Berita Sumber informasi

Siap-siap, Bus Volvo Akan Kembali Ramaikan Jalanan Ibukota

bus volvo

Bus Volvo TransJakarta (Foto: Carmudi)

Jakarta – Volvo bukan merek yang asing bagi pengguna transportasi di Jakarta. Merek asal Swedia ini di era 80, 90-an dipercaya menjadi pemasok bus tingkat. Meski sempat punah, Bus Volvo dalam waktu dekat bakal kembali meramaikan jalanan ibukota.

Volvo Indonesia kali ini mendatangkan B11R yang digunakan sebagai armada Bus Rapid Transit (BRT). Pemesanan bus yang nantinya dipakai untuk Trans Jakarta dilakukan oleh PT Steady Safe Tbk.

“Ada 100 unit kita sudah masuk untuk Trans Jakarta, semua dari Steady Safe. Tadinya kita mau ngincer AKAP juga tapi ternyata duluan deal untuk BRT,” ungkap Himawan Kunto D.A selaku Country Manager Volvo Bus Region Indonesia, baru-baru ini.

bus volvo

Bus Volvo (Foto: www.awansan.com)

Himawan melanjutkan, Volvo Indonesia kali ini ingin lebih serius menggarap segmen bus. Kedepannya, Volvo juga akan membawa B8R, suksesor B7R yang sempat mengaspal di Indonesia di awal 2000-an lalu.

Dengan demikian, Volvo Indonesia memiliki dua model yakni B11R dengan triple axle (tronton) dan B8R yang berupa double axle biasa. Model yang tersedia bisa menjadi pilihan menarik juga bagi para pengusaha otobus di Indonesia.

“Sekitar 2 tahun lalu kita mulai fokus lagi. Kalau dulu bus di-cover sama truk, kalau sekarang bus jadi divisi sendiri. Kita juga punya keinginan kuat untuk masuk ke intercity atau AKAP,” tambah Himawan.

Kedepannya, Volvo Indonesia bakal lebih banyak menyediakan bus dengan transmisi otomatis ketimbang manual. Himawan mengungkapkan bila bus Volvo dengan transmisi otomatis bakal lebih murah.

“Nantinya tol sudah jadi, pasti akan milih automatic, karena lebih murah. Kita sudah mengembangkan teknologi di automatic dan lebih banyak itu (unitnya),” jelas Himawan.

Volvo Indonesia Menjamin Suku Cadang Bus Volvo

Bus bermerek Volvo yang ada di Indonesia bisa dibilang nyaris punah. Hanya tersisa beberapa saja yang masih laik jalan. Padahal, di awal 2000-an cukup banyak perusahaan otobus mengoperasikan Volvo baik untuk bus AKAP atau pariwisata.

bus volvo

Bus Volvo Untuk Pariwisata (Foto: www.nu3tara.com)

Sulitnya pengadaan suku cadang menjadi penyebab utama mengapa populasi bus Volvo cepat menyusut. Pihak perusahaan ada yang menyiasatinya dengan mendatangkan suku cadang dari Singapura. Melihat kondisi yang ada, Volvo Indonesia berjanji menjamin suku cadang bus sekalipun sudah cukup tua.

“Unit lama pasti akan support karena spare part untuk truk dan bus itu sama. Di luar negeri banyak yang pakai B7R, ketika sudah lama dan butuh spare part itu kita support karena sama dengan truk dan truknya masih ada,” tambah Himawan. (dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/