HomeBeritaBaru Bisa Nyetir Mobil? Begini Gaya Berkendara yang Benar

Baru Bisa Nyetir Mobil? Begini Gaya Berkendara yang Benar

Defensive Driving gaya berkendara mengemudikan mobil untuk meminimalisir kecelakaan
Defensive Driving gaya berkendara mengemudikan mobil untuk meminimalisir kecelakaan (Foto: ADM)

Jakarta – Saat mengendarai mobil diperlukan kewaspadaan dan konsentrasi yang tinggi, apalagi bagi Anda yang baru bisa mengemudikan mobil. Biasanya gaya berkendara orang yang baru bisa nyetir mobil cendrung agresif dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Menurut Sony Susmana, selaku Senior Instructor dari SDCI (SafetyDefensive Consultant Indonesia) mengemudikan mobil bukan hanya sebatas menginjak pedal gas, rem, dan memutar setir. Sebaiknya pengemudi juga harus membakali diri dengan keterampilan defensive driving.

Dirinya memaparkan, defensive driving merupakan perilaku mengemudi yang mengedepankan sisi proaktif. Artinya berpikir panjang, mencegah sebelum terjadi, dan melakukan antisipasi, sehingga potensi bahaya dapat dicegah dan dapat meminimalisir potensi kecelakaan.

Lain halnya dengan aggressive driving. Tipe berkendara seperti ini biasanya didominasi oleh green driver yang pada umumnya adalah pengemudi berusia muda dengan jam terbangnya sedikit.

Ciri-ciri pengemudi yang agresif adalah suka ngebut dengan kecepatan yang tidak konsisten, berjalan zig-zag tanpa memberikan lampu isyarat (sign). Selain itu melakukan akselerasi dan deselerasi kasar.

Perilaku Green driver tidak patut dicontoh. Berdasarkan statistik data kecelakaan di Indonesia gaya mengemudi yang agresif menyumbang kecelakaan tertinggi dengan persentase sebesar 55%.

“Untuk dapat mengemudi secara defensive driving cukup mudah. Selalu berpikir positif, toleransi, sopan, berbagi jaga jarak kendaraan, jaga kecepatan, kontrol emosi, dan atur manajemen waktu perjalanan. Utamakan keselamatan orang lain dan tidak seruntulan,” ujar Sony saat acara IG Live Ngobrol Asik yang diadakan oleh Daihatsu.

emosi saat berkendara
kendalikan emosi saat sedang berkendara (dok.istimewa)

Menekan Angka Kecelakaan Mobil

Daihatsu kembali meyelenggarakan acara Safety Driving yang ditayangkan langsung melalui IG Live. Acara yang dibalut dengan suasana santai ini memberikan edukasi sekaligus mengajak para pengemudi mobil agar selalu menjaga perilaku berkendara yang aman demi meminimalisir potensi kecelakaan.

“Acara IG Live Ngobrol Asik ini adalah bentuk komitmen kami untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya. Sehingga dalam 3 tahun terakhir ini, Daihatsu tanpa henti memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara,” ungkap Customer Satisfaction & Value Chain (CSVC) Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resminya, Rabu (23/9/2020).

Dia menambahkan, acara ini sengaja diadakan sebagai bentuk rasa tanggung jawab Daihatsu terhadap pemilik kendaraan.

“Agar dapat terus berkendara secara aman,” pungkas Elvina.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

New Mitsubishi Xpander
Previous post
Konsumen Untung Biaya Perawatan Mitsubishi Xpander Diperpanjang
Next post
SUV Underrated, Nissan X-Trail 2020 Ternyata Banyak Fitur Ajaib