BeritaSepeda motorSumber informasi

Brigjen Polisi Rikwanto: Mudik Jarak Jauh Jangan Pakai Motor!

Bandung — Seperti yang sudah disampaikan pada berita-berita sebelumnya terkait pelarangan menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh. Kali ini Carmudi mencoba menemui Brigadir Jendral (Brigjen) Polisi Rikwanto meminta tanggapannya usai acara buka bersama FIFGroup dan anak yatim di Hotel Noor, Bandung, Jumat (8/6/2018).

“Betul sekali, kami menghimbau sangat keras agar pemudik jangan pakai motor kalau rutenya jauh. Selain berbahaya bagi dirinya dan keluarganya, juga berbahaya bagi orang lain,” imbau Rikwanto.

“Kalau untuk jarak dekat silahkan saja. Tapi kalau jarak seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Jogya dan sekitarnya sangat tidak di anjurkan. Saya harap masyarakat bisa memahami hal ini,” lanjutnya.

Menghindarinya, pemudik dianjurkan atau dihimbau untuk mudik menggunakan kendaraan umum atau memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disiapkan oleh instansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

Motor Muat Barang Berlebih Langsung Ditindak

Selain larangan mudik jarak jauh menggunakan kendaraan roda dua, POLRI juga melarang keras pemudik yang pakai motor untuk membawa barang banyak atau berlebih.

“Kalau nanti kami temukan pemudik motor yang bawa anak dan istri serta barang, langsung kita berhentikan dan ditindak,” ancam Brigjen Rikwanto.

Namun tindakan yang dimaksud disini adalah tindakan positif, dimana motor langsung dinaikkan ke truk sementara penumpang dan barang-barangnya dimasukkan ke mobil dinas untuk diantarkan ke tujuan (kampung).

“Itu semua kita lakukan secara gratis atau tanpa biaya, semua ditanggung oleh pihak Kepolisian.”

Dijelaskan bahwa POLRI tak ingin terulang kejadian semakin meningkatnya angka kecelakaan saat mudik.

“Pernah ada kejadian, pemudik yang naik motor, dia bawa istri serta bayi dan juga bawa ban. Karena tidak menyadari bayinya susah bernafas hingga akhirnya meninggal dunia, itu kami sangat sayangkan. Nah! kita tak mau hal seperti itu terulang lagi!” pungkasnya.

Jadi, kalau pun terpaksa harus mudik naik motor, pastikan hanya Anda sendiri atau berdua, jangan bawa bayi atau barang, karena sangat berbahaya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts