Sepeda motor

Balik ke Yamaha, Jorge Lorenzo Puji Performa Yamaha YZR-M1

Jorge Lorenzo kembali membesut Yamaha YZR-M1

Kuala Lumpur – Jorge Lorenzo mengurungkan niatnya untuk pensiun dini dari gelaran balap MotoGP. Pasca hengkang dari tim Repsol Honda, pemegang gelar juara dunia MotoGP ini langsung bergabung ke kubu garputala sebagai test rider. Sekembalinya ke Yamaha, Lorenzo memuji perkembangan Yamaha YZR-M1.

Tahun lalu, pebalap asal Spanyol ini berniat untuk pensiun pasca mengalami insiden fatal saat berlaga menunggangi Honda RC213V. Atas desakan dari Valentino Rossi, tim Monster Energy Yamaha segera mengontrak Lorenzo sebagai test rider. Ia pun antusias saat kembali membesut tunggangan lamanya berlaga pada sesi uji coba resmi di Sirkuit Sepang, Malaysia pekan lalu.

“Ini hari yang telah dinanti, saya sedikit grogi untuk memahami banyak hal baru. Entah karakter motornya yang telah berubah selama tiga tahun terakhir, atau entah motornya kehilangan kekuatannya. Tapi, saya lihat bila karakter motornya masih tetap sama,” ungkap Lorenzo sebagaimana dikutip Motorsport.

Sebagai test rider, Jorge Lorenzo bertanggung jawab mencari tahu kelemahan Yamaha YZR-M1 dan bersama tim mencari solusi untuk meningkatkan performanya. Ia pun memuji karakter M1 yang menurut Lorenzo masih tetap cocok dengan gaya balapnya.

“Kembali mengendarai motor setelah tiga bulan, apalagi di Yamaha setelah tiga tahun berpisah, adalah waktu yang lama. Jadi, saya akan memulainya secara perlahan tapi semakin cepat satu detik setiap putarannya. Pada akhirnya, saya hanya tertinggal satu detik dari posisi pertama, hasil yang lumayan untuk uji coba di hari pertama di putaran yang sedikit,” beber Lorenzo.

Performa Yamaha YZR-M1 Sesuai Karakter Jorge Lorenzo

Rossi-Vinales

Rossi dan Vinales didukung Lorenzo dalam mengembangkan Yamaha YZR-M1

Sepeninggal Lorenzo tiga tahun lalu, YZR-M1 tentu mengalami beberapa perubahan. Namun demikian, karakter dari motor besutan Yamaha ini tidak banyak berubah. Hal inilah yang disukai oleh Lorenzo karena performa mesin yang halus tidak menguras energi pebalap.

“Saya langsung mengetahui bila motornya masih mudah dikontrol, dan dengan output mesin yang halus tidak terlalu menguras fisik pengendara. Untuk gaya balap saya, motor ini masih ideal,” jelasnya.

Lorenzo menyelesaikan 46 putaran pada hari Selasa pekan lalu. Ia berhasil menyelesaikan sesi uji coba resmi di posisi kedua dari pebalap KTM, Pol Espargaro. Hasil ini menunjukkan bila Lorenzo langsung klop dengan atmosfer tim dan karakter motor.

“Saya senang tim ini sempurna. Motornya masih sangat kompetitif dan saya yakin bahwa dengan semua pekerjaan kami akan semakin meningkatkan performanya,” tutur pebalap 32 tahun itu.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Dua Pebalap MotoGP Honda Luncurkan Dua Motor Gede Terbaru

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts