Berita Mobil Sumber informasi

Begini Wujud Toyota C-HR dan Rush Setelah Jalani Uji Tabrak

Toyota Rush 2018 (Foto: Paultan)

Kuala Lumpur – Lembaga keselamatan jalan Malaysia atau The Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) belum lama ini merilis data hasil uji tabrak Toyota C-HR dan Rush. Pengujian dilakukan oleh lembaga uji tabrak untuk mobil-mobil baru di Asia Tenggara. Lebih dikenal dengan New Car Assesment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP).

Kedua model yang sama-sama bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) itu menjalani serangkaian uji tabrak dari dua sudut yaitu depan dan samping. Dalam video yang dipublikasikan oleh ASEAN NCAP di Youtube, tampak bagian depan dan samping dari mobil SUV tersebut ringsek.

Meski kerusakannya cukup parah tapi keamanan dan keselamatan pengemudi serta penumpang tetap terjaga, artinya hanya mengalami cedera ringan saja.

Setelah menjalani uji tabrak, ASEAN NCAP menilai Toyota C-HR dan Rush berhasil menyelamatkan penumpang di kabin. Oleh karena itu keduanya berhasil mendapatkan peringkat keamanan tertinggi yaitu bintang lima.

Lebih detail, ASEAN NCAP mengungkap Toyota C-HR menerima 49,72 poin untuk perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection/AOP).  Lalu 20,86 poin untuk perlindungan penumpang anak (child occupant protection COP) dan 20,73 poin untuk teknologi keamanan (safety assist technologies/SAT). Bila di total nilai yang didapat Toyota C-HR sebanyak 91,31 poin.

Sedangkan Toyota Rush memperoleh skor AOP 43,25 poin, skor COP 21,33 poin dan skor SAT 19,44 poin dengan total skor 84,03 poin. Nilai yang didapat oleh Toyota Rush terbaru mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding generasi terdahulu.

Berdasarkan catatan ASEAN NCAP Toyota Rush yang masih menggunakan “konde” di bagian belakang mobil hanya mampu meraih empat bintang saja setelah di uji tabrak. Demikian seperti diberitakan Paultan.

Fitur Keamanan Berlimpah

Peringkat keamanan bintang lima yang diperoleh Toyota C-HR dan Rush berkat sejumlah fitur keamanan yang menempel di masing-masing mobil. Pada Toyota C-HR tersemmat tujuh airbag di kabin bagian depan dan samping, Anti Lock Braking System (ABS). Serta Vehicle Stability Control (VSC), pengingat penggunaan sabuk pengaman pada jok baris pertama dan ISOFIX.

Mobil yang juga di pasarkan di Singapura dan Indonesia ini telah dilengkapi dengan Blind Spot Monitor. Selain itu ada sistem keamanan dari Toyota atau Toyota Safety Sense mencakup Pre-Collision System autonomous emergency braking. Lalu Lane Departure Alert with Steering Assist dan Dynamic Radar Cruise Control.

Sementara itu Toyota Rush telah dibekali dengan enam airbags, Vehicle Stability Control (VSC) dan sistem pengingat sabuk pengaman untuk tujuh penumpang yang kini telah menjadi fitur standar.(dol)

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts