Berita

Awal Mula Lahirnya Ford Mustang Bullitt, Muscle Car Legendaris Ford

Detroit – Steve McQueen terkenal sebagai aktor yang berlaga dengan mobil-mobil mentereng. Salah satu yang menyita perhatian adalah Ford Mustang Bullitt, dimana McQueen terlibat dalam aksi kejar-kejaran dengan durasi hingga 10 menit di jalanan San Francisco.

Penggemar box office menganggap adegan dalam film Bullitt tersebut sebagai yang terbaik dalam sejarah perfilman. Tidak heran, Bullitt kemudian memenangkan Academy Award untuk Best Film Editing.

Begitu lekatnya Bullitt dengan budaya populer di Amerika Serikat, membuat film itu pada 2007 terpilih sebagai National Film Registry oleh Library of Congress. Beberapa penghargaan bergengsi ini lantas melambungkan Ford Mustang Bullitt sebagai mobil edisi spesial.

Ford Mustang Bullitt Gen 1 (Foto: Carscoops)

Film itu memakai dua unit Mustang Fastback bermesin V8 6,4 liter dengan transmisi manual. Tenaga yang dihasilkan mencapai 320 HP dengan torsi 579 Nm.

Kedua muscle car tadi dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengambilan gambar di film Bullitt seperti tidak pakai foglamp, desain grill yang baru, lalu beberapa emblem yang diganti. Mobil ini dimodifikasi oleh bintang film sekaligus pembalap kenamaan Amerika, Max Balchowsky.

Dikutip dari Silodrome, Balchowsky memasang suspensi depan dengan karakter heavy duty dan shockbreaker dari Koni kemudian memperkuat dudukan suspensi. Selanjutnya, mobil ikut dipasangi roll bar lalu tenaga mesin ditingkatkan melalui upgrade karburator dan porting polish.

Dari dua mobil yang digunakan saat syuting, hanya satu bertahan. Ford Mustang Bullitt lainnya hancur karena dianggap tidak layak diperbaiki. Mobil ini pun ternyata raib pasca proses syuting hingga beberapa dekade dan kemudian diketahui bila mobilnya dijual diam-diam.

Kondisi Mustang bersejarah itu ditemukan secara tragis di tempat pembuangan mobil di Meksiko. Mustang Bullitt kemudian dibeli oleh penggemar Mustang yang tidak paham sejarah. Ia bahkan ingin membangun kembali dengan tema Mustang Eleanor di film Gone in 60 Second.

Suksesor Ford Mustang Bullitt

Eksistensi Mustang Bullitt tidak berhenti setelah proses produksi film berakhir. Ford Motor Company sempat ingin mengembalikan nostalgia dari film yang diperankan Steve McQueen dengan memperkenalkan Mustang Bullitt pada 2001. Si kuda poni saat itu dibekali mesin 4.6-liter V8 dengan tenaga hanya 265 HP dan torsi 413 Nm.

Ford Mustang Bullitt Gen 2 (Foto: Carscoops)

Ford kemudian merancang Mustang edisi khusus ini dengan suspensi yang membuatnya lebih ceper dan meningkatkan handling. Ubahan lainnya meliputi velg dengan emblem Bullitt. Mustang Bullitt ini tersedia hanya 5.500 unit dalam tiga warna Dark Highland Green, Black, dan True Blue.

Varian Bullitt kembali hadir pada 2008, yang memakai basis Mustang dengan platform S-197. Ford menyiapkan edisi khususnya kali ini dengan paket Ford Racing sehingga performa lebih gahar.

Ford Mustang Bullitt Gen 3 (Foto: Carscoops)

Output 4,6 liter V8 meningkat menjadi 315 hp dan torsi 441 Nm. Komponen suspensi juga di-upgrade supaya mobil tidak limbung ketika dipacu di jalan berangin. Ford juga merancang supaya suara yang dihasilkan Mustang mirip dengan Bullitt versi aslinya.

Edisi Ford Mustang Bullitt kembali hadir satu dekade kemudian. Ford secara istimewa memperkenalkan Edisi terkini Mustang Bullitt di ajang Detroit Auto Show beberapa waktu lalu. Mobil ini dipajang bersanding dengan generasi pertama Bullitt dalam satu panggung.

Ford Mustang Bullitt Gen 4 (Foto: Carscoops)

Performa si kuda poni kali ini paling buas diantara edisi-edisi Bullitt sebelumnya. Mesin 5.0 liter V8 yang telah disetel untuk menghasilkan tenaga 475 hp dan torsi 569 Nm. Bahkan, Mustang Bullitt tenaganya lebih besar dan performanya lebih kencang ketimbang Mustang GT yang jadi varian tertinggi. (dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts