Home » Berita » Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Pandemi Virus Corona

Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Pandemi Virus Corona

Test Drive Honda Brio
Honda Brio akan diekspor ke Filipina dan Vietnam. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Penjualan mobil di tengah pandemi virus corona mengalami penurunan yang amat drastis jika dibandingkan dengan tahun lalu. Penurunan penjualan juga dirasakan langsung oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia.

Pabrikan berlogo ‘H’ itu mengaku penjualan mobil secara domestik pada April 2020 turun hingga 82 persen jika dibandingkan dengam periode yang sama tahun lalu. Berdasarkan data penjualan retail yang disampaikan Honda, pada April 2020 mobil Honda yang laku terjual hanya 1.855 unit. Sedangkan April tahun lalu mencapai 11.631 unit.

“Untuk penjualan di bulan April 2020 kami turun, tetapi kami harus tetap semangat karena ini adalah masa disruption yang kita tahu bukan hanya membawa tantangan, tapi juga membawa potensi kedepan lebih besar. Jadi ya kami harus hadapi dan berjuang terus,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation Sales & Marekting Director PT HPM baru-baru ini.

Dari total mobil yang terjual bulan lalu, Brio masih menduduki posisi teratas dibanding model Honda lainya. Mobil perkotaan bertubuh mungil itu terjual sebanyak 966 unit pada April 2020.

“Pada bulan April penjualan masih didominasi oleh Honda Brio sekira 50% kontribusinya. Kontribusi penjualan di bulan April yang kedua ada dari Low SUV kami yaitu HR-V sekira 16%,” terang Billy.

Sementara itu, bila di total pencapaian retail Honda periode Januari sampai April 2020 sebanyak 37.033 unit. Angka tersebut tercatat mengalami penurunan sekira 27% dibandingkan empat bulan pertama di tahun lalu sebesar 50.457 unit.

brio laris
Booth Honda di GIIAS 2018 (Foto: Honda)

Keikutsertaan Honda di GIIAS 2020

Seperti diketahui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) bersama pihak penyelenggara memutuskan untuk mengundur pelaksanaan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di BSD, Tangerang menjadi Oktober. Penundaan ini sudah diketahui oleh pihak Honda. Billy mengatakan bahwa sampai sekarang keikutsertaan Honda di GIIAS 2020 masih belum diputuskan.

“Masih dibahas di internal karena kami belum tahu kondisi kedepannya seperti apa. Sebab sekarang itu berubahnya sangat cepat, jadi kondisi sekarang ini benar-benar sulit diduga perubahannya. Jadi nanti kami belum bisa diputuskan. Tapi saya hanya dapat informasi GIIAS tetap jadi di bulan Oktober akhir dengan melihat kondisi terakhir,” pungkas Billy.

Sebagai informasi tahun ini pameran otomotif GIIAS 2020 akan fokuskan di dua wilayah berbeda. Pertama GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020 di Grand City Convex Surabaya. Sedangkan kedua di Tangerang berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, bertempat di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Pemilik Mobil Baru Banyak Manfaatkan Layanan Home Service DFSK
Renault Climber indonesia
Next post
Renault Climber Resmi Dijual, Urban SUV yang Sasar 2 Segmen

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *