Sepeda motor

Bukan Spek Mesin, Vespa Sebut Gen Z Lebih Suka Fitur Kepraktisan dan Utamakan Gaya

Jakarta — Keberadaan Generasi Z atau biasa disebut Gen Z tentunya tak lepas dari perhatian merek otomotif yang ada di Indonesia termasuk Vespa.

Vespa melihat adanya perbedaan karakteristik antara Gen Z dengan generasi-generasi yang lahir lebih dulu.

Baca juga: Piaggio Indonesia Tanggapi Santai Munculnya Skuter-skuter Listrik Mirip Vespa

Vespa Sprint dan Primavera

Keberadaan Generasi Z atau biasa disebut Gen Z tentunya tak lepas dari perhatian merek otomotif yang ada di Indonesia termasuk Vespa. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Salah satu contohnya, Gen Z tidak begitu mengutamakan spesifikasi teknis dari sebuah kendaraan.

Gen Z justru lebih mengapresiasi fitur yang dapat mempermudah kehidupan sehari-harinya.

Hal ini disampaikan Ayu Hapsari, BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Senin (20/5/2024) di Jakarta.

“Cara melihat sebuah kendaraan dalam hal ini Vespa, aku rasa anak-anak Gen Z melihatnya bukan benar-benar seperti yang dari fungsinya (teknis ataupun spesifikasi mesin),” tuturnya kepada wartawan.

Ayu memberi contoh Gen Z akan lebih mengapresiasi misalnya fitur charger handphone atau kompartemen yang bisa digunakan untuk menaruh barang belanjaan.

“Fungsi yang mereka lihat. Misalnya, gue kan kerjaannya pakai handphone, ada tempat nge-charge. Kalau teman-teman (generasi yang lahir lebih dulu) melihat kompartemen untuk menaruh obeng, misalnya, mereka buat menaruh belanjaan,” katanya.

Menunjang Eksistensi Diri

Di samping itu, Ayu juga menyampaikan karakteristik Gen Z yang juga menyukai dirinya sebagai pusat perhatian.

“Karena kalau Gen-Z itu melihat Vespa mungkin bukan dari fitur-fiturnya, tapi mungkin misal dia nongkrong sama teman-temannya di Senopati senang kalau warna Vespa-nya warna-warni,” kata Ayu.

“Mereka suka banget menjadi center of attention, menjadi spotlight,” sambungnya.

Vespa Primavera dan Sprint Baru

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Vespa mengakui generasi ini menjadi salah satu kalangan audiens atau konsumen yang harus diajak “bicara” dalam komunikasi yang dilakukan merek tersebut.

Hal ini diterapkan dengan mengedepankan konten-konten visual yang memiliki nilai estetika tersendiri dan mengandalkan saluran digital.

Baca juga: Kok Bisa Vespa 946 “Naga” Dijual 1.888 Unit di Seluruh Dunia

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts