Berita Sumber informasi

Bukan Mobilio, Ini Produk Honda Terlaris Sepanjang 2017

Penulis; Santo Evren Sirait

Jakarta – Pasar mobil komersial tahun lalu mengalami pertumbuhan yang positif, berbeda dengan pasar kendaraan penumpang sedikit turun bila dibandingkan dengan 2016. Meski begitu PT Honda Prospect Motor (HPM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia yang hanya memasarkan kendaraan penumpang berhasil mencatat angka penjualan yang baik selama 2017.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM dalam keterangan resminya, Kamis (18/1/2018) mengatakan secara garis besar pertumbuhannya positif.

“Secara umum, pasar otomotif di 2017 mengalami sedikit pertumbuhan yang terutama didorong oleh kenaikan penjualan di segmen komersial,” ujarnya.

Memang terjadi penurunan di segmen mobil penumpang, menurutnya sempat mempengaruhi penjualan produk-produk Honda yang berada di segmen ini. Namun demikian, penjualan produk-produk Honda tetap kuat di hampir seluruh segmen terbesar di pasar otomotif Indonesia.

Berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) sebanyak 186.859 unit mobil Honda terjual sepanjang 2017. Dengan pangsa pasar sebesar 17,3 persen dari total pasar otomotif Indonesia yaitu 1.079.308 unit.

Setidaknya ada 12 model yang dipasarkan di Indonesia, satu di antaranya yaitu Brio Satya menjadi produk Honda terlaris selama 2017. Terjual 43.378 unit atau meraih pangsa pasar 18 persen di segmen kendaraan Low Cost Green Car (LCGC).

Menariknya penjualan Brio Satya juga mengalami peningkatan sekira 19 persen dibandingkan penjualan di 2016. Sedangkan saudara terdekatnya yang bermain di kelas City Car, Brio RS mampu menyumbangkan penjualan sebanyak 10.580 unit dengan pangsa pasar 33 persen. Bila angka pencapaian keduanya dikumpulkan maka penjualan Brio tahun lalu sebanyak 53.958 unit.

Penyumbang terbesar kedua penjualan Honda secara nasional selama 2017 adalah HR-V 1.5 liter dengan penjualan sebesar 33.386 unit dan pangsa pasar 36 persen di kelas Low sport utility vehicle (LSUV). Sedangkan HR-V 1.8 liter berhasil terjual 5.695 unit dan pangsa pasar 8 persen. Secara total keduanya meraih penjualan sebanyak 39.081 unit.

Sementara Mobilio sendiri berada di urutan ketiga dengan total unit yang terjual tahun lalu sebanyak 35.430 mobil dengan pangsa pasar 14 persen di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Di tempat berikutnya ada BR-V yang berkontribusi sebanyak 21.932 unit dengan pangsa pasar 24 persen di segmen LSUV. Produk honda lainnya yang menjadi penyumbang terbesar adalah Jazz dengan total penjualan 16.100 unit dengan pangsa pasar 48 persen. Jazz menjadi market leader di segmen hatchback.

Lima Merek Mobil Paling Laris di 2017

Penjualan mobil menunjukkan peningkatan dari 1.062.716 unit pada 2016 menjadi 1.079.308 unit di 2017. Meski meningkat tipis tapi ada satu hal yang perlu dibanggakan yaitu tumbuhnya penjualan pasar komersial. Padahal di tahun-tahun sebelumnya penjualan kendaraan komesial lesu.

Lebih dari 30 anggota Gabungan Industi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) saling berebut pasar dan bersaing secara ketat demi tercapainya target penjualan. Merek mobil asal Jepang kembali menjadi yang terlaris tahun lalu. Siapa saja mereka, berikut ini daftar lima merek mobil paling laris di 2017:

1. Toyota 371.332 unit dengan pangsa pasar 34.40 persen
2. Daihatsu 186.381 unit pangsa pasar 17.27 persen
3. Honda 186.859 unit pangsa pasar 17.31 persen
4. Mitsubishi 121.395 unit pangsa pasar 11.25 persen
5. Suzuki 111.660 unit pangsa pasar 10.35 persen.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts