari harga aja udah jauh selisihnya, apalagi secara desain. 

komparasi hyundai palisade dan mazda cx-9

tampilan luar Hyundai Palisade. (Foto: Carmudi).

Tapi cukup adil jika kita melakukan komparasi antara Hyundai Palisade dengan Mazda CX-9. Selain punya spesifikasi yang mirip-mirip, keduanya memang layak dibeli buat kaum miliarder.

Diantara keduanya, kira-kira mana mobil yang lebih baik buat mengawal bos? Hyundai Palisade atau Mazda CX-9 ya? Kita kupas poin pentingnya di bawah ini ya!

Komparasi Hyundai Palisade dan Mazda CX-9

Dimensi

Panjang enggak sih mobil ini? Jawabannya sih lumayan. Karena panjang Hyundai Palisade sendiri mencapai 4.980 mm, lebar 1.975 mm, tinggi 1.750 mm dengan wheelbase 2.900 mm.

Dengan dimensi tersebut, rasanya mobil ini cocok di komplek mewah dengan jalanan lebar dan besar. Kalau diajak masuk ke dalam jalan kecil, mobil ini lumayan bisa ngerepotin. 

Mesin

Di balik kap mesin tertanam mesin Diesel. Ini bisa dibilang jadi kelebihan Hyundai Palisade dibanding Mazda CX-9. 

Jadi buat mereka yang mendewakan konsumsi bahan bakar, jelas Palisade adalah pilihannya. Tapi bagaimana performa mesin Dieselnya ini? 

komparasi hyundai palisade dan mazda cx-9

Mesin yang digunakan oleh Hyundai Palisade ini punya kapasitas 2.199 cc, 4 silinder segaris dengan tambahan turbo variable geometrical turbo (VGT) seperti di Pajero.

Mesin commonrail ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 197 hp @3.800 rpm dengan torsi yang cukup besar, mencapai 440 Nm @1.750-2.750 rpm.

Tenaga ini disalurkan ke roda depan dengan transmisi shift by wire otomatis 8 percepatan. Transmisinya cukup futuristik, karena cukup ditekan aja buat masukin gigi. 

Torsi ini sebenarnya beda tipis dengan mesin Mitsubishi Pajero Sport yang ada di 430 Nm untuk mesin 4N15. Tapi sayang, dengan Pajero bukanlah lawan sepadan.

Fitur

Bagaimana soal fitur? Palisade punya fitur yang cukup banyak. Salah satunya adalah power tailgate. Pengemudi enggak perlu repot menekan tombol apapun. 

test drive hyundai palisade

Cukup kantongi kunci mobil dan berdiri di belakang pintu bagasi. Nanti secara otomatis pintu bakalan terbuka. Selain itu bagasinya luas, mencapai 704 liter saat jok baris ketiga dilipat.

Ada juga 2 buah sunroof, carger wireless, blind spot view, drive talk mode, ventilated seat, quiet mode, AC trizone, transmisi shift by wire dan safe exit assist.

Belum selesai sampai disitu, ada juga airbag 6 titik, rear cross traffic collision warning, serta sensor mundur. Lampu depan dan belakang seluruhnya sudah memakai LED. 

Harga

Hyundai Palisade ditawarkan dalam 3 varian. Yang pertama adalah Prime seharga Rp777 juta, lalu ada Signature Rp888 juta dan Signature AWD seharga Rp1,078 miliar. 

test drive hyundai palisade

Dari segi harga memang segmen yang disasar adalah kalangan kelas atas. Wajar, tampilan eksterior dan interiornya cukup mewah dan menunjukkan mobil kelas wahid. 

Lalu bagaimana dengan sang pesaingnya Mazda CX-9? Apa bekal yang dimiliki Mazda CX-9 buat melawan si Palisade yang jadi penantang baru ini ya?

Mazda CX-9

Dimensi

Mazda CX-9 punya dimensi yang lebih panjang jika dibanding Palisade. Panjangnya mencapai 5.075 mm, lebar 1.969 mm, tinggi 1.747 mm dengan wheelbase 2.930 mm. 

mobil baru 2020

All New Mazda CX-9 AWD (Foto: PT EMI)

Pastikan kalau mau membeli Mazda CX-9 ini garasi kamu bisa menampung ya. Karena lebar dan panjangnya lumayan bisa ngerepotin garasi yang ukurannya pas-pasan nih.

Mesin

Kalau Palisade punya mesin Diesel, CX-9 ini punya mesin yang menenggak bensin. Mesinnya berkapasitas 2.488 cc, 4 silinder, DOHC, turbocharge, SKYACTIV.

Tenaga dari mesin ini mencapai 170 hp @5.000 rpm serta torsinya mencapai 420 Nm @2.000 rpm. Transmisi yang digunakan memakai otomatis 6 percepatan. 

Fitur

Seperti Mazda kekinian, CX-9 sudah dibekali dengan i-Activsense. Fiturnya pun juga enggak kalah dengan Hyundai Palisade. 

Mazda CX9

Inteior baris pertama Mazda CX9. Foto/Carmudi.

Misalnya lampu depan sudah memakai adaptive LED yang bisa mengikuti arah setir. Lalu ada lane departure warning, lane keeping assist, smart city brake support yang bisa membantu pengereman otomatis. 

Lalu ada juga blind spot monitoring system, rear cross traffic alert, speaker BOSE premium, jok dengan ventilasi, MZD connect dan 360 view monitor system.

Salah satu yang jadi kelebihan dari Mazda kekinian adalah warnanya. Jujur, warna yang ada di Mazda kekinian benar-benar sangat keren dan mewah. Apalagi warna merahnya, merona banget!

Hal ini disebabkan oleh teknik Takumi-Nuri. Takumi-Nuri sendiri adalah teknologi pengecatan yang unik dari Mazda. Warna ini dihasilkan dengan melakukan kombinasi warna, highlight, bayangan dan kedalaman warna.

Ada 3 lapisan cat yang melapisi bodi. Yang pertama adalah lapisan reflective layer, lalu ada transluscent layer baru yang terakhir adalah clear coat.

Pada bagian reflective layer terdapat partikel high-brightness alumunium flakes dengan paduan light absorbing flake. 

mazad

Mazda CX9 akhirnya resmi diluncurkan. Foto/Carmudi.

Partikel ini mampu memantulkan cahaya dengan sempurna di lapisan pertama. Lalu pada lapisan kedua terdapat partikel high chroma pigment yang membuat warna lebih detail dan tajam. 

Sedangkan clear coat juga mampu membuat warna semakin keluar berkat adanya partikel cahaya. Enggak heran setiap warna mobil Mazda terutama Soul Red Crystal Metallic selalu juara. 

Sekarang sudah lebih tahu kan alasa kenapa cat Mazda kekinian itu keren. Bahkan harga merah yang jadi hero color ini lebih mahal beberapa juta dibanding warna lainnya. 

Lalu urusan interior, kedua mobil ini dibekali dengan bahan kulit. Hyundai Palisade memakai bahan Nappa Leather. Sedangkan Mazda CX-9 memakai bahan full Leather yang tak kalah berkualitas.

Harga

Mazda CX-9 ditawarkan dalam 2 varian. Yang pertama adalah versi 2WD yang dijual seharga Rp849 jutaan. Lalu yang kedua adalah AWD yang dijual seharga Rp954,9 jutaan. 

Kesimpulan

Dari segi harga, tipe AWD memang lebih murah Mazda CX-9 dibandingkan dengan Hyundai Palisade. Memang selisih harganya cukup jauh, sekitar Rp124 jutaan.

Tapi soal kenyamanan, Palisade bisa lebih diandalkan lewat jok captain seatnya. Karena CX-9 masih menggunakan model jok biasa, belum captain seat.

Sehingga kelegaan kabinnya juga lebih baik. Dari segi konsumsi bahan bakar, Palisade juga lebih unggul lewat penggunaan mesin Diesel. Sedangkan CX-9 masih memakai mesin bensin, jadi konsumsi bbm lebih boros. 

Tapi level pembeli mobil seperti ini biasanya tidak mementingkan konsumsi bahan bakar. Tetapi pride atau gengsi yang didapatkan jauh lebih penting ketimbang konsumsi bahan bakar. 

Dari hasil komparasi Hyundai Palisade dan Mazda CX-9 di atas, kami jujur lebih senang memilih Hyundai Palisade. Secara tampilan, mobil ini benar-benar macho dan keren.

Tapi bukan berarti CX-9 tidak keren. Warna kebesaran mereka yang merah ini juga jadi salah satu pertimbangan kenapa banyak orang membeli mobil SUV bongsor ini.

 

Penulis:  Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts