Home » Berita » Berawal dari Suzuki Truntung menjadi New Carry Pick Up yang Tetap Laris

Berawal dari Suzuki Truntung menjadi New Carry Pick Up yang Tetap Laris

Jakarta – Sebutan yang unik untu mobil yang menjadi legenda merek Suzuki yaitu Truntung. Ya, ini bukanlah produk pertama Suzuki di Indonesia, namun harus diakui bahwa karena Suzuki Truntung mobil Suzuki mulai populer di Tanah Air.

Suzuki Truntung adalah mobil pick-up generasi kedua yang dipasarkan Suzuki di Indonesia, setelah suzuki Carry ST10. Sebagai informasi nama asli Suzuki Truntung adalah Suzuki Carry ST20.

Mobil ini sebenarnya mulai diproduksi di Jepang pada 1976, akan tetapi baru masuk ke Indonesia pada 1978 dan populer dengan nama truntung. Diberi julukan truntung karena masih menggunakan mesin 2 tak yang bunyinya truntung.. tung.. tung.

Awalnya mobil ini dibekali mesin F5A yang sama dengan mesin Jimny 550 , mesin F5a merupakan mesin 2 tak dengan konfigurasi 3 silinder yang berkapasitas 550cc. Mobil ini masih menggunakan oli samping seperti motor 2 tak pada umumnya.

Sebagai informasi, Suzuki Truntung waktu itu masih menggunakan karburator untuk pasokan bahan bakar dan platina untuk pengapian. Serta dibekali pendinginan mesin, mobil ini bisa selangkah lebih maju dengan penggunaan pendingin cairan (water cooled).

Mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 33 PS (24 kW) at 4500 rpm sedangkan torsi maksimalnya mencapai 52 N⋅m (38 lb⋅ft) at 3000 rpm, dengan transmisi manual 4 percepatan.

Di daerah pedesaan pick up truntung cukup banyak bersaing dengan Mitsubishi Colt T, sedangkan untuk perkotaan banyak Suzuki truntung digunakan sebagai angkot.

Generasi Baru Carry Pick- up

Suzuki Carry resmi meluncur di ajang IIMS 2019 dan peluncuran yang berstatus World Premiere ini menjadi ajang perkenalan oleh Suzuki. Banyak perubahan yang dilakukan hingga Suzuki Carry mempunyai evolusi yang signifikan.

Melihat dimensinya lebih besar dibanding sebelumnya dengan ukuran panjang 4.195 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.910 mm. Sementara mesinnya dibekali dengan jenis mesin K15B ini sangat menambah tenaga kendaraan niaga ini.

Mampu menghasilkan tenaga 97 ps @ 5.600 rpm dan torsi 135 Nm @4.400 rpm . Ini lebih besar bila dibandingkan dengan mesin  G15A lama dengan produksi tenaga 78,8 ps @ 5500 rpm dna torsi 120 Nm @ 3000 rpm.

Bahkan Truntung modern ini (Suzuki Carry Pick-Up generasi baru) telah dilengkapi fitur Immobilizer, AC, electric power steering (EPS) dan sliding seat untuk varian tertinggi. Bahkan ada head unit 1DIN, split seat dengan jok tebal, lalu ada enam tempat penyimpanan barang untuk varian AC dan 10 tempat penyimpanan di varian non AC.

Pada bagian bak memiliki luas 2.550 mm, lebar 1.745 mm dna tinggi 425 mm dengan muatan sebesar 1 ton. Lalu juga dilengkapi dengan pengait berjumlah 12 pada varian Flat Deck dan 22 pada tipe wide deck. Ini sangat menguntungkan bagi para pengusaha.

Suzuki memberikan tiga pilihan warna yakni putih, silver dan hitam. Banderol harganya bervariasi mulai Rp 135,6 juta untuk flat deck, Rp 144,1 juta untuk flat deck AC/PS, Rp 136 juta untuk tipe wide deck dan Rp 145,1 juta untuk wide deck AC/PS.

Previous post
Sejak Dulu Suzuki Carry Pick-Up Anti "Bonyok" Hingga Sekarang
Jeep
Next post
Siap-siap Jeep Gladiator akan Masuk Indonesia Tahun Depan