Home » Berita » Beda dari Para Pembantunya, Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi Belum Hybrid

Beda dari Para Pembantunya, Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi Belum Hybrid

Mercedes Benz S600 Guard tampak belakang samping. (Foto: Netcarshow)

Jakarta – Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid menjadi mobil dinas baru bagi para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mobil sedan mewah itu menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang telah mengabdi selama 1 dekade (2009–2019). Selain menteri, Presiden Jokowi juga akan mendapat mobil dinas baru yang tidak lama lagi akan digunakan. Mobil itu berasal dari Jerman yaitu Mercedes-Benz S 600 Guard.

Beda dari para “pembantunya”, mobil Presiden Jokowi belum dibekali dengan teknologi hybrid. Mercedes-Benz S 600 Guard masih mengandalkan mesin bensin untuk menggerakkan keempat rodanya bukan listrik. Padahal Presiden Jokowi sempat menyarankan untuk menggunakan kendaraan listrik terutama di Jakarta dalam rangka mengatasi masalah polusi udara.

Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MDI), berpendapat mungkin ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan kenapa masih memilih mesin konvensional. Bisa saja karena mobil listrik itu masih barang baru di Indonesia dan juga dari sisi keamanan.

“Belum (mobil listrik). Mobil listrik itu kan baru, sekarang sedang tahap persiapan apalagi dari produsen. Tidak hanya Mercedes Benz saja, merek lain pun demikian. Tapi kan untuk kendaraan presiden ada banyak faktor seperti keamanan dan lainnya yang harus dipertimbangkan,” ungkap pria yang akrab di sapa Kari itu, di Jakarta, Rabu (12/12/2019).

Dirinya berharap mungkin nanti ada waktunya mobil dinas baru presiden akan menggunakan teknologi listrik murni. “Harapan kami juga begitu. Kalau suatu saat kendaraan presiden adalah mobil listik, ya kenapa tidak. Mungkin kedepannya entah berapa tahun lagi pasti ke arah situ,” sambung Kari.

Mobil Dinas Bekas Jokowi

Dua unit Mercedes-Benz S 600 Guard sudah dipesan khusus untuk Presiden Jokowi. Sekarang mobil jenis sedan mewah tersebut sudah selesai diproduksi hanya tinggal menunggu pengiriman dari Jerman ke Indonesia. Mengenai waktu pengiriman, belum bisa memastikannya, karena ada sejumlah prosedur yang harus diselesaikan terlebih dulu.

Beda dari Para Pembantunya, Mobil Baru Presiden Jokowi Belum Hybrid Foto: Rizen/carmudi)

Bila seandainya mobl dinas baru Presiden Jokowi sudah tiba di Indonesia dan siap untuk digunakan, lantas bagaimana dengan mobil sebelumnya? Kari mengatakan bahwa mobil dinas bekas Presiden Jokowi itu adalah urusan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Akan tetapi apabila mereka membutuhkan perbaikan atau servis rutin pihak Mercedes Benz siap membantu.

“Perawatan mobil kami bisa bantu kalau penanganannya seperti apa biasanya Kemensetneg sendiri yang menangani.” pungkas dia.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Isuzu Traga Setir Kiri Punya Kandungan Lokal 53,5 Persen
Next post
Simak Fakta Tol Layang Jakarta-Cikampek II